Cara Mengobati Radang Mata, Selaput Mata, Secara Alami

Radang mata atau dalam medis disebut Uveitis, merupakan sekelompok penyakit inflamasi yang mengakibatkan pembengkakan dan sanggup merusak jaringan mata. Penyakit radang mata sanggup saja mengurangi penglihatan atau mengakibatkan kebutaan. Secara medis, radang mata harus diobati dengan perawatan khusus karen sangat berbahaya bila dibiarkan. Tetapi ada cara mengobati radang mata secara alami, memakai ramuan herba tradisional dengan biaya ekonomis.





 Radang mata atau dalam medis disebut Uveitis Cara Mengobati Radang Mata, Selaput Mata, Secara Alami





Uveitis dipakai dalam penyebutan medis lantaran penyakit ini sering mempengaruhi cuilan mata (uvea). Uveitis tidak hanya terbatas pada uvea, tetapi penyakit radang mata juga mempengaruhi lensa, retina, saraf optik, dan vitreous. Sehingga sering mengakibatkan penglihatan rusak atau berakibat pada kebutaan permanen.






Uveitis mungkin disebabkan oleh problem atau penyakit yang terjadi di mata atau sanggup menjadi cuilan dari penyakit inflamasi yang mempengaruhi cuilan tubuh lainnya. Radang ini sanggup saja terjadi pada semua orang tanpa mengenal usia, tetapi paling banyak penderita usia antara 20 sampai 60 tahun. Walaupun secara garis besar, uveitis berlangsung dalam waktu yang singkat atau bahkan kronis diwaktu yang sangat lama. Beberapa orang bahkan mengalami radang mata paling parah berulang kali.





Uvea merupakan lapisan tengah mata yang paling banyak mengandung pembuluh darah. Dari sini salah satu cara sel-sel inflamasi sanggup masuk ke mata. Uvea terletak diantara sklera, mantel luar putih mata, dan lapisan dalam mata, yang disebut retina. Dimana uvea terdiri dari iris, tubuh siliaris, dan koroid. Uveitis disebabkan oleh respon inflamasi di dalam mata, sementara peradangan merupakan respons alami tubuh terhadap kerusakan jaringan lantaran bakteri atau racun. Serangan ini mengakibatkan pembengkakan, kemerahan, terasa panas dan merusak jaringan. Kerusakan jaringan terjadi lantaran beberapa sel darah putih secara cepat menuju ke cuilan infeksi untuk menahannya.





Perawatan radang mata biasanya dijalani secara spesifik, yaitu uveitis anterior, uveitis intermediate, uveitis posterior, uanuveitis uveitis. Ada juga yang harus menjalani perawatan lantaran radang mata termasuk penyakit uveitis infeksius atau infeksius. Uveitis sanggup saja terjadi lantaran serangan dari sistem kekebalan tubuh sendiri atau autoim. Juga sanggup disebabkan lantaran infeksi tumor, memar pada mata, dan racun. Gejala yang disebabkan radang diantaranya mata kabur atau penglihatan berkurang, nyeri, kepekaan cahaya, dan peningkatan floater.





Cara Mengobati Radang Mata Secara Alami






Selain perawatan medis untuk mengatasi penyakit radang mata, juga ada pengobatan tradisional dari herba alami. Nenek moyang kita telah banyak mempersiapkan banyak sekali ramuan herba, bahkan banyak juga obat-obatan medis yang terbuat dari herba alami. Salah satu cara mengobati radang mata secara alami dengan bunga Kembang Telang.










Kembang telang ketika ini masih banyak ditemukan sebagai tanaman berbunga biru yang terkadang dijadikan pagar. Tanaman ini juga sering disebut dengan nama tempat Bunga biru, Kembang teleng, bunga talang atau Bisi. Nama latin kembang telang disebut Clitoria Ternatea L, diluar negeri lebih dikenal dengan nama Asian pigeonwings. Bluebellvine, Blue pea, Butterfly pea, cordofan pea ataupun Darwin pea. Kembang telang yang paling banyak dibudidayakan berwarna biru dan putih.





Dalam pembuatan ramuan radang mata memakai kembang telang warna biru. Berikut cara mengobati radang mata secara alami dengan ramuan Kembang Telang:




  1. Ambil segenggam kembang telang warna biru yang masih segar, lalu dicuci bersih.
  2. Rendam bunga dengan air hangat beberapa menit sampai airnya berwarna biru. 
  3. Saring dan gunakan air rendaman untuk mencuci mata. 




Baca juga: 








Perlu diketahui, ada beberapa penyakit yang bekerjasama dengan uveitis atau radang mata. Diantaranya yaitu AIDS, Ankylosing spondylitis, infeksi herpes zoster, Psoriasis, artritis, radang sendi. Sarkoidosis, sipilis, tuberkulosis (TBC), dan Kolitis ulserativa. Uveitis sanggup mempengaruhi satu ataupun kedua mata sekaligus, dimana gejalanya sanggup berkembang dengan cepat. Sebaiknya kenali penyakit yang diderita, sehingga cara mengobati radang mata secara alami dilakukan secara bersamaan untuk menghindari kambuh kembali.





Referensi





  • Facts About Uveitis. Publish by The National Eye Institute (NEI) is part of the National Institutes of Health (NIH), August 2011.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel