19 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan Dan Kecantikan, Mengobati Diabetes Hingga Menurunkan Berat Tubuh


Anda pasti tahu kan apa itu buah pare? atau memang Anda suka makan pare? Pare biasanya dijadikan sebagai sayur untuk masak. Syaur yang satu ini merupakan salah satu buah yang cukup kontroversial. Rasanya yang pahit namun segar juga kerap dijadikan sebagai jus, lantaran dipercaya mengandung banyak khasiat bagi kesehatan dan kecantikan. Benarkah demikian?


Sebelum kita bahas kira-kira apa saja manfaat pare bagi kesehatan dan kandungan nutrisinya, ada baiknya kita kenalan dengan buat yang satu ini. Pare berasal dari Wilayah Asia Tropis terutama di kawasan India Barat yakni Assam dan Burma. Dengan nama Latin Momordica, buah ini bisa menghambat dan menekan pertumbuhan sel kanker. 











 Pare biasanya dijadikan sebagai sayur untuk masak 19 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan, Mengobati Diabetes hingga Menurunkan Berat tubuh
Ilustrasi Buah Pare

Nah, anda niscaya ingin tau ya dengan manfaat dan khasiat yang lainnya. Nah, berikut ini beberapa nutrisi buah pare. Setiap 100 g buah pare mengandung energi 34 kkal, protein 1.1 g, lemak 0.3 g, karbohidrat 6.8 g, kalsium 45 mg, fosfor 64 mg, besi 1.4 g, retinol 54 mcg, thiamine 0.08 mg, dan asam askorbat 52 mg.

Manfaat Buah Pare untuk Kesehatan


Ada aneka macam manfaat buah pare untuk kesehatan dan kecantikan yang bisa kita dapatkan, berikut ini diantaranya:

1. Mampu Menekan Pertumbuhan Sel Kanker


Manfaat buah pare untuk kesehatan yang pertama dalah sanggup menekan pertumbuhan sel kanker. Hal ini didasarkan pada penelitian yang dilakukan di Pusat kanker university of colorado. Berdasarkan hasil penelitian ini menandakan bahwa buah pare dapat dipakai untuk menghambat pertumbuhan kanker pankreas.

Dengan mengkonsumsi pare, maka metabolisme glukosa di dalam tubuh kita menjadi sangat baik dan ini sangat diharapkan oleh sel kanker. Bagi anda yang menderita diabetes, hal ini bisa saja bermetamorfosis kanker pankreas. 

2. Bisa Mempercantik Kulit


Manfaat buah pare yang kedua yakni sanggup mempercantik kulit. Ini tentu menjadi kabar bangga bagi kaum hawa yang ingin mempunyai kulit cantik dan bersih. Untuk mencegah dan mengatasi dilema pada wajah anda sanggup menggunakan masker buah pare secara teratur. Masker pare akan membantu mengembalikan kesehatan wajah yang rusak akhir paparan sinar ultraviolet. 

3. Membantu Pengobatan Diabetes


Manfaat buah pare yang selanjutnya yakni untuk mengatasi diabetes. Anda sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi buah pare. Buah pare sanggup menutunkan gula darah jika berlebihan. Dan perlu anda ketahui bahwa buah pare ini tidak mengandung senyawa berbahaya jika dikonsumsi jangka panjang sehingga bisa mengimbangi obat-obatan kimia yang tentunya akan mengakibatkan efek samping jika dikonsumsi terus-menerus.

4. Untuk Diet


Ini menjadi salah satu gosip bangga untuk anda yang sedang menjalankan aktivitas diet. Kandungan kalori yang rendah pada pare sanggup menjadi salah satu hidangan bagi Anda yang sedang menjalani diet obesitas. 

5. Untuk Melegakan pernapasan


Buah pare juga bermanfaat untuk melegakan pernafasan.

6. Sebagai Pencegahan Penuaan Dini


Pare mengandung vitamin C, yang merupakan antioksidan alami. Antioksidan akan memerangi dan menghilangkan radikal bebas berbahaya. Antioksidan membantu untuk mencegah keriput dengan memperlambat proses penuaan. Hal tersebut juga melindungi kulit dari kerusakan oleh sinar ultraviolet matahari.

7. Memperindah Rambut


Untuk memperlihatkan kilau alami  rambut, campur secangkir jus segar pare dengan yogurt dan oleskan pada rambut. Cuci rambut sehabis beberapa lama, untuk membuat rambut berkilau dan indah.

8. Mengatasi Kulit Kepala Gatal dan Kering


Untuk memerangi rambut kering dan kulit kepala gatal, gosok sepotong pare di atas kulit kepala dan pijat dengan gerakan melingkar, kemudian bilas dengan air jernih. Untuk mengurangi rasa gatal, lakukan perawatan rambut dengan adonan pare dengan manfaat alpukat atau manfaat pisang sebagai masker rambut dan terapkan pada kulit kepala. Lakukan hal ini setidaknya sekali seminggu untuk menyingkirkan gatal pada kulit kepala.

9. Mengatasi Rambut Berminyak


Peningkatan asupan kuliner yang berminyak sanggup menimbulkan akumulasi minyak berlebih pada rambut. Jika mempunyai rambut berminyak, terlebih dahulu harus membatasi konsumsi kuliner berminyak. Terapkan adonan jus pare dan manfaat cuka apel untuk menghilangkan kelebihan minyak pada rambut.

10. Mengatasi Rambut Kusut dan Kasar


Memiliki rambut yang bernafsu dan kusut akan sangat sulit di atur, namun jus pare sanggup membantu dilema ini. Secangkir jus pare dapat diterapkan pada rambut selama 10 hingga 15 menit, kemudian bilas rambut. Hal ini akan membantu memperbaiki tekstur rambut, membuatnya lembut dan mengkilap.

11.  Mengatasi Ketombe


Ketombe yakni dilema umum dan sebagian besar disebabkan lantaran konsumsi kuliner yang tidak sehat dan paparan polusi. Untuk menangkal ketombe, sanggup mencoba perawatan rambut dengan adonan pare dan biji jintan. Lakukan perawatan rambut ini selama 1 bulan, untuk menyingkirkan ketombe.

12.  Bagus Untuk Pencernaan


Buah Pare sanggup merangsang pencernaan yang gampang dan gerakan peristaltik pada makanan melalui usus hingga diekskresikan dalam tubuh. Dengan demikian, hal ini akan membantu dalam mengurangi gangguan pencernaan dan dilema sembelit.

13. Bagus Untuk Ibu Hamil


Buah Pare segar merupakan sumber folat yang sangat baik sekitar 72 mg / 100 g (18% dari RDA). Folat, saat dikonsumsi oleh ibu selama waktu awal kehamilan akan membantu mengurangi timbulnya cacat tabung saraf pada bayi yang gres lahir.

14. Melancarkan ASI


Masyarakat tradisional Indonesia sudah usang mengenal pare sebagai sayuran berguna bagi ibu menyusui lantaran sanggup meningkatkan produksi ASI. Selain itu, sayuran ini juga sanggup menciptakan ASI menjadi lebih kental sehingga bayi menjadi cepat kenyang.

manfaat buah pare untuk kesehatan

15. Meningkatkan Metabolisme Tubuh


Manfaat lainnya dari buah pare yakni sanggup meningkatkan metabolisme tubuh. Hal ini memungkinkan kita untuk sanggup menurunkan berat tubuh lebih cepat.

16. Menghilangkan Racun dan Menyehatkan Liver


Pare tidak hanya bisa mengikis lemak dalam tubuh tai juga bisa mengeluarkan racun. Lemak dan racun dalam liver dibuang sehingga liver menjadi lebih sehat dan sanggup meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

17. Membersihkan darah


Rasa pahit dalam buah pare dihasilkan oleh senyawa yang disebut cucurbitacins. Konsumsi jus pare sanggup membantu membersihkan darah, mengobati gatal-gatal akhir darah kotor. Agar khasiatnya lebih terasa, konsumsi jus pare secara rutin pada pagi hari dalam keadaan perut kosong.

18. Mencegah Pertumbuhan Sel Kanker Pankreas


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Colorado, di Amerika Serikat, ditemukan bahwa ekstrak pare sanggup membantu pankreas memblokir proses glukosa menjadi energi. Ini sangat penting mengingat sel kanker membutuhkan energi untuk berkembang.

19. Mengobati asma


Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh University of Massachusetts diketahui bahwa konsumsi kuliner pahit ibarat pare sanggup merangsang indera lidah yang berada di saluran pernapasan. Hal tersebut menciptakan saluran pernapasan menjadi lebih lebar sehingga fatwa udara menjadi lebih baik. Maka dari itu, konsumsi pare sangat penting bagi penderita asma.


Anda bisa mengkonsumsi pare dengan cara membuatnya sebagai jus pare. Minum jus pare setiap hari pada pagi atau malam hari. Untuk menambah rasa dan khasiatnya, jus pare bisa dicampur dengan jus melon.

Selain beberapa manfaat pare diatas, masih ada satu lagi manfaat yang sangat luar biasa. Ternyata pare dapat membangkitkan sel-sel lidah pada saluran pernapasan untuk bergerak lebih lebar. Artinya, saluran pernapasan menjadi lebih longgar dan sirkulasi udara terjadi dengan lancar.




Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Itulah 19 Manfaat Buah Pare Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang bisa anda peroleh, agar bermanfaat.


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel