Herbal Akar Elok Dan Manfaatnya

 Akar elok termasuk dalam famili Papilionaceae  Herbal Akar Manis dan Manfaatnya


Herbal Akar Manis dan Manfaatnya - Anda kenal dengan tanaman Akar Manis (Glycyrrhiza glabra L,)? Akar elok termasuk dalam famili Papilionaceae (Leguminosae), dan dikenal dengan banyak sekali nama-nama lokal atau nama simplisia Glycyrrhiza Radix, Liquiritae Radix; dan Akar Manis.

Perlu diketahui bahwa tanaman akar elok masih sulit di temukan di Indonesia, dan umumnya masih di impor dari luar negeri, ini dimungkinkan alasannya tanaman ini masih sulit tumbuh dan menyesuaikan iklim di Indonesia. Bagian yang dipakai ialah akarnya.


Senyawa Kimia :



saponin, glikosida likuiritin, asparagin, umbeliferona, asam hidroksiglisirhitat, glabrolida, glukosa, sukrosa, minyak atsiri, asam likuiritat, Glisirhisin, zat pahit.


Khasiat, Manfaat dan Cara Penggunaan :



Tanaman ini mempunyai khasiat sebagai Obat tukak lambung,  mulas, batuk, bronkhitis dan sebagai anti kolesterol.

  • Sebagai Obat Batuk : Ambil akar elok sebanyak 1,5 gram, rimpang, 8 gram, daun sirih 3 lembar, dan ditambahkan air sebanyak 130 ml, cara pembuatan dengan diseduh, sehabis cuek lalu diminum 2 kali sehari sebelum makan, sebanyak 100 ml. Ulangi pengobatan hingga didapatkan hasil yang maksimal ( sembuh ).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel