15 Manfaat Buah Salak Untuk Kesehatan Dan Kandungan Nutrisinya


Kita semua tentu sangat mengetahui tentang buah salak. Bahkan mungkin ada yang rutin makan buah salak? Ya, salak merupakan buah yang sangat familiar bagi kita semua. Tapi, tahukah anda, ternyata buah ini mempunyai khasiat yang luar biasa bagi kesehatan tubuh kita. Salak Memiliki nama Latin Salacca zalacca, memiliki kulit kecoklatan dan mempunyai sisik tajam, dagingnya berwarna putih dan mengandung banyak kandungan nutrisi yang tinggi. 

Kandungan Nutrisi Buah Salak


 



















































































































































































Kandungan Gizi Buah Salak Per 100 Gram


 





Jumlah per Porsi
Kalori 82dari Lemak 3.60





% Nilai harian*
Total Lemak 0.40 g0.6 %
  Lemak Jenuh 0.100 g0.5 %
Kolesterol 0 mg0.0 %
Sodium 0 mg0.0 %
Total Karbohidrat 21.30 g7.1 %
  Diet Serat 2.7 g10.8 %
Protein 0.20 g0.4 %





  Vitamin C10.0 %
  Vitamin B1 Thiamin1.3 %
  Vitamin B2 Riboflavin0.6 %
  Vitamin B3 Niasin0.5 %
  Vitamin B5 Asam Pantotenat acid0.6 %
  Vitamin B62.5 %
  Kalsium0.7 %
  Besi1.1 %
  Kalium3.3 %
  Fosfor0.7 %
  Magnesium1.3 %
  Tembaga2.0 %
  Mangan2.5 %
  C Sistein0.6 %
  F Fenilalanin0.6 %
  I Isoleusin0.6 %
  K Lisin0.6 %
  L Leusin0.4 %
  M Metionin0.4 %
  T Treonin0.7 %
  Tirosin0.5 %
  V Valin0.5 %
  W Triptofan0.7 %
* Nilai Persen harian menurut diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.
Jumlah total lemakKurang dari 65g
Lemak jenuhKurang dari 20g
KolesterolKurang dari 300mg
SodiumKurang dari 2,400mg
Jumlah Karbohidrat300g
Diet Serat25g

 
 niscaya sudah sangat tidak absurd lagi bagi kita 15 Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya

 

Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan


Ternyata salak memiliki manfaat yang Sangat luar biasa bagi kesehatan. Namun yang perlu kita ketahui, selain daging buahnya, ternyata kulit ari buah salak juga sangat bermanfaat untuk kesehatan badan kita, berikut ini selengkapnya:

1. Sebagai Obat Diare 


Ini yakni khasiat salak yang sangat populer dan sering dicobakan di rumah. Kandungan serat yang cukup tinggi pada salak sanggup mengobati diare. 

2. Kesehatan Mata


Kandungan betakaroten pada salak sanggup menjaga kesehatan mata anda. Bahkan kandungannya hingga 5,5 kali lebih besar dari buah mangga dan 5 kali lebih besar dari semangka.

3. Untuk Diet



Kandungan fitonutrien pada buah salak sangat bermanfaat untuk anda yang sedang menjalankan aktivitas diet. Selain itu terdapat 2mg Vitamin C pada salak.

4. Mencegah Kanker


Satu lagi manfaat buah salak yang sangat luar biasa yaitu bisa mencegah kanker. Hal ini dikarenakan kandungan yang ada pada kulit ari buah salak, jadi jikalau mengkonsumsi salak, jangan dibuang kulit arinya.

5. Meningkatkan Imunitas Tubuh


Buah salak juga bermanfaat untuk meningkatkan imunitas badan kita. Kandungan vitamin C pada salak meningkatkan kekebalan badan terhadap virus penyakit. 


 manfaat buah salak bagi kesehatan tubuh


6. Baik Bagi Pencernaan


Selama ini yang kita ketahui bahwa jika terlalu banyak mengkonsumsi salak sanggup menimbulkan konstipasi atau susah BAB. Nah, ternyata kulit ari buah salak mengandung serat yang cukup tinggi, jadi jikalau makan salak kulit arinya jangan dibuang sebab kulit ari buah salak bermanfaat untuk melancarkan dan menyehatkan pencernaan kita.

7. Meningkatkan Kecerdasan Otak


Berdasarkan hasil peneilitian, buah salak mampu meningkatkan kinerja otak dengan membawa kandungan pottasium dan pektin, yang sanggup menutrisi beberapa syaraf serta bisa memperlancar dan mengendalikan peredaran darah menuju otak 

8. Menjaga Stamina


Kalsium yang terdapat pada buah salak juga bermanfaat untuk menjaga stamina badan kita

9. Baik Untuk Ibu Hamil


Buah salak juga baik dikonsumsi oleh ibu hamil, terutama ibu hamil muda yang mengalami morning sickness. Rasa mual yang sering kali sanggup diatasi dangan mengkonsumsi salak. Namun jangan pula hiperbola memakannya, harus pula diseimbangi dengan masakan yang kaya protein ibarat kacang-kacangan.

10. Sebagai Antioksidan


Kita tentu tahu bahwa zat antioksidan sangat bermanfaat untuk badan kita, antioksidan bermanfaat untuk mencegah berabgai penyakit dan radikal bebas. Selain itu senyawa alami yang ditemukan dalam salak juga mempunyai kegunaan untuk mengatasi resiko penyakit jantung dan kanker pada janin maupun ibu hamil.

11. Mengatasi Anemia


Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi anemia, hal ini dikarenakan kandungan tiamin dan manfaat zat besi yang sangat baik untuk membantu kesehatan ibu hamil. Zat besi menjadi salah satu pemain film penting dalam memproduksi sel darah merah. Ibu hamil membutuhkan sel darah merah yang lebih tinggi sebab dipakai untuk menyumbang oksigen lewat plasenta pada janin. Kekurangan oksigen akan sangat berbahaya pada nyawa janin dan ibu hamil. 

12. Mengatasi Gangguan Asam Lambung


Buah salak juga bermanfaat untuk mengatasi gangguan asam lambung, untuk mengatasi hal ini maka ibu hamil bisa makan buah salak. Salak akan mengurangi rasa mual dan menciptakan pencernaan menjadi normal lagi.

13.  Menjaga Kesehatan Jantung


Kandungan kalium pada buah salak bermanfaat untuk menjaga kesehatan jantung. Asupan salak bisa mencukupi jumlah kalium yang diharapkan oleh tubuh. 

14. Bagus untuk Tulang


Buah salak juga mengandung kalsium yang bermanfaat untuk menjaga kesehatan tulang, khusus untuk ibu hamil, salak bermanfaat untuk membentuk jaringan kerangka tulang pada janin. Selain itu, kalsium juga diharapkan oleh ibu hamil untuk mempersiapkan badan dalam kelahiran. Manfaat salak untuk ibu hamil mengandung kalsium yang membantu menyumbang kecukupan kalsium harian. Selain itu, buah salak juga penting untuk membantu ibu hamil semoga mempunyai stamina yang sehat dan kuat.

15. Membantu Sistem Memori pada Janin


Manfaat buah salak yang terakhir adalah untuk membentuk kecerdasan dan mempertahankan memori dalam otak. Kandungan pektin dalam buah salak ternyata juga sangat efektif untuk membangun sistem kecerdasan pada janin. Hal ini dikarenakan kandungan pektin pada buah salak. 


 
Bagaimana? Cukup luar biasa bukan? Itulah ulasan mengenai Manfaat Buah Salak untuk Kesehatan dan Kandungan Nutrisinya yang bisa kami bagikan kali ini. Jangan lupa untuk memberitahukan informasi ini ke sebanyak-banykanya orang yang anda kenal. Salam hangat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel