6 Manfaat Gula Batu: Untuk Mengatasi Depresi, Penderita Diabetes, Sumber Energi Dll

Gula kerikil dijadikan sebagian orang sebagai pengganti gula pasir. Gula kerikil mempunyai bentuk menyerupai kristal dan keras.

Terdapat jenis gula kerikil yang berwarna putih higienis dan jenis gula kerikil yang berwarna kuning atau coklat.

Dalam setiap 5 gram gula kerikil mengandung sekitar 20 kalori dan 2% manfaat karbohidrat. Gula kerikil tidak mengandung lemak, kolesterol, serat, protein, zat besi dan kalsium.

 Gula kerikil dijadikan sebagian orang sebagai pengganti gula pasir 6 Manfaat Gula Batu: Untuk Mengatasi Depresi, Penderita Diabetes, Sumber Energi dll

Dengan begitu, gula kerikil hanya mempunyai kandungan kalori dan karbohidrat saja.

Manfaat gula batu

#1. Memberikan sumber energi
Gula kerikil bisa dimanfaatkan dikonsumsi untuk menawarkan enaga bagi tubuh. Gula kerikil yang mencair dengan minuman nantinya akan diserap oleh tubuh, supaya badan bisa menghasilkan energi yang sangat diharapkan dalam menjalankan kegiatan seharian.

Saat badan sedang lelah, Anda bisa mengunyah gula kerikil menyerupai halnya ketika makan permen. Hal ini banyak dilakukab oleh atlet yang bertanding di lapangan...

...tetapi hal ini bukan berarti Anda boleh hiperbola dalam menguyah gula batu, Anda hanya perlu melakukannya pada waktu tertenu saja, menyerupai ketika badan sedang lelah.

Sumber energi badan secara umum didapatkan dari masakan seperti:
  • Protein hewani, diantaranya daging, ikan, telur, susu, keju.
  • Protein nabati, diantaranya kacang-kacangan, tahu, tempe, gandum.
  • Lemak hewani, diantaranya keju, susu, daging, kuning telur.
  • Lemak nabati, diantaranya kelapa, kemiri, kacang-kacangan, buah alpukat.

#2. Baik untuk pankreas
Pankreas yaitu organ badan yang berfungsi untuk mendukung proses produksi insulin. Adapun zat insulin digunakan oleh darah untuk mengubah semua jenis gula yang masuk ke dalam badan menjadi sumber energi (tenaga).

Memilih konsumsi gula kerikil dinilai cukup baik, supaya lebih bisa terhindar dari penyakit diabetes, serta supaya badan tidak gampang lelah (tubuh bertenaga).

Beberapa masakan yang disarankan dikonsumsi untuk menyehatkan fungsi pankreas (seperti dilansir dari merdeka.com) yaitu: bawang putih, bayam, yogurt probiotik, cherry, brokoli dan ubi jalar.


#3. Cukup kondusif untuk penderita diabetes
Memang, ada banyak sekali penderita diabetes yang “takut” mengkonsumsi gula alasannya khawatir dengan kadar gula darah yang naik.

Disamping itu, penderita diabetes juga tetap membutuhkan asupan gula untuk menjaga keseimbangan kadar gula di dalam tubuh, yang nantinya diubah menjadi energi.

Gula kerikil dinilai cukup kondusif bagi penderita diabetes, alasannya tidak menawarkan reaksi hiperbola pada kadar insulin, sehingga tidak terlalu menghipnotis kadar gula dalam tubuh.

Walaupun begitu, bukan berarti boleh seenaknya menkonsumsi gula kerikil tanpa batas. Tetap anda harus secukupnya saja (tidak berlebihan) dalam konsumsi gula batu, apalagi jikalau sedang menderita dabetes.

Beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mengatasi diabetes yaitu:

Hindari rokok, alasannya rokok megandung banyak racun di dalamnya, yang zat-zat racun tersebut memicu timbulnya aneka macam macam penyakit, aalah satunya penyakit kencing manis.

Batasi konsumsi minuman berkarbonasi, alasannya mengandung bayak perhiasan buatan di dalamnya, yang menciptakan kadar gula di dalam darah naik drastis.

Batasi konsumsi gorengan, dimana gorengan dimasak memakai minyak kelapa atau minyak sayur. Dalam minyak tersebut terkandung banyak kolesterol, apalagi jikalau minyak digunakan berulang kali maka  berubah warnanya menjadi hitam, yang berbahaya bagi tubuh. Sebuah penelitian menerangkan bahwa makan gorengan terlalu sering memicu penyakit diabates.

Rajin olahraga, alasannya lemak di dalam badan terbakar ketika berolahraga. Malas berolahraga menimbulkan badan akan mengandung banyak lemak jahat, yang mengundang penyakit kencing manis.

Penderita dibates penting untuk menentukan masakan yang sehat, terutama konsumi sayuranseperti brotowali, pare dan buncis.

#4. Energi untuk kemampuan berifikir
Tanpa zat gula maka organ otak tidak bisa bekerja dengan baik. Ketika zat gula tidak bisa optimal mencapai otak, menimbulkan otak menjadi kehilangan kemampuan kerjanya (tidak befungsi maksimal).

Apabila pikiran sedang kacau dan sangat sulit untuk berkonsentrasi, mungkin saja Anda memerlukan pasokan zat gula ke otak.

Sehingga tidak jarang kita lihat, kebiasaan orang-orang ketika pagi hari, selain sarapan juga mengkonsumsi minuman cantik menyerupai kopi atau teh.

Beberapa masakan yang menjadi sumber energi bagi otak yaitu. Salmon, bluberry dan alpukat.

#5. Mengatasi Depresi
Rasa cemas, panik dan banyak pikiran bisa menimbulkan depresi yang parah. Gula kerikil menjadi pilihan yang cukup baik, dikonsumsi ketika jiwa dalam kondisi depresi.

Saa kondisi tersebut. Anda bisa mencoba mengunyah satu gula batu, dan pertahankan di pengecap sampai kesudahannya meleleh.

Nantinya, kandungan di dalam gula kerikil menciptakan badan merasa memperoleh energi baru, yang besar lengan berkuasa pada mood (suasana hati).

Zat di dalam gula kerikil mempunyai efek menenangkan dan menciptakan suasana hati menjadi lebih damai dan lebih santai, sehingga pikiran lebih adem.

loading...

#6. Mengatasi tekanan darah rendah
Terhambat atau terbatasnya jumlah darah yang mengalir ke otak dan organ vital lainnya, sanggup terjadi jikalau tekanan darah terlalu rendah, yang menimbulkan kepala terasa ringan dan pusing. Tubuh juga tidak stabil atau goyah, bahkan bisa kehilangan kesadaran.

Penyakit tekanan darah rendah menimbulkan badan menjadi terasa lemah, tidak bertenaga dan tidak bersemangat, sehingga produktifitas kegiatan sehari-hari menurun drasts.

Apabla mengalami kondisi Jika tekanan darah rendah, Anda bisa mencoba untuk mengkonsumsi gula batu. Gula kerikil nantinya berfungsi sebagai sumber energi tubuh, yang akan dibawa oleh darah ke semua penggalan organ tubuh.

Hal yang perlu dilakukan untuk mengatasi kondisi tekanan darah rendah, yatu minum air Putih
Yang cukup, alasannya salah satu penyebab tekanan darah rendah yaitu kehilangan cairan tubuh (kekurangan cairan).

Kemudian beberapa masakan yang disarankan dikonsumsi yaitu:
  1. Daging dan hati ayam (jangan berlebihan)
  2. Daging merah (Daging sapi, kambing dan kerbau)
  3. Telur
  4. Susu
  5. Ikan
  6. Makanan berserat
  7. Buah Stoberri
  8. Kurma
  9. Sayuran bayam

Perbandingan gula pasir, gula kerikil dan gula merah
Dilansir dari 7 Gaya Hidup Sehat yang Perlu Kamu Lakukan
  • 14 Tips Ampuh Membuat Tidur Lebih Sehat
  • 12 Bahaya Junk food Bagi Kesehatan [Cara Mengatasi Ketagihan Junk Food]


  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel