Cara Mengolah Kembang Sepatu Menjadi Obat Dan Teh

Beberapa orang menanam kembang sepatu didepan rumahnya sebagai hiasan dengan bermacam-macam warna. Dalam bahasa latin tanaman ini disebut Hibiscus Rosa-sinensis, termasuk tanaman berbunga suku Hibisceae dari keluarga Malvaceae. Secara tradisional, di India dipakai untuk perawatan rambut, dan dipakai dalam pengobatan Ayurveda. Ada beberapa cara mengolah kembang sepatu menjadi obat dan teh herbal berdasarkan tradisi turun menurun.



 Beberapa orang menanam kembang sepatu didepan rumahnya sebagai hiasan dengan bermacam-macam warn Cara Mengolah Kembang Sepatu Menjadi Obat Dan Teh



Tradisi Ayurveda menyebut kembang sepatu sebagai Japa Pushpa, tanaman ini diperkaya dengan antioksidan, vitamin C. Mengandung asam linoleat, flavonoid, antosianin, asam malat dan pektin. Kembang sepatu dipakai dalam pengobatan penyakit jantung dan menurunkan tekanan darah. Banyak dipakai dalam kondisi ginekologis ibarat pendarahan. Kandungan kimia bersifat anti-hemorrhagic yang efektif untuk mengobati keputihan ajaib (leukorrhea) dan meredakan nyeri haid.






Cara Mengolah Kembang Sepatu






Tradisi terdahulu telah mewariskan kepada kita cara menciptakan ramuan untuk perawatan kesehatan. Cara-cara ini telah diajarkan secara turun temurun semenjak ribuan tahun yang lalu. Ramuan herba kembang sepatu kali ini sanggup dipakai dengan gampang dirumah. Ada tiga cara pengolahan kembang sepatu menjadi herba bermanfaat, yaitu:





1. Teh Kembang Sepatu



Teh kembang sepatu sanggup dipakai untuk mengatasi wasir, gangguan kencing, insomnia dan kelainan kulit. Cara pembuatannya sebagai berikut:




  1. Siapkan 5 kelopak bunga kembang sepatu, atau setengah sendok teh yang sudah jadi bubuk.
  2. Rebus kedalam segelas air dan tunggu selama 2 menit sampai mendidih. 
  3. SBiarkan sampai air menjadi hangat, kemudian saring.


2. Konditioner Rambut Kembang Sepatu



Tanaman ini mempunyai kegunaan sebagai konditioner rambut, minyak rambut alami untuk mengatasi ketombe. Juga mengatasi kulit kepala gatal, rambut rontok, prematur uban. Cara mengolah kembang sepatu menjadi obat rambut sebagai berikut:




  1. Rendam 10 kelopak bunga kembang sepatu kedalam 500 ml atau 2 gelas air dalam semalam. 
  2. Keesokan paginya, remas bunga dengan tangan dan saring airnya. 
  3. Oleskan air yang disaring ke rambut, dan tutupi rambut dengan handuk. 
  4. Biarkan selama 20 menit, kemudian bilas dengan air hangat.


3. Bubuk Kembang Sepatu



Kembang sepatu juga sanggup dijadikan debu untuk persediaan herbal. Manfaatnya hampir sama dengan teh kembang sepatu. Cara mengolah kembang sepatu menjadi obat bubuk:




  1. Keringkan 20 sampai 30 kembang sepatu di daerah teduh.
  2. Setelah kering kemudian giling menjadi debu halus, dan simpan kedalam wadah kedap udara. 
  3. Cara mengkonsumsi: ambil setengah sendok teh bubuk, tambahkan dengan sedikit madu. Lakukan dua kali sehari untuk meningkatkan kadar hemoglobin darah.





Efek samping kembang sepatu sanggup menyebabkan rahim tidak subur atau sanggup berguna untuk kontrasepsi. Sangat sedikit imbas yang ditimbulkan alasannya yaitu mengkonsumsi kembang sepatu, tetapi alergi juga perlu diperhatikan.





Referensi





  • Plant Myths and Traditions in India, by Shakti M. Gupta. Publish by E.J.Brill,Laden, Netherlands, 1971.
  • Hibiscus rosa-sinensis L, image courtesy of Wikimedia Commons.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel