10 Manfaat Daun Kemangi Untuk Mengatasi Problem Kesehatan


Anda niscaya mengetahui daun kemangi, atau minimal pernah mendengar nama daun kemangi. Daun ini biasanya dijadikan pelengkap untuk masakan, juga sanggup dijadikan lalapan yang menggugah selera. Daun kemangi mempunyai aroma khas yang membuatnya disebut daun kemangi yang dalam bahasa jawa yang artinya wangi.


Biasanya kita menemui daun kemangi untuk dijadikan lalapan ketika makan pecel lele. Namun, ternyata daun yang satu ini mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan kita. Sebelum kita bahas apa saja manfaat daun kemangi untuk kesehatan ada baiknya jikalau kita berkenalan dulu dengan daun hijau berukuran kecil ini. Tahukah anda, kemangi merupakan bibit unggul yang digolongkan antarjenis selasih yakni Ocmum Americanum dan juga Ocinum Basilicum. Kemangi juga banyak dikenal dengan nama ilmiah Ocimum Basilicum Var. Anisatum Benth.

Manfaat Daun Kemangi untuk Kesehatan


 Manfaat Daun Kemangi untuk Mengatasi Masalah Kesehatan 10 Manfaat Daun Kemangi untuk Mengatasi Masalah Kesehatan

 

 

1. Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Manfaat pertama daun kemangi yaitu untuk meningkatkan daya tahan tubuh, kenapa? Kandungan beta karoten pada daun kemangi dapat meningkatkan respon antibodi, sehingga sanggup meningkatkan kekebalan tubuh. Kandungan beta karoten juga sanggup membantu sintesis protein sehingga mendukung proses pertumbuhan dan juga sanggup memperbaiki sel-sel yang rusak. Selain itu, khasiat daun kemangi dari kandungan beta karoten tersebut sanggup membantu untuk meningkatkan fungsi penglihatan.

2. Mencegah Kemandulan


Nah, ini kabar besar hati bagi anda yang ingin mempunyai anak, tentu semua orang ingin mempunyai anak. Ternyata daun ini sanggup mencegah kemandulan, kandungan arginin pada daun kemangi sanggup memprkuat daya hidup sperma sehingga sanggup mencegah kemandulan. Selain itu, daun kemangi juga mengandung zat eugenol dan apigenin fenkhona yang sanggup membantu meningkatkan kualitas er*ksi dan mencegah enjakul*si dini.

3. Mengobati Panau


Bagi anda mempunyai panau yang sulit hilang, ada baiknya anda memakai daun kemangi sebagai obat untuk menyembuhkannya. Caranya cukup mudah, yaitu gunakan segenggam daun kemangi dan basuh bersih, sehabis itu haluskan. Beri sedikit air gabungan kapur sirih dan selanjutnya balurkan pada bab kulit yang terjangkit panu. Sebaiknya dilakukan dua kali dalam sehari.

4. Mengobati Sariawan


Selain panau, sariawan juga sanggup disembuhkan dengan memakai daun kemangi, caranya yaitu ambil daun kemangi kira-kira 50 helai dan basuh sampai bersih. Selanjutnya kunyah daun tersebut kurang lebih dua sampai tiga menit. Setelah halus, telah daun kemangi tersebut dan pribadi minum air hangat. Untuk hasil maksimal, lakukan maksimal 3 kali dalam sehari.

5. Melawan Radikal Bebas


Tahukah anda, ternyata daun kemangi sangat ampuh untuk melawan radikal bebas yang masuk ke dalam tubuh kita. Kandungan antioksidan pada daun kemangi berupa flavonoid dan juga eugenol mempu mencegah pertumbuhan bakteri,virus dan jamur.

6. Membantu Pertumbuhan Tulang


Daun kemangi mengandung kalsium dan fosfor yang sangat penting bagi tulang kita. Kedua zat ini penting untuk mengatur pembentukan dan pertumbuhan tulang. Kemudian kandungan astenol dan boron dalam daun kemangi memperlihatkan khasiat daun kemangi yang berperan aktif dalam merangsang funsi kerja dari hormon estrogen dan juga hormon endrogen, serta mencegah pengeroposan tulang.

 

7. Melancarkan Aliran Darah


 
Banyak duduk kasus kesehatan terjadi akhir peredaran darah yang tidak lancar, salah satu khasiat daun kemangi yaitu melancarkan peredaran darah. Kandungan magnesium pada kemangi membantu merilekskan jantung dan juga pembuluh darah, sehingga menjaga fatwa darah untuk tetap lancar.

 

8. Menghilangkan Mual dan Flu


 
Anda sering mual dan terkena flu? Nah, daun kemangi sanggup menjadi solusinya. Caranya sangat mudah, yaitu pertama keringkan daun kemangi dan lalu seduh layaknya teh. Minum air teh kemangi tersebut dua kali dalah sehari dan tubuh Anda akan sembuh dari mual serta menghalau flu datang.

manfaat kemangi untuk kesehatan

9. Menghilangkan Bau Mulut


Nah, ini manfaat yang sangat gampang dan cepat kita dapatkan. Jika anda mempunyai bau lisan yang tidak sedap, maka daun kemangi sanggup menjadi solusi untuk anda, caranya pun sangat gampang yaitu ambil daun kemangi, biji juga akarnya. Bersihkan dan lalu seduh dengan air yang panas. Air seduhan tersebut sanggup Anda tambahkan dengan gula merah atau madu. Minum air tersebut di setiap pagi sebelum beraktifitas.

10. Meredakan Perut Kembung


Perut kembung sanggup mengakibatkan rasa sakit, begah, sumpek dan lain sebagainya, atasi dengan daun kemangi, caranya rebus daun kemangi dengan bawang merah yang lalu dicampur dengan minyak kelapa. Ramuan tersebut segera dioleskan pada perut yang dirasa kembung. 

Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Itulah 10 Manfaat Daun Kemangi untuk Mengatasi Masalah Kesehatan secara alami dan cepat. Semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel