Ini Ia Khasiat Akar Mengkudu Yang Perlu Anda Ketahui

Herbal Mengkudu dikenal juga dengan nama Pace, dan dalam bahasa Cina biasa disebut dengan Ba Ji lantaran yang dimanfaatkan mereka ialah akarnya. Tanaman ini dapat hidup dan tumbuh di dataran sampai pada ketinggian 1500 m. Tinggi pohon mengkudu dapat mencapai 3 – 8 m. Secara tradisional, masyarakat Aceh memakai buah mengkudu sebagai sayura dan rujak. Daunnya juga dipakai sebagai salah satu materi nicah peugaga yang sering muncul sebagai hidangan wajib buka puasa.


 dan dalam bahasa Cina biasa disebut dengan  Ini Dia Khasiat Akar Mengkudu Yang Perlu Anda Ketahui





Selama ini, bab yang banyak dipakai dari mengkudu ialah buahnya yang mempunyai khasiat untuk mengobati banyak sekali penyakit,(Baca : Buah Mengkudu dan Khasiatnya). Namun, tahukah Anda bahwa ternyata akar pohon mengkudu juga mempunyai keistimewaan dalam menyembuhkan banyak sekali gangguan penyakit.

Rasa dan sensasi dari tanaman herbal ini adalah manis dan tajam, suhu cenderung hangat, dan mengandung sejumlah senyawa kimia menyerupai : xerononine, alizarin, sterois, caprylic, arginine, lycine sosium, antra quinines, proxeronine, magnesium, phenylalanine, dan trace elemens.

Target organ dari penggunaan tanaman herbal ini ialah bab hati dan ginjal. Akar mengkudu berguna mengobati kelemahan dan rasa sakit pinggang dan lutut, sensasi hirau taacuh dibelakang, nyeri punggung, spermatorrhoea, sering buang air kecil. Peru-paru qi: batuk kronis, sesak napas, mengi, sembelit, luka pada cairan, penurunan cairan pada pasien usia lanjut. Sembelit pada pasien usia lanjut, sembelit pada keadaan demam. Infertilitas, impotensi, inkontenensia, duduk masalah menstruasi, rasa dingin, nyeri pada perut bab bawah, kelemahan dan nyeri pada pinggang.

Bagian yang dipakai ialah akar tanaman yang telah dikeringkan. Dosis 9-15 gram, standar 10 gram. Dimasak terlebih dahulu selama 20 menit.

Efek farmakologi, meningkatkan kadar plasma kortikosteroid dengan menstimulasi kelenjar hipofisis dan adrenal. Penggunaan selama kehamilan diperbolehkan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel