4 Manfaat Buah Ciplukan Untuk Kesehatan




Anda pernah memakan buah ciplukan atau cemplukan? Kalau di desa-desa, buah ini masih cukup banyak namun sangat jarang sekali di perkotaan, biasanya tumbuhan obat ini tumbuh dibekas kawasan bakaran sampah. Ana mengkomsumsi buah ini mungkin alasannya rasanya yang bagus dan gurih, terutama untuk buah yang sudah sangat kunign dengan pembungkus buah yang agak kering kecoklatan.

Siapa sangka, ternyata buah ini bisa mengatasi dan mengobati banyak sekali penyakit, bahkan penyakit yang konon sulit disembuhkan secara medis sekalipun. Buah ini bermanfaat untuk kesehatan dikarenakan kandungan nutrisi yang terdapat di dalamnya. Sebelum kita bahas apa saja 4 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan tersebut, ada baiknya kita berkenalan terlebih dahulu dengan buah yang hanya sebesar cempokak ini. Adapun nama Latin dari ciplukan ialah Morel berry, tumbuhan ini hanya tumbuh tidak lebih dari satu meter, batang berusuk (=angulata) bersegi tajam dan berongga. Daun berbentuk bulat telur memanjang berujung runcing, dengan tepi rata atau tidak, 2,5-10,5 × 5-15 cm.
Anda pernah memakan buah ciplukan atau cemplukan 4 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan

 

Kandungan Nutrisi Pada Buah ciplukan :



  • Asam Malat

  • Alkaloid

  • Tanin

  • Kriptoxantin

  • Vitamin C

  • Glukosa


Sedangkan untuk kandungan yang terdapat pada biji ciplukan yaitu: Elaidic Acid

Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan


1. Mengobati Influenza



manfaat pertama dari buah ini ialah sanggup mengobati influenza dan Sakit Influenza Tenggorokan, batuk rejan (pertusis), bronchitis (radang akses napas), gondongan (paroritis), pembengkakan buah pelir (orchitis).



Caranya : Semua cuilan tumbuhan ciplukan dipotong-potong seukuran 3-4 cm dijemur, kemudian dibungkus biar tidak lembab lagi. Kemudian ambil kira-kira sebanyak 9-15 gram direbus, airnya diminum. Lakukan sebanyak 3 kali sehari, atau sesuai kebutuhan dan atau petunjuk resep.




2. Mengobati Kencing Manis (diabetes)



Caranya : hampir sama dengan resep pertama.hanya saja ketika merebus, rebuslah dengan 2 gelas air, sampai tersisa 1 gelas. Setelah hirau taacuh disaring, minum sekaligus pada pagi hari. Ampasnya bisa direbus sekali lagi, guna diminum pada sore harinya.


3. Mengobati Sakit paru-paru



Caranya : Sama dengan yang pertama. Yakni ketika merebus, gunakan 3-5 gelas air. Setelah mendidih, dinginkan dan saring, minum airnya 3 kali sehari.

4. Mengobati Ayan


Buah ini juga sanggup mengobati atau mengurangi ayan, caranya : makan buah Ciplukan 8 – 11 butir setiap hari.
Itulah 4 Manfaat Buah Ciplukan untuk Kesehatan yang perlu anda ketahui, semoga bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel