: Pengaruh Samping Temulawak Bagi Kesehatan

Efek Samping Temulawak Bagi Kesehatan- Sahabat pecinta tanaman obat herbal tahukah anda dampak samping temulawak untuk kesehatan? Kali ini aku akan mengulas mengenai dampak samping penggunaan temulawak untuk kesehatan. Namun sebelumnnya kita bahas temulawak dan kandungan pada temulawak.










Temulawak mempunyai nama latin Curcuma xanthorrhiza. Di kawasan Jawa Barat, temulawak sering disebut sebagai Koneng Gede sedangkan di Madura disebut Temu Lobak. Tanama ini termasuk keluarga Zingiberaceae, bersama dengan jahe. Dalam penggunaanya, bab dari tanaman temulawak yang dipakai kebanyakan ialah bentuk rimpangnya. Bentuk rimpang ini sanggup  digunakan dalam bentuk rimpang segar, rimpang kering, atau rimpang yang sudah dibentuk serbuk. Temulawak merupakan salah satu dari sembilan obat unggulan Indonesia yang semenjak tahun 2003 mulai diteliti dan dikala ini sedang dalam proses penyelesaian uji klinik oleh Badan Pengawas Obat dan Makanan.





Temulawak mengandung kurkuminoid, mineral, minyak atsiri, serta minyak lemak. Selain itu temulawak juga mengandung zat gizi, karbohidrat, protein, lemak, serat kasar, dan mineral ibarat kalium, natrium, magnesium, zat besi, mangan, dan kadmium.


Temulawak banyak mempunyai khasiat dan manfaat untuk kesehatan, untuk lebih lengkapnya baca artikel mengenai Khasiat dan manfaat temulawak untuk kesehatan.





Nah sesudah membaca khasiat dan manfaat temulawak untuk kesehatan aku juga ingin membuatkan gosip mengenai dampak samping penggunaan temulawak untuk kesehatan.


Berikut beberapa dampak samping penggunaan temulawak untuk kesehatan







Efek yang tidak diinginkan belum pernah dilaporkan resiko terhadap kesehatan dan dampak samping sesudah penggunaan dalam takaran yang sempurna dari rimpang temulawak.


-     Bila dipakai secara berkepanjangan atau melebihi dosis, sanggup menjadikan gangguan lambung. Bila timbul gangguan, segera hentikan penggunaan.


-      Kontra indikasi : belum diketahui dengan niscaya adanya larangan penggunaan temulawak


-          Interaksi : belum diketahui adanya interaksi temulawak dengan obat-obatan atau bahan-bahan yang lain


-     Karena temulawak bekerja merangsang fungsi susukan empedu, maka tidak dianjurkan penggunaanya kalau ada penyumbatan susukan empedu dan kerikil empedu. Dalam hal penyumbatan kerikil empedu, penggunaanya hanya sesudah berkonsultasi dengan dokter atau di bawah pengawasan dokter.


-      Pemakaian temulawak bersama dengan tanaman lain yang mengandung kurkuminoid ibarat kunyit, perlu diperhitungkan dosisnya supaya tidak berlebihan.


-      Hati-hati memakai temulawak bersama dengan obat pengencer darah atau obat antikoagulan.







Semoga gosip mengenai dampak samping penggunaan temulawak ini bermanfaat bagi anda. Jangan lupa untuk like halaman fans page khasiat tanaman obat herbal untuk mendapat gosip khasiat tanaman obat herbal terbaru dan share artikel ini supaya lebih bermanfaat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel