: Apakah Benar Nanas Muda Penyebab Keguguran ???

Sahabat pecinta tanaman obat herbal apakah kalian pernah mendengar mitos di masyarakat bahwa buah nanas muda yang dikonsumsi oleh ibu hamil sanggup menggugurkan kandungan,  benarkah mitos tersebut ? Setelah mencari – cari warta mengenai mitos tersebut aku karenanya menerima  jurnal penelitian yang hasilnya sanggup dibentuk sebagai pola artikel pada kesempatan kali ini. Saya ingin mengembangkan warta mengenai apakah konsumsi nanas muda oleh ibu hamil sanggup menimbulkan keguguran ?.










Sebelumnya aku bahas buah nanas terlebih dahulu, selama ini  buah nanas muda dianggap sanggup mencegah kehamilan sehingga sering dipakai untuk mengatasi haid yang terlambat dan  berpotensi sebagai abortivum. Menurut Moore dan Caygill (1999), ekstrak buah nanas  muda banyak mengandung enzim bromelin. Aktivitas enzim bromelin dipengaruhi oleh  kematangan buah, pH,  konsentrasi dan waktu. Aktivitas bromelin buah nanas muda lebih tinggi daripada buah yang tua. Buah yang masak mengatakan pH 3,0-3,5  dan   pada suasana asam, enzim bromelin terdenaturasi dan mengalami perubahan konformasi struktur sehingga keaktifannya berkurang.





Berdasarkan multikhasiat dan kegemaran masyarakat luas terhadap buah nanas walaupun telah terbukti imbas negatif ekstrak buah nanas muda terhadap periode implantasi di awal kehamilan pada mencit (embriotoksik), maka diharapkan uji teratogenik untuk mengetahui kemungkinan terjadinya cacat bawaan pada fetus kalau ekstrak buah nanas muda  dikonsumsi induk selama  periode organogenesis


Fetus dalam kandungan dilindungi oleh plasenta dan  selaput ketuban, namun tidak terlepas dari  imbas jelek zat   yang dikonsumsi induk. Kecepatan zat  menembus barier plasenta tergantung besarnya molekul, kelarutan dalam lemak, dan derajat ionisasinya. 





Efek teratogenik yang paling lazim ialah abortus spontan, malformasi kongenital, perlambatan pertumbuhan janin dan perkembangan mental, karsinogenesis dan  mutagenesis. Malformasi kongenital atau cacat bawaan ialah kelainan struktur atau anatomi yang terdapat pada ketika lahir, kebanyakan disebabkan oleh  faktor genetik  dan   lingkungan atau  gabungan keduanya yang  terjadi selama perkembangan dalam rahim. Pemilihan materi masakan atau obat  untuk ibu  hamil hendaknya didasarkan atas keamanan bagi   ibu  dan   janin yang dikandungnya, meskipun efektivitasnya baik, namun kalau keamanannya belum diketahui lebih baik tidak diberikan





Berdasarkan hasil penelitian ternyata Ekstrak buah nanas muda yang  diberikan pada mencit bunting selama organogenesis sanggup mengubah penampilan reproduksi induk dan menjadikan imbas  terhadap fetus berupa kelainan  morfologi (kerdil) dan   hemoragi, kendala penulangan pada metakarpus dan metatarsus, serta malformasi costae, namun tidak menutup kemungkinan untuk terjadi janjkematian pada janin. Makara sanggup ditarik kesimpulan bahwa nanas muda harus dihindari untuk di konsumsi pada ibu hamil.





Nah semoga artikel ini bermanfaat bagi anda, jangan lupa untuk like dan share ya artikel mengenai mitos konsumsi  nanas muda menimbulkan keguguran pada ibu hamil ini biar lebih bermanfaat.










Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel