19 Manfaat Buah Kersen/Ceri Untuk Kesehatan



Apa nama buah kersen masih terdengar absurd di indera pendengaran anda? Buah ini ibeberapa kawasan mempunyai nama yang berbeda-beda, ada yang menyebutnya bauh seri, buah ceri, baleci (Madura), talok, dan masih banyak lagi, jikalau kawasan anda apa namanya? Buah ini berukuran sangat kecil namun mempunyai rasa khas, manis. dan tekstur pecahan dalam menyerupai berpasir. Buah yang masak biasanya berwarna kunig atau merah dan ditandai dengan tekstur buahnya yang lembut ketika dipencet. Kita sanggup menemukan buah ini dengan gampang dipinggiran jalan atau sekitar pekarangan rumah lantaran flora ini biasanya dijadikan sebagai pohon peneduh. 


Dibalik rasanya yang anggun dan ukurannya yang super mini ternyata terdapat khasiat yang sangat luar biasa untuk kesehatan kita. Apa saja kira-kira manfaat buah kersen/Seri untuk kesehatan? Berikut ini kami bagikan beberapa khasiat buah kersen/Seri untuk Kesehatan yang perlu kita ketahui:

Manfaat Buah Kersen untuk Kesehatan



Apa nama buah kersen masih terdengar absurd di indera pendengaran anda 19 Manfaat Buah Kersen/Ceri untuk Kesehatan


 



1. Antibakteri



Sifat antibakteri buah kersen ini snagat bermanfaat untuk badan kita. Dengan demikian badan kita menjadi lebih berpengaruh dari serangan basil yang sanggup menyebabkan penyakit tertentu. Para peneliti menemukan adanya senyawa antibakteri yang berpengaruh dalam buah kersen.

 

2. Antioksidan



Selain antibakteri, buah kersen juga mengandung senyawa antioksidan yang tinggi. Antioksidan bertugas untuk menguatkan sistem imun badan dan melawan radikal bebas yang sanggup menyebabkan kanker.

 

3. Antiseptik



Rebusan daun kersen sanggup membunuh mikroba atau sanggup dipakai sebagai antiseptik. Daun kersen terbukti sanggup membunuh bakteri, termasuk: C. diphtheriae, S. aureus, P. vulgaris, S. epidermidis, dan K. Rhizophil. Sifat anti-bakteri itu berasal dari senyawa yang terkandung dalam daun kersen, menyerupai tanin, flavonoid dan saponin.

 

4. Anti-inflamasi



Rebusan daun kersen juga mempunyai sifat anti-inflamasi (anti-peradangan) dan juga sanggup menurunkan demam.


5. Anti-tumor



Daun kersen juga dilaporkan mempunyai imbas anti-tumor. Kandungan flavonoid yang dimiliki oleh daun kersen diketahui sanggup menghambat pertumbuhan sel kanker.


6. Mengobati asam urat



Di Indonesia, buah kersen sering dipakai untuk mengobati asam urat. Buah kersen juga terbukti sanggup mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit asam urat.


7. Melindungi jantung



Ekstrak daun kersen juga diketahui sanggup melindungi miokardium yang berdampak pada penurunan yang signifikan dalam pembatasan kebocoran enzim dari miokardium.


8. Kram perut


Bunga kersen sanggup dimanfaatkan sebagai antiseptik dan untuk mengobati kram perut. Anda hanya perlu merebus buang kersen dan meminum airnya.

9. Anti-kanker


Salah satu studi menemukan adanya sifat anti-kanker pada pohon kersen, dengan ditemukannya flavonoid sitotoksik gres pada akar kersen.


Selain, 9 manfaat di atas, buah kersen juga sanggup mengatasi banyak sekali penyakit, seperti:



  1. Mengobati asam urat

  2. Menyembuhkan diabetes

  3. Meredakan tanda-tanda flu

  4. Mengatasi kejang atau kaku di pecahan jalan masuk pencernaan akhir gastritis dan diare

  5. Menurunkan tekanan darah tinggi

  6. Menurunkan kadar kolesterol dalam darah

  7. Meningkatkan daya tahan badan sehingga tidak  gampang sakit

  8. Meredakan sakit kepala

  9. Kandungan air pada buah kersen sanggup mengembalikan kelembaban alami kulit sehingga kulit akan terus terlihat segar

  10. Mencegah dan menyembuhkan batuk



Manfaat Daun Kersen untuk Kesehatan



Tanaman buah kersen tak hanya bermanfaat di pecahan buahnya saja. Daun tumbuhan kersen juga tak kalah berkhasiatnya dengan buah kersen. Daun tumbuhan kersen sanggup diolah menjadi teh yang sangat berguna bagi kesehatan tubuh.

Cara pembuatannya cukup tidak sulit, cukup dengan mengeringkan daun kersen kemudian seduh dengan air panas. Air panas yang tadinya bening akan berubah menyerupai air teh pada umumnya. Silahkan anda minum sehari dua kali untuk menurunkan tekanan darah tinggi, bagi yang menderita hipertensi.

Pengolahan Buah Kersen




Anda sanggup mengkonsumsi buah ini secara pribadi tanpa diolah terlebih dahulu untuk mencicipi manfaatnya, namun anda juga sanggup mengolah buah ini terlebih dahulu sebagai sirup. Cara membuatnya cukup mudah. Siapkan bahan-bahan yang diharapkan menyerupai :



  • Buah kersen yang matang

  • Kayu manis

  • Gula pasir

  • Garam

  • vanilla


 


Jangan lupa siapkan alat-alat yang diharapkan untuk menciptakan sirup  buah kersen (botol untuk mengemas sirup), saringan, panci, penumbuk, dan ember.
Kemudian cara pembuatannya menyerupai berikut ini :

  1. Cuci higienis buah kersen matang dengan memakai air higienis yang mengalir

  2. Pisahkan kulit dan daging buah kersen. Ada cara  gampang untuk memisahkan kulit dan daging buah kersen, yaitu dengan menumbuknya terlebih dahulu kemudian rebus.

  3. Ketika buah kersen sedang direbus, tambahkan gula pasir, garam, kayu manis, dan vanila. Perbandingan antara gula pasir dan buah kersen yaitu 2:1

  4. Setelah mendidih, saring dengan memakai saringan semoga air dan ampas terpisah.

  5. Setelah dingin, tuangkan air rebusan buah kersen ke dalam botol kemudian tutup rapat.

  6. Sirup buah kersen pun sudah jadi dan siap dibentuk sebagai minuman segar atau untuk dijadikan topping kue dan desert lainnya.


Bagaimana? Sangat luar biasa sekali bukan? Itulah 19 Manfaat Buah Kersen/Ceri untuk Kesehatan baca juga 16 Manfaat Buah Kesemek untuk Kesehatan.


 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel