24 Cara Gampang Menumbuhkan Rasa Percaya Diri (Terutama Ketika Di Depan Banyak Orang)

Sebenarnya hal yang umum terjadi, menyerupai merasa gugup ketika akan presentasi di depan kelas, hal itu lantaran memang belum terbiasa... sehingga masih bisa dibilang “wajar-wajar saja”.

Yang tidak masuk akal yakni ketika TIDAK MENCOBA untuk mulai memperbaiki diri.

Hal ini bisa dibilang sebuah tantangan yang akan dijalani oleh semua orang, sehingga Anda tidak sendirian dalam duduk masalah ini.

Sebenarnya untuk menumbuhkan rasa percaya diri merupakan hal yang sederhana, dimana kita hanya menerapkan dan membiasakannnya dalam kehidupan sehari-hari.

 menyerupai merasa gugup ketika akan presentasi di depan kelas 24 Cara Praktis Menumbuhkan Rasa Percaya Diri (Terutama Saat di Depan Banyak Orang)

Cara menumbuhkan rasa percaya diri:

#1. Membiasakan diri tersenyum, bukan cemberut
Senyuman yang kita lakukan tidak hanya bermanfaat semoga yummy dilihat oleh orang lain, tetapi sanggup juga memperbaiki kondisi mood dan psikologis kita sendiri.

Tersenyum berafiliasi erat dengan perasaan positif, yang menciptakan dada akan semakin lapang, dan menumbuhkan rasa percaya diri, dan juga rasa kasih sayang terhadap sesama.

Para hebat menjelaskan bahwa tersenyum akan menciptakan badan melepaskan hormon endorphin yang menciptakan jiwa merasa lebih baik, yang menumbuhkan rasa nyaman di dalam diri.

Akan tetapi jangan hiperbola tersenyum (tersenyumlah seperlunya saja), lantaran dikhawatirkan malah menciptakan keadaan menjadi aneh, serta bisa menjadikan presepsi negatif dari orang lain.

Selain itu perlu diingat, tentunya kita tersenyum pada kondisi yang tepat, jangan hingga ketika kondisi yang tidak tepat, misalnya ketika sahabat mengalami peristiwa alam kecelakan maka bukan saatnya untuk senyum-senyum

Semua orang menyukai wajah yang tebiasa senyum sehingga suasana menjadi hangat. Senyum juga membawa kebahagiaan. Dengan begitu akan menambah rasa percaya diri.

#2. Kenali kelebihan & kemampuanmu
Semua orang bahwasanya diberkahi dengan bakat-bakat tertentu, sehingga kiprah semua orang yakni mengenali apa talenta yang dimilikinya, dan apa saja kelebihan yang dimiliki.

Mengetahui kelebihan atau secara umum kemampuan pada diri sendiri, yakni hal yang sangat penting dilakukan, lantaran hal ini bisa memacu percaya diri seseorang.

Dengan mengetahui talenta yang dimiliki, maka tinggal digali dan dikembangkan secara terus menerus. Sehingga nantinya Anda mempunyai skill khusus, yang menciptakan Anda tidak rendah diri di hadapan orang-orang.


#3. Gunakan gaya bicara yang biasa saja (natural)
Ketika “harus” berbicara di depan orang banyak, maka jangan melaksanakan hal-hal yang tidak perlu (dan aneh), menyerupai memakai bahasa yang terlalu tinggi, gunakannya bahasa yang standar saja...

...hanya yang perlu dijaga yakni jangan hingga keluar bahasa “kampungan” yang tidak cocok dikeluarkan ketika presentasi.

Hindari berbicara dengan mengunakan bahasa yang masih asing (dan sulit dipahami), yang malah menciptakan audiens menjadi tidak suka.

Sehingga, gunakan bahasa yang sesuai dengan passion Kamu saja (yaitu yang terbiasa Kamu ucapkan sehari-hari). Hanya yang perlu diperhatikan hindari bahasa yang tidak pantas diucapkan ketika kondisi tertentu.

Demikian juga dengan nada biacara, maka biarkan saja natural (apa adanya, menyerupai nada bicara Anda sehari-hari) sehingga tidak menciptakan Kamu merasa kaku ketika di depan banyak orang.

Hanya yang perlu dijaga yakni wibawa dalam berbicara, hal ini gampang dilakukan, yaitu dengan menghindari terlalu cepat dalam berbicara lantaran menciptakan orang kesulitan memahami perkataan Anda.

#4. Selalu berpikiran postif
Berpikiran positif yakni hal yang harus dilakukan, yang dilakukan dalam segala hal. Jangan merasa rendah diri, jangan juga suka berharap mendapatkan rasa kasihan serta simpati dari orang lain, lantaran hal ini malah menciptakan timbulnya perasaan negatif di dalam diri.

Pikiran-pikiran yang positif menciptakan hidup Anda semakin mudah. Dengan diselimuti pikiran-pikiran yang positif, maka jiwa menjadi semakin tenang.

Dengan begitu, Anda tidak perlu lagi mengisi waktu kehidupan dengan meratapi dan mengiba pada kemalangan nasib.

Agar gampang untuk berpikiran positif, maka milikilah sifar gampang bersyukur. Janganlah berfokus pada apa yang tidak dimiliki.

Cobalah mengingat, ada banyak hal baik yang menjadi milik Anda. Lalu coba bayangkan kalau hal baik tersebut tidak pernah terjadi pada Anda.

Dengan bersyukur di dalam kehidupan, maka sangat membantu untuk mempunyai pikiran positif. Pikiran positif yang dimiliki akan mendorong rasa percaya diri.

#5. Pilih teman-teman yang "men-support"
Teman-teman yang buruk sangat mungkin untuk “menularkan pikiran negatif”. Sehingga jangan tempatkan diri Anda di tengah para pengeluh.

Lebih baik, pilih teman-teman yang bisa secara positif memperlihatkan support dan semangat bagi diri Anda. Atau minimal teman-teman Anda yakni orang yang mempunyai abjad bagus, yang nantinya hal “bagus”  tersebut akan menular ke diri Anda.

Dengan begitu akan menciptakan Anda lebih bersemangat dan berenergi dalam menjalani hidup, yang hal ini mempengaruhi tingkat kepercayaan diri Anda.

#6. Hilangkan drama sinetron dalam kehidupan Anda
Punya sahabat yang 'beracun', ataupun punya sahabat yang menciptakan hidup Anda selalu penuh drama… maka tinggalkan saja mereka.

Berada terus bersama dengan orang-orang tersebut menciptakan masuknya racun pada pikiran Anda, yang akan merusak jiwa Anda.

Utamakan dalam menentukan teman-teman erat yakni orang-orang yang mempunyai sifat jujur apa adanya, jauh dari yang namanya kepura-puraan. Sehingga akan berdampak positif bagi diri Anda.

loading...

#7. Jangan pikirkan “standar” orang lain
Anda harus mempunyai prinsip dalam kehidupan. Anda sendiri hendaknya berpegang pada standar yang anda miliki.

Orang lain mempunyai nilai yang berbeda dengan anda, sekeras apa pun anda mencoba, anda tidak pernah bisa memuaskan semua orang.

Sehingga sebuah kesalahan kalau Anda “telalu” memikirkan apa kata orang. Masukan dari orang lain memang perlu, tetapi terima masukan yang baik dan positif saja bagi diri Anda. Adapun kalau hinaan dan cacian maka tidak perlu dihiraukan.

Dengan menjadi apa adanya, melaksanakan sesuatu yang sesuai dengan kemampuan diri sendri, maka akan menciptakan jiwa lebih nyaman, dan terhindar dari pikiran-pikiran yang memberatkan.

#8. Berpakaianlah yang rapi (walaupun tidak mewah)
Memang intinya pakaian tidak akan menciptakan seseorang menjadi lebih berkualitas, tetapi dengan berpakaian dengan rapi sanggup berdampak ke psikologis seseorang.

Ketika Anda merasa tidak terlihat manis dan rapi maka akan muncul perasaan (mood) yang jelek. Demikian juga orang yang memandang Anda.

Berpakaian yang manis dan rapi sanggup merubah cara Anda dalam membawa diri, yang menciptakan Anda lebih gampang dalam berinteraksi dengan orang lain.

Terkadang, rasa kurang diri disebabkan oleh penampilan. Sehingga cukup perlu memperbaiki penampilan untuk membangun rasa percaya diri Anda.

#9. Rutinlah berolahraga
Pikiran sehat bisa dipicu dengan mempunyai badan yang sehat. Dengan selalu berada dalam konfisi fit, menciptakan Anda mempunyai banyak energi positif.

Dengan berolahraga yang akan menciptakan badan menjadi sehat. Memiliki badan yang sehat akan meningkatkan kepercayaan diri Anda.

#10. Mulailah untuk ikut ambil bagian
Ketika melaksanakan rapat atau kerja kelompok, disitu Anda bersama dengan banyak orang (teman) di dalam satu perkumpulan, maka mulailah memperlihatkan banyak sekali pandangan gres atau masukan pada orang-orang di sekitar Anda.

Sehingga kita menjadi orang yang mempunyai manfaat bagi lingkungan sekitar, hal ini sangatlah baik. Selain itu juga melatih kepercayaan diri bahwa kau diharapkan oleh lingkunganmu.

Anda tinggal mempelajari kondisi, kemudian menyampaikan atau memperlihatkan masukan yang baik pada orang-orang disekitar. Hal ini akan membiasakan Anda dalam berbiaca di dalam sebuah majelis (perkumpulan).

Anda juga akan menjadi lebih percaya diri dalam mengutarakan pikiran yang ada di benak anda sendiri.

#11. Hilangkan banyak sekali pikiran yang negatif
Kurang percaya diri sanggup terjadi lantaran isi pikiran yang negatif. Beberapa pikiran negatif tersebut yang bisa ada pada orang-orang:
  1. Takut hiperbola dari ditolak
  2. Merasa diri sendiri tidak berharga
  3. Takut salah dengan apa yang akan dilakukan & dikatakan
  4. Takut direndahkan / diremehkan orang lain
  5. Merasa diri lebih rendah dari orang lain
  6. Merasa akan ditertawakan orang lain

Sebenarnya itu semua yakni pikiran negatif yang bisa menimpa banyak orang. Dan pikiran negatif menyerupai itu tidaklah perlu dimasukan ke dalam jiwa, lantaran tentunya tidak ada bergunanya sama sekali.

Pikiran negatif menyerupai itu malah menimbulkan krisis kepercayaan diri. Yang HARUS DILAKUKAN yakni menumbuhkan bertahap pikiran yang positif. Contohnya: Bahwa hal yang mutlak insan akan membutuhkan insan lainnya, sehingga hal yang absurd kalau seseorang bisa hingga sombong (karena dirinya niscaya membutuhkan orang lain).

Kemudian, ketahui bahwa penolakan yang dilakukan oleh orang lain kepada diri kita yakni hal yang lumrah, sehingga hal yang absurd bila kita terus memikirkan penolakan tersebut. Hal yang perlu dilakukan yakni terus berusaha semaksimal kemampuan.

Selain itu, kesalahan yakni bagaikan guru, yang menciptakan kita akan terus mencar ilmu dan melaksanakan perbaikan.

Hal lainnya, kalau kita ingin dihargai orang lain, tentunya kita juga harus menghargai orang lain.

Dengan menanamkan pikiran-pikiran yang baik maka akan berdampak baik juga bagi kehidupan Anda sehari-hari.


#12. Identifikasi SATU saja (tidak usah banyak-banyak) kelebihan Anda
Dalam kehidupan ini tidak lepas dari yang namanya persaingan. Dengan begitu, Anda perlu memikirkan  berbagai cara untuk meningkatkan kualitas diri Anda.

Hal ini semoga Anda bisa percaya diri untuk menghadapi persaingan tersebut, sehingga Anda perlu mengetahui apa kelebihan yang Anda miliki.

Cukup mempunyai satu kelebihan saja dalam cabang ilmu tertentu, sudah bisa untuk meningkatkan kepercayaan diri. Anda juga nantinya bisa fokus dan menjadi hebat di bidang yang Anda geluti.

Sebagai contoh, kalau Anda berada dalam persaingan dalam dunia social media marketing, maka Anda perlu kelebihan dalam bidang tersebut, misalnya mempunyai ilmu yang mendalam ihwal Facebook marketing.

#13. Rajin-rajinlah memaca buku
Hal itu lantaran buku yakni gudangnya ilmu, ada banyak ilmu di dalamnya. Dengan membaca buku, wawasan dan pengetahuan Anda akan meningkat. Hal ini akan menciptakan Anda lebih percaya diri.

Membiasakan diri membaca sanggup meningkatkan kualitas memori. Membaca membantu latihan otak secara maksimal daripada hanya menonton televisi atau mendengarkan radio.

Ada banyak sekali manfaat dari membaca buku, yaitu:

—Presiden administrator dari riset Haskins Laboratories, Ken Pugh, PhD menyampaikan bahwa kebiasaan membaca buku sanggup memacu otak untuk berpikir dan berkonsentrasi.

—Sebuah studi menyebutkan bahwa orang-orang yang gemar membaca buku telah dilaporkan mempunyai tingkat kreativitas yang lebih tinggi daripada orang-orang yang tidak atau kurang gemar membaca.

—Menurut penelitian yang dilakukan oleh New York University, menyebutkan bahwa membaca buku sanggup meningkatkan kemampuan seseorang untuk lebih memahami perasaan orang lain.  Sehingga membaca buku sanggup meningkatkan kualitas korelasi yang lebih baik dengan orang-orang disekitar.

Disarankan dalam membaca buku, untuk mancatat hal- hal penting sehingga Anda memperoleh manfaat lebih besar dari buku yang dibaca. Dan juga semoga tidak lupa dengan ilmu yang telah diperoleh.

Perkaya dirimu dengan banyak pengetahuan. Anda pun akan lebih percaya diri ketika berbicara di depan banyak orang.

#14. Lakukan persiapan sebaik mungkin
Jika Anda mengalami gugup ketika presentasi atau ketika maju ke depan kelas, maka kuncinya terletak di persiapan. Salah satu penyebab ketidakpercayadirian yakni kurangnya persiapan.

Sehingga penting untuk mempersiapkan semuanya, jangan menunda-nunda waktu. Dengan mempersiapkan materi atau materi dengan sebaik mungkin, menciptakan Anda bisa maju ke depan banyak orang dengan percaya diri lebih.

Persipkan semua materi materi yang dibutuhkan jauh-jauh hari... Selain itu, persiapkan diri untuk tampil di depan banyak orang, caranya: beberapa hari sebelum hari-H, Anda latihan presentasi sendiri beberapa kali (3 kali atau lebih) sehingga Anda akan merasa terbiasa.

Ingat, keberuntungan tidak akan tiba sembarangan. Ia hanya mau menghampiri orang yang sepenuh hati melaksanakan persiapan.

Sebenarnya, susah rasanya untuk mendapatkan rasa percaya diri kalau tidak mempersiapkan diri dengan baik.

#15. Tetapkan target kecil dahulu sebelum meraih target besar
Menetapkan target yang besar tidaklah salah. Namun, yang disarankan untuk menetapkan target yang kecil terlebih dahulu sebelum meraih target besar...

...karena umumnya sesudah seseorang berhasil meraih target yang diinginkannya (walaupun itu target kecil), tetapi ini sudah cukup untuk menciptakan percaya dirinya meningkat.

Sehingga dengan mempunyai banyak kesuksesan dalam mengejar target yang diinginkan akan menciptakan percaya diri semakin tinggi.

Adapun kalau membebani diri dengan target yang terlalu besar, biasanya akan menciptakan frustasi (karena target yang diinginkan tidak tercapai) dan juga menciptakan tingkat kepercayaan diri menurun.

Buatlah 1 pencapaian kecil saja dalam hari-hari Anda, supaya Anda tahu bahwa Anda mempunyai kemampuan yang luar biasa.

#16. Jangan suka membandingkan dengan diri dengan orang lain
Hal yang kurang dianjurkan yaitu membandingkan diri Anda dengan orang lain. Mengapa? Karena orang lain akan mempunyai kelebihan dibandingkan diri Anda sendiri, sehingga dikhawatirkan menghilangkan percaya diri Anda.

Solusinya? Yaitu membandingkan Anda dengan diri Anda sendiri sebelumnya. Perhatikan beberapa peningkatan yang Anda miliki dalam setahun sebelumnya.

Dengan fokus pada diri sendiri untuk meningkatkan kemampuan, jauh lebih baik daripada terus-terusan melihat kepada orang lain...

...maka dengan fokus untuk membangun diri membantu Anda lebih percaya diri dalam menjalani hidup.

Adapun melihat pada kelebihan orang lain, dilakukan hanya dalam rangka memotivasi diri, semoga dalam diri terpatri: “kalau ia bisa, kepana saya tidak?”.

Untuk bisa percaya diri, kau tidak perlu jadi sosok sempurna. Dirimu berharga dengan segala kelebihan dan kekurangannya

Supaya bisa terlihat berwibawa dan penuh percaya diri bukan berarti harus menjadi sosok yang sempurna.

Memang sih, wajah yang rupawan dan mempunyai kemampuan luar biasa, menciptakan rasa percaya diri muncul dengan sendirinya.

Namun, bahwasanya bukan kelebihan itulah yang menjadi kunci percaya diri mereka. Kepercayaan diri muncul lantaran adanya rasa mendapatkan dengan apa yang dimiliki, baik itu kelebihannya maupun kekurangannya...

...tidak membandingkan diri dengan orang lain lantaran tahu itu akan menurunkan rasa percaya diri mereka (ataupun diri sendiri). Dan prinsip inilah yang sangat baik untuk dipegang.

#17. Biasakan posisi badan tegap (bukan untuk sombong)
Biasakan semoga duduk dan berdiri dengan tegak, berjalanlah dengan tegap. Bahasa badan bisa “berbicara” banyak mengenai rasa percaya dirimu.

Dari bahasa badan saja, bahwasanya orang bisa “membaca” diri kita. Dengan membiasakan postur badan yang tegap, juga menciptakan jiwa ini bisa lebih percaya diri.

#18. Dalam berbiacara, tatap mata lawan bicara Anda
Jangan hingga kita berbicara pada orang lain sambil berpaling dari dirinya, hal ini tentu tidak sopan dan tidak menghargai orang lain.

Ketika berbicara tentunya perlu dilakukan kontak mata (menatap wajah) sehingga menciptakan suasana menjadi nyaman dan hangat. Selain kontak mata juga membantu menarik minat lawan bicara.

#19. Bersyukur
Mensyukuri apa yang dimiliki sanggup membangun rasa percaya diri Anda. Karena dengan bersyukur, Anda terhindar dari stres dan perasaan negatif lainnya.

Hal yang sangat jarang dipikirkan (direnungi) oleh banyak orang, seperti: bersyukur masih bisa makan hari ini (karena bisa saja flora tidak tumbuh ataupun gagal panen), bersyukur badan dalam kondisi sehat, bisa menghirup udara, mempunyai penghasilan yang cukup bahkan lebih dibandingkan kebanyakan orang, dll.

#20. Bicaralah dengan perlahan
Hal sederhana semoga anda terlihat atau menjadi lebih percaya diri yaitu bicara dengan perlahan, sehingga Anda akan tampak lebih berwibawa.

Adapun kalau terlalu banyak bicara, dan biacaranya ceplas-ceplos sudah barang tentu akan menciptakan diri Anda jatuh dipandangan orang lain.

Berbiacara dengan damai dan perlahan, jangan bicara terlalu cepat yang menciptakan lawan bicara kesulitan dalam menangkap, serta menciptakan anda akan merasa tidak yummy lantaran anda sadar telah bicara terlalu cepat.

Selain itu, dengan bicara perlahan (tidak terburu-buru) juga memberi diri sendiri kesempatan untuk memikirkan kalimat yang paling baik untuk dikeluarkan.

Berbicara perlahan juga memperlihatkan kepercayaan diri seseorang. Seseorang yang merasa tidak layak didengarkan akan berbicara dengan cepat, lantaran dirinya tidak mau menciptakan orang lain menunggu usang untuk hal-hal yang tidak layak didengarkan.

Ketika sedang presentasi, dengan berhentilah sesaat pada final sebuah kalimat, sangat baik semoga membantu orang lain mencerna apa yang anda katakan.

#21. Berkomunikasilah dengan orang-orang terdekat Anda
Jangan ragu untuk mengungkapkan kekhawatiran dan ketakutan yang anda alami dengan orang-orang terdekat anda.  Dengan melaksanakan hal ini, anda tidak hanya akan menerima pinjaman moral dari orang-orang terkasih, namun juga akan menerima masukan dari mereka.

#22. Bantulah orang lain
Dengan membantu orang lain, anda tidak hanya memupuk korelasi dan korelasi baik, namun juga bisa meningkatkan rasa percaya diri.

Bantuan tidak harus berupa materi atau uang, namun bisa dalam bentuk sederhana, menyerupai memperlihatkan simpati dan menjadi pendengar yang baik bagi orang lain yang sedang sedih.

#23. Ingat: "Tak Ada Hal Yang Sempurna"
Jangan pernah menjadi orang yang sempurna, lantaran memang tidak ada yang tepat di dunia ini.  Jangan khawatir ketika bnda mempunyai kekurangan dan pernah melaksanakan kesalahan-kesalahan.

Keinginan untuk menjadi tepat justru menciptakan diri sendiri tertekan, stress, dan berakibat pada turunnya rasa percaya diri.

Sebenarnya, salah satu ciri orang yang bijak yakni mendapatkan diri apa adanya (demikian juga dengan kekurangan orang lain).

#24. Membiasakan diri berdoa kepada Allah
Hidup di dunia tidak sanggup dipungkiri akan penuh kesedihan, perasaan bingung dan semacamnya akan terus menginti setiap waktu.

Sehingga, penting bagi orang yang beriman untuk berdoa hanya kepada Allah... pencipta langit, bumi dan semua makhluk.

Berdoa disarankan kalimatnya sesuai dengan yang diajarkan Nabi Muhammad Shalallahu alaihi wa salam. Jika tidak hafal, Anda bisa memakai bahasa Indonesia. Sering-seringlah berdoa, untuk mengadukan segala problematika hidup kepada pencipta langit dan bumi

Selain itu, sebelum melaksanakan sebuah hal maka ucapkan bismillah, contohnya: ketika mengambil dan meletakan buku maka ucapkan bismillah. Ini sebagai bentuk dzikir kepada Allah.

Dengan membiasakan mulut mengucapkan doa dan dzikir, maka akan memperlihatkan kekuatan di hati.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel