: Buah Alpukat (Persea Mericana Mill) Bikin Gemuk ? Temukan Faktanya Disini..

Di Indonesia  tanaman alpukat belum dibudidayakan dalam skala besar oleh para petani buah. Tanaman ini masih merupakan tumbuhan pekarangan, walaupun sanggup ditanam dan tumbuh di seluruh wilayah Indonesia, tempat sentral produksi alpukat masih terbatas di Pulau Jawa, Aceh, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Jambi, Bali, Sulawesi Selatan, Nusa Tenggara Timur, dan Nusa Tenggara Barat.










Buah Alpukat (Persea mericana Mill) merupakan famili flora lauraceae. Tanaman ini sering juga disebut  dengan nama absurd advocaat atau avocado pear. Tanaman alpukat berasal dari Amerika Tengah dan diperkirakan masuk ke Indonesia sekitar kurun ke-18.


Kandungan lemak yang terdapat pada buah alpukat sangat tinggi yaitu mencapai 14,66 g / 100 g, kandungan lemak alpukat bahkan 2 kali lipat dari durian. Hal ini yang menjadi banyak kekhawatiran terutama bagi kaum perempuan yang takut menjadi gemuk atau obesitas.















Pendapat yang menyebar di masyarakat bahwa alpukat ialah buah yang banyak mengandung lemak jahat alasannya itu tidak sehat, memang telah usang sekali beredar di masyarakat. Namun faktanya, alpukat memang mengandung lemak yang tinggi, tetapi biasanya terdapat dalam bentuk lemak yang tidak jenuh tunggal (monounsaturated fatty acids = MUFA). Asam lemak MUFA yang banyak terkandung dalam alpukat sesungguhnya ialah asam oleat (seperti asam lemak yang terkandung dalam almond dan minyak zaitun). Asam oleat merupakan asam lemak omega-9 yang berfungsi untuk menurunkan kadar kolesterol total dan LDL (kolesterol  jahat) dan sebaliknya meningkatkan HDL (kolesterol baik).



Penelitian lain yang dilakukan menyebutkan manfaat dan khasiat lain buah alpukat ternyata buah alpukat berguna sanggup mempercantik kulit alasannya mengandung vitamin A, C, E, niasin, asam pantotenat, zat besi, kalium, serta protein yang tidak biasanya terdapat dalam buah. Selain itu buah alpukat juga sanggup meningkatkan libido atau gairah seksual alasannya alpukat kaya akan mineral dan rendah natrium sehingga mendorong suasana basa yang terjadi dalam tubuh. Alpukat juga sanggup efektif melawan sel kanker menurut penelitian yang pernah dilakukan ekstrak alpukat mengandung karrotenoid dan tokoferol yang sanggup menghambat pertimbuhan dari kanker prostat.





Makara pendapat yang menyampaikan bahwa konsumsi buah alpukat sanggup mengakibatkan kegemukan atau obesitas hanyalah isapan jempol semata. Buah alpukat banyak mempunyai khasiat dan manfaat jadi tak perlu ragu untuk mengkonsumsinya. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel