: Tahukah Anda Kangkung (Ipomoea Aquatica Forsk) Bikin Kantuk ?

Tanaman kangkung (Ipomoea aquatica Forsk) ialah jenis sayur yang sering dimasak menjadi aneka macam macam olahan salah satunya yang terkenal ialah Ca Kangkung. Tanaman kangkung banyak ditemukan di daerah Asia termasuk  Indonesia. Tanaman ini banyak dijual di pasar-pasar tradisional. Kangkung termasuk dalam famili Convolvulaceae, ada dua jenis dari kangkung yaitu kangkung dengan daun yang licin berbentuk anak panah dan daun sempit memanjang.










Kangkung banyak dibudidayakan oleh para petani sayuran namun ada juga kangkung liar yang di tumbuh di sawah-sawah, biasanya sering disebut dengan kangkung sawah atau kangkung air. Sebelumnya aku akan menjelaskan beberapa khasiat dan manfaat kangkung sebelum masuk ke topik utama apakah benar kangkung menjadikan kantuk.



Manfaat dan khasiat kangkung dari beberapa sumber menyebutkan bahwa :




1.Kangkung sanggup menetralkan racun yang ada dalam tubuh.




2. Kandungan kangkung yang kaya akan  vitamin A yaitu untuk menjaga kesehatan mata.




3. Vitamin B untuk membantu proses metabolism dalam tubuh.




4. Vitamin C untuk menjaga daya tahan tubuh.




5. Vitamin K yang mebantu dalam proses pebekuan darah.




6. Kangkung juga sebagai pemasok betakaroten yang merupakan salah satu zat antioksidan untuk menangkal radikal bebas.




7. Kangkung mengandung banyak serat yang berperan dalam mengikat asam empedu dan kolesterol yang dikeluarkan melaui feses.










Banyaknya mitos yang berkembang bahwa mengkonsumsi kangkung sanggup menjadikan kantuk, namun faktanya hingga kini belum sanggup dibuktikan secara ilmiah mengenai kebenaran mitos bahwa kangkung menjadikan kantuk, namun dalam beberapa sumber menyebutkan bahwa kangkung mengandung zat yang bersifat sedative atau penenang, sehingga orang yang mengkonsumsi kangkung merasa badan menjadi rileks dan merasa nyaman maka badan menjadi lebih gampang untuk istirahat.





Jadi jikalau ingin mengkonsumsi kangkung sebaiknya jangan terlalu banyak dan dimakan pada waktu malam hari. Sebaiknya pada waktu memasak sayur kangkung sebaiknya jangan terlalu usang alasannya diatas suhu 60° C kandungan gizi pada kangkung sanggup hilang. Mungkin sedikit gosip mengenai khasiat dan manfaat kangkung ini sanggup bermanfaat. Tolong di share artikel mengenai khasiat kangkung (Ipomoea aquatica Forsk) agar gosip ini sanggup bermanfaat bagi semua orang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel