17 Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan Dan Kecantikan



Anda suka sama yang asam-asam? Atau suka makan rujak? Buah yang satu ini niscaya sering anda jadikan adonan buah ketiak menciptakan rujak. Kedondong, bisa kita jadikan manisan, dimakan langsung, dibentuk rujak atau diolah menjadi aneka ramuan herbal yang sangat berguna bagi kesehatan.
Ada banyak sekali manfaat buah kedondong bagi kesehatan dan kecantikan. Bahkan buah ini juga bisa mengatasi dan mencegah aneka macam penyakit yang berbahaya, menyerupai penyakit jantung juga menurunkan kadar kolesterol dalam darah.


 Buah yang satu ini niscaya sering anda jadikan adonan buah ketiak menciptakan rujak 17 Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kesehatan dan Kecantikan
Apa saja kira-kira Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang sudah teruji tersebut? Sebelum kita bahas apa saja manfaatnya, mari kita bahas terlebih dahulu kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya.  Berikut ini yaitu daftar nutrisi yang terdapat pada buah kedondong yang sudah masak.

 

Banyaknya Buah Kedondong Masak yang diteliti (Food Weight) = 100 gr 

Bagian Buah Kedondong Masak yang sanggup dikonsumsi (Bdd / Food Edible) = 58 %

 


Jumlah Kandungan Energi Buah Kedondong Masak = 41 kkal
Jumlah Kandungan Protein Buah Kedondong Masak = 1 gr
Jumlah Kandungan Lemak Buah Kedondong Masak = 0,1 gr
Jumlah Kandungan Karbohidrat Buah Kedondong Masak = 10,3 gr
Jumlah Kandungan Kalsium Buah Kedondong Masak = 15 mg
Jumlah Kandungan Fosfor Buah Kedondong Masak = 22 mg
Jumlah Kandungan Zat Besi Buah Kedondong Masak = 3 mg
Jumlah Kandungan Vitamin A Buah Kedondong Masak = 233 IU
Jumlah Kandungan Vitamin B1 Buah Kedondong Masak = 0,08 mg
Jumlah Kandungan Vitamin C Buah Kedondong Masak = 30 mg


 

Manfaat Buah Kedondong Bagi Kesehatan


 

1. Untuk Mengobati Batuk


Resep:


 

  1. Siapkan 3 buah kedondong kemudian basuh hingga bersih.

  2. Setelah itu parut buah kedondong hingga selesai.

  3. Tanpa ditambah air peras airnya dan berikan sedikit garam. Siap untuk diminum 2x dalam sehari.


2. Obat Sakit Perut Dan Diare


Resep:



  1. Gunakan ± 15 gram kulit batang kedondong yang masih segar kemudian basuh hingga bersih.

  2. Setelah dicuci kemudian dipotong-potong kecil,

  3. Rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit.

  4. Setelah air rebusan cuek segera saring, dan air hasil saringan bisa diminum 2x sehari.


 



3. Mengobati Borok  dan Luka Terbakar


Daun kedondong juga dipakai secara tradisional untuk mengobati obat borok, luka perih dan luka terbakar.




4. Mengobati dan Mengatasi Diare


Resep:





  1. Gunakan kurang lebih 15 gram kulit batang kedondong segar yang telah dicuci bersih. 

  2. Lalu potong kecil-kecil dan rebus dengan 2 gelas air selama 15 menit. 

  3. Tunggu hingga cuek kemudian saring dan air hasil saringan sanggup diminum 2 kali sehari.




5. Pemeliharaan Saluran Pencernaan dan Diet


Kandungan serat pada 100 gram buah kedondong yang mencapai 0,83-3,60 mg sangat bermanfaat untuk melancarkan fungsi kanal cerna.Selain itu, lantaran mengandung lemak, protein dan karbohidrat dalam jumlah rendah, buah kedondong juga sanggup membantu bagi mereka yang sedang menjalankan aktivitas diet untuk menurunkan berat badan. Hanya saja, bila ingin mengkonsumsi buah kedondong untuk diet, pilihlah yang belum matang benar lantaran kandungan buah kedondong yang belum matang benar ini sangat tinggi serat dan air. Sementara buah kedondong yang matang kandungan sukrosanya tinggi sehingga menambah jumlah kalori di dalamnya.

 


6. Mengatasi Anemia




Bagi anda yang mengalami anemia atau kekurangan sel darah merah dianjurkan untuk mengkonsumsi kedondong, dengan mengkonsumsi 100 gr anda sudah mengasup 30 mg zat besi, sanggup membantu proses pembentukan sel darah merah.


7. Mencegah penyakit jantung



Sebagaimana yang sudah disebutkan di atas, kedondong mengandung kalsium, menyerupai ayng ktia ketahui, kalsium sangat bermanfaat untuk mencegah penyakit jantung. 

 

8. Untuk Kesehatan mata


Adanya kandungan vitamin A pada buah kedondong sehingga berperan penting dalam kesehatan indera penglihatan manusia. Vitamin ini membantu menyalurkan objek yang diterima oleh retina mata ke otak sebagai sebuah gambar. Senyawa yang berperan dalam hal ini yaitu retinol.

manfaat buah kedondong untuk kesehatan

9. Menambah daya tahan tubuh


Dengan adanya kandungan zat gizi yang terkandung dalam buah kedondong berupa unsur gula dalam bentuk sukrosa tentunya sangat penting sebagai vitalitas dan daya tahan tubuh.

 

10. Sebagai antioksidan


Berkat kandungan Vitamin A sehingga buah kedondong ini sanggup berfungsi sebagai antioksidan. Selain vitamin A, buah kedondong juga mengandung vitamin C. Tentu saja kedua jenis vitamin ini sangat berperan aktif sebagai antioksidan yang bisa menangkal radikal bebas. Baik radikal bebas yang berasal dari oksidasi tubuh mupun polusi dari luar. 

 

11. Penyembuhan luka


Dengan adanya kandungan Vitamin A, sehingga sanggup membantu untuk menjaga kesehatan jaringan di dalam tubuh kita. Karenanya buah kedondong ini sanggup membantu mempercepat proses penyembuhan luka.

 

12. Mengatasi anemia


Kandungan zat besi dalam 100 gram buah kedondong mencapai 30 miligram, sanggup membantu proses pembentukan sel darah merah. Selain zat besi, rupanya buah kedondong juga mengandung vitamin B1 yang sanggup membantu produksi sel darah merah dan meningkatkan anutan oksigen ke seluruh tubuh dan mencegah anemia.

 

13. Mencegah penuaan dini


Tak hanya buah kiwi dan mangga saja yang mengandung vitamin C, lantaran kedondong juga mempunyai kandungan yang sama. Kandungan vitamin C sanggup melindungi molekul penting, menyerupai protein, lipid (lemak), karbohidrat, dan asam nukleat (DNA dan RNA) dari kerusakan yang diakibatkan radikal bebas, racun, ataupun polusi. Radikal bebas merupakan salah satu faktor penyebab penuaan dini. 

 

14. Mengendalikan kadar kolesterol


Selain sebagai anti penuaan, vitamin C yang terdapat pada buah kedondong juga membantu metabolisme kolesterol menjadi asam empedu, yang mungkin mempunyai implikasi untuk tingkat kolesterol darah dan timbulnya kerikil empedu. Sehingga buah kedondong ini bermanfaat untuk mengendalikan kadar kolesterol Anda.

 

15. Pemulihan tubuh


Ini tentu tak terlepas dari kandungan vitamin C pada buah kedondong sehingga sanggup membantu untuk menjaga kekebalan tubuh dan membantu olahragawan dalam proses pemulihan tubuhnya sehabis melaksanakan latihan yang berat.

 

16. Menjaga kesehatan tulang dan gigi


Ini dikarenakan adanya kandungan fosfor yang terdapat pada buah kedondong sehingga bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang dan gigi.

Manfaat Buah Kedondong Bagi Kecantikan



Kaya akan kandungan vitamin C yaitu 30-50 mg dalam 100 gram buah kedondong sehingga rajin mengkonsumsi buahnya sanggup membantu proses regenerasi kulit dengan cara meningkatkan produksi kolagen yang berperan penting dalam elastisitas kulit. Selain itu, vitamin C juga bersifat antioksidan yang sanggup mencegah radikal bebas.


 

Ternyata buah kedondong memiliki banyak sekali manfaatnya. Ternyata kita dihentikan meremehkan buah yang murah meriah bahkan tidak dijual dan bisa kita dapatkan secara cuma-cuma ini ya. Itulah beberapa 17 Manfaat dan Khasiat Buah Kedondong Bagi Kesehatan dan Kecantikan yang bisa kita dapatkan bila kita mengkonsumsi buah yang satu ini. Semoga bermanfaat. 


Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel