Manfaat Buah Jarak, Minyak, Daun, Getahnya Untuk Kesehatan


Anda tentu kenal dengan tanaman jarak. Tanaman ini sempat heboh beberapa sebab sanggup diolah untuk menjadi biogas, namun sekarang tampaknya tidak ada lagi kabar beritanya. Setidaknya ada 4 jenis tanaman jarak yang ada di Indonesia, diantaranya adalah:


1. Jarak Pagar (Jatropha curcas L.)

 
 Tanaman ini sempat heboh beberapa sebab sanggup diolah untuk menjadi biogas Manfaat Buah Jarak, Minyak, Daun, Getahnya untuk Kesehatan



Jarak pagar merupakan jenis yang paling terkenal diantara tiga jenis tanaman jarak lainnya. Tidak heran mengingat tanaman ini lebih erat dengan insan dan sudah mulai ditanam sebagai tanaman komoditas untuk pengganti materi bakar minyak.

 











 

 





2. Jarak Kepyar/Jarak Kaliki/Jarak Kosta (Ricinus communis Linn.)

 
 Tanaman ini sempat heboh beberapa sebab sanggup diolah untuk menjadi biogas Manfaat Buah Jarak, Minyak, Daun, Getahnya untuk Kesehatan



Bentuk dari tanaman jarak kepyar sangat berbeda dari jarak pagar. Dari sisi batang, daun bahkan hingga bunga dan buahnya. Sepintas, jarak kepyar ini lebih ibarat tanaman singkong dan buahnya ibarat rambutan berukuran kecil. Namun tetap saja ini merupakan tanaman jarak. Dapat ditemukan di hutan liar, atau sepanjang pantai. Seperti jarak pagar, jarak kepyar juga sudah mulai dibudidayakan sebagai tanaman perkebunan.

 





 

 


3. Jarak Ulung/Jarak Wulung (Jatropha gossypifolia L.)

 
 Tanaman ini sempat heboh beberapa sebab sanggup diolah untuk menjadi biogas Manfaat Buah Jarak, Minyak, Daun, Getahnya untuk Kesehatan



Tanaman ini biasanya tumbuh liar di tempat-tempat jelas yang terkena sinar matahari langsung. Misalnya di tepi jalan, semak belukar, atau di pinggir lapangan rumput. Termasuk perdu tahunan yang habitat aslinya berasal dari Amerika Serikat. Hampir ibarat dengan jarak kepyar, tapi yang jenis ini warnanya ungu tua.

 






 

 




4. Jarak Bali (Jatropha podagrica Hook.)

 

 
 Tanaman ini sempat heboh beberapa sebab sanggup diolah untuk menjadi biogas Manfaat Buah Jarak, Minyak, Daun, Getahnya untuk KesehatanMelihat sekilas penampilan Jarak Bali, Anda tidak akan menyangkan bahwa ini masih merupakan tanaman jarak. Kecuali melihat buahnya yang memang mirip. Jarak Bali disebut juga jarak hias, sebab memang sering dipakai sebagai tanaman hias berkat penampilannya yang cukup menarik, terlebih kalau sudah berbunga. Maka jangan heran, kalau banyak orang mananamnya dalam pot atau di pekarangan rumah.

 

Manfaat Tanaman Jarak Pagar untuk Kesehatan


 Tanaman ini sempat heboh beberapa sebab sanggup diolah untuk menjadi biogas Manfaat Buah Jarak, Minyak, Daun, Getahnya untuk Kesehatan

 
Ternyata tanaman jarak mempunyai banyak khasiat untuk kesehatan, tidak hanya buahnya saja, daun, getah bahkan minyak jarak mempunyai banyak manfaat untuk kesehatan.

 

Manfaat Daun Jarak Pagar untuk Kesehatan




Tanaman ini ternyata mempunyai banyak rahasia, dan sudah semenjak dahulu dipakai sebagai herbal untuk mengatasi aneka macam gangguan kesehatan. Bagian daun tanaman jarak sanggup mengatasi aneka macam duduk perkara kesehatan diantaranya adalah:

1. Perut kembung, masuk angin


Caranya: ambil dua lembar daun jarak pagar, basuh higienis kemudian panaskan di atas api hingga layu. Jangan hingga kena api sebab bisa gosong. Oleskan sedikit minyak kelapa, minyak telon atau minyak kayu putih, kemudian tempelkan pada potongan perut. Biarkan beberapa jam, maka sesuatu yang asing akan terjadi. Si anak akan mulai mulai buang angin.

2. Sembelit (Susah Buang Air Besar)



Caranya, ambil beberapa lembar daun jarak pagar yang masih muda kemudian dikukus. Setelah matang dimakan ibarat biasa sebagai lalapan sobat makan nasi. Lakukan secara teratur biar cepat sembuh.


 

Manfaat Getah Tanaman Jarak untuk Kesehatan




Berikut ini yaitu beberapa manfaat getah tanaman jarak untuk kesehatan yang harusn ana ketahui:

1. Mengobati sakit gigi



Getah jarak biasa dijadikan sebagai obat sakit gigi tradisional. Caranya, lukai kulit pohon jarak dengan pisau tajam, maka akan keluar getahnya. Nah, ambil getah pohon jarak tersebut memakai kapas. Tempelkan kapas tersebut pada potongan gigi yang sakit dan diamkan selama beberapa menit. Getah jarak pagar bersifat antimikroba sehingga sanggup mengusir kuman jenis staphylococcus, streptococcus dan escherechia coli.

2. Mengobati luka sariawan


Sariawan banyak penyebabnya, dari mulai kekurangan vitamin C, panas dalam, hingga luka potongan lisan sebab tergigit.  Letaknya bisa di bibir, di pengecap atau di dinding lisan potongan samping, atas dan bawah. Getah jarak pagar bisa dijadikan sebagai obat sariawan tradisional. Caranya, ambil getah jarak dengan kapas atau cotton bud. Tempelkan pada potongan lisan yang terkena sariawan. Lakukan secara rutin biar sariawannya cepat sembuh.

3. Mengobati luka


Banyak hal yang sanggup mengakibatkan badan kita terluka. Ada sebab terjatuh, kecelakaan, atau terkena sayatan benda tajam. Untuk mengobati luka yang masih gres cepat kering, Anda bisa memakai getah pohon jarak. Caranya, ambil getah pohon jarak dengan kapas atau cotton bud, kemudian tempelkan pada potongan badan yang luka.

4. Mengobati radang telinga


Adanya peradangan pada pendengaran akan mengakibatkan pendengaran terasa sakit yang berimbas pada pendengaran Anda. Meski tidak mengakibatkan kemampuan pendengaran menurun, kita akan merasa tidak nyaman. Hal tersebut bisa diatasi dengan getah pohon jarak yang dijadikan sebagai obat tetes telinga. Ambil getah jarak sebanyak satu sendok makan. Kemudian teteskan pada pendengaran sebanyak 6 tetes, diamkan beberapa dikala kemudian bersihkan dengan kapas secara lembut.

5. Mengobati keputihan pada lisan bayi



Keputihan tidak hanya terjadi pada potongan intim wanita, tetapi juga pada lisan bayi. Penyebabnya bukan ASI ibarat yang orang awam pikirkan. Penyebabnya yaitu jamur candida yang melekat pada puting ibunya, yang kemudian dikala menyusui berpindah pada lisan bayi dan berkembang biak disana. Jika bayi Anda mengalaminya, ambil tangkai daun jarak yang masih segar, maka akan keluar getahnya kemudian oleskan pada lisan bayi.


 

Manfaat Biji Jarak dan Minyak Jarak untuk Kesehatan


Biji jarak pagar memang mengandung racun yang sanggup mengakibatkan keracunan kalau dikonsumsi berlebihan. Namun, kalau dikonsumsi dengan tepat, biji jarak bisa dijadikan sebagai obat ambeien kronis dan ambeien berdarah. Aturan makannya yaitu setiap pagi dan malam. Jangan lebih dari itu.
Minyak jarakdapat dipakai untuk mengobati penyakit koreng akhir jamur, jerawat dan gatal-gatal pada kulit. Hangatkan minyak jarak, kemudian oleskan pada potongan badan yang sakit. Untuk mengatasi bengkak, Anda bisa mencampurkan minyak jarak dengan minyak urut.


Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan, mungkin sesudah ini anda harus mulai menanam tanaman jarak di pekarangan rumah anda. Itulah Manfaat Buah Jarak, Minyak, Daun, Getahnya untuk Kesehatan yang harus anda ketahui, semoga bermanfaat. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel