12 Cara Mengatasi Rambut Rontok (Penyebab Rambut Rontok)

Rambut ialah hal yang dianggap penting dalam hal penampilan, bukan hanya oleh wanita. Masalah yang dikeluhkan tidak sedikit orang ialah duduk kasus rambut rontok.

Masalah kerontokan ini utamanya sangat dikhawatirkan oleh para wanita. Memiliki rambut indah, kuat dan sehat tentu menjadi keinginan.

Rambut merupakan mahkota kepala. Meskipun sepele, tetapi rambut rontok sanggup mengakibatkan rasa percaya diri menurun.

 Rambut ialah hal yang dianggap penting dalam hal penampilan 12 Cara Mengatasi Rambut Rontok (Penyebab Rambut Rontok)

Biasanya seseorang akan mengalami kerontokan sekitar 100 helai rambut per harinya. Kondisi ini bekerjsama normal...

...hal itu alasannya rambut mengalami tiga fase yaitu pertumbuhan, istirahat, dan kerontokan.

Kerontokan pada laki-laki biasanya berbentuk garis rambut yang bergeser naik, dan penipisan rambut di cuilan ubun-ubun dan samping kepala.

Pola kerontokan rambut pada perempuan biasanya menipis di cuilan atas kepala saja.

Penyebab rambut rontok
Penting kiranya untuk mengetahui penyebab rambut rontok, pribadi saja berikut di bawah ini:

#1. Jarang Keramas, menciptakan rambut jadi berminyak dan lembab, yang memicu kerontokan rambut.

#2. Gangguan Emosional, resiko kerontokan rambut sanggup meningkat pada seseorang yang merasa tertekan jiwanya, atau mengalami stres berlebihan.

Kondisi tertkean atau stres menciptakan otot syaraf yang ada di kepala menegang, yang sanggup mengakibatkan akar syaraf rambut melemah, sehingga terjadi kerontokan rambut yang parah.

#3. Gangguan Hormon, beberapa hormon memicu rambut rontok, yaitu Hormon Alopesia Androgenetik, Hormon Dihydro Testosterone (DHT), dan Hormon Alopesia Areata.

Kerontokan alasannya hormon umumnya merupakan penyakit keturunan, selain itu juga sanggup alasannya dalam kondisi tertentu, sepert masa kehamilan pada wanita.

#4. Pengaruh Gizi dan Vitamin. Asupan gizi dan vitamin yang kurang mengakibatkan rambut gampang rontok.

#5. Penggunaan Bahan Kimia. Perawatan rambut yang hiperbola dengan memakai materi kimia sanggup menciptakan rambut rontok. Pewarnaan rambut yang terlalu sering juga memicu kerusakan rambut.

Untuk itu, penting menteliti sebelum melaksanakan penggunaan zat kimia, pastikan kondusif dengan bertanya kepada hebat kesehatan rambut.

#6. Alat Penata Rambut. Untuk menunjang penampilan, kaum perempuan rela meluangkan waktu berjam-jam di salon.

Padahal perawatan dengan memakai alat pencatokan dan pengeritingan rambut sanggup berdampak jelek bagi rambut, berupa menciptakan akar rambut menjadi kering dan rambut rentan patah.

Alat keriting, berupa rambut dililitkan menciptakan akar rambut tertarik, yang menciptakan rambut menjadi pecah-pecah dan bercabang.

Penggunaan alat hair dryer atau pengering rambut yang terlalu sering, mengakibatkan rambut menjadi cepat kering dan menciptakan akar rambut patah.


#7. Efek Samping Obat. Dimana, ada beberapa obat yang memperlihatkan efek samping berupa rambut rontok, yaitu obat pengencer darah, obat kemoterapi, obat depresi dan kontrasepsi.

#8. Terlalu kencang meikat rambut, mengakibatkan akar rambut tertarik, sehingga menciptakan terjadinya kerontokan. Apabila memang ingin (terpaksa) mengikat rambut dengan kuat, usahakan tidak lebih dari dua jam.

#9. Penyakit kronis menyerupai lupus dan diabetes, dan kemoterapi berdampak secara menyeluruh pada kulit kepala, wajah, dan tubuh. Kemoterapi tidak bersifat permanen, yaitu rambut sanggup tumbuh normal kembali sesudah beberapa bulan berhenti kemoterapi.

#10. Kehamilan. Penyebab kerontokan rambut pada masa kehamilan terjadi secara alami, yang sanggup pulih kembali sesudah 3 bulan pasca melahirkan.

#12. Sinar Matahari Serta Polusi. Terlalu usang berada dibawah sinar matahari beresiko menurunnya kesehatan rambut, berupa berkurangnya keratin rambut. Keratin ialah protein yang ada di rambut, kuku dan gigi. Fungsi keratin untuk rambut yaitu menjaga kesehatan rambut biar tetap berkilau.

#13. Rokok mengadung zat adiktif yang merusak organ tubuh, menyerupai paru-paru, jantung dll. Rokok juga sangat besar lengan berkuasa terhadap kesuburan rambut. Penelitian yang diterbitkan di jurnal Archives of Dermatology, menyebutkan bahwa rokok sanggup merusak suplai darah ke folikel rambut.

Ramuan untuk mengatasi rambut rontok

#1. Minyak Zaitun (untuk menguatkan akar rambut)
Minyak zaitun mengandung minyak esensial yang bermanfaat untuk menguatkan akar rambut.

Balurkan minyak zaitun pada kulit kepala dan sepanjang rambut, kemudian diamkan saja selama 15 menit. Setelah itu gres dibilas dengan air hangat. Lakukan seminggu sekali.

Penting untuk memakai minyak zaitun murni, untuk itu perlu menteliti sebelum membeli minyak zaitun, hal itu alasannya di pasaran banyak juga produk minyak zaitun yang dicampur bahan-bahan lain (sehingga tidak murni).

#2. Santan
Penggunaan ramuan dengan materi santan untuk menguatkan rambut dan menciptakan berkilau.

Untuk menciptakan ramuannya, pertama-tama buatlah 1 liter santan, sesudah itu direbus hingga mendidihh, tapi jangan hingga pecah.

Lalu gunakan pada rambut sambil dipijat-pijat (sebelumnya rambut dibersihkan). Diamkan sebentar, kemudian basuh rambut memakai air bersih.

Perawatan memakai ramuan santan ini, bisarankan dilakukan sebanyak dua kali dalam sebulan.

Setelah memakai ramuan santan, hasil yang diperoleh yaitu rambut kau terasa licin dan berkilau.

loading...

#3. Bawang Merah
Pemanfaatan materi bawang merah ini, utamanya untuk memperlancar sirkulasi darah di kulit kepala

Untuk menciptakan ramuannya, pertama-tama ambil beberapa butir bawang merah, parut, kemudian berikan sedikit air.

Setelah itu, saring parutan bawang merah tadi, kemudian oleskan pada kulit kepala.

Setelah selesai mengoleskan, biarkan selama 15 menit, sesudah itu bersihkan ramut memakai ar bersih, kemudian keramas.

Bawang merah mengandung minyak atsiri yang berfungsi sebagai anti bakteri, yang mencegah kerusakan rambut dan rambut rontok.

#4. Lidah Buaya (untuk menyuburkan rambut)
Selain mencegah rambut rontok, pengecap buaya juga bermanfaat untuk menyuburkan rambut, dimana ini penting guna meggantikan banyak rambut yang sudah rontok.

Untuk penggunannya, pertama-tama ambilah gel atau lendir pengecap buaya. Setelah itu, oleskan pada rambut mulai dari kult kepala hingga ujung rambut.

Setelah selesai, diamkan beberapa ketika (5-10 ment), sesudah itu bilas memakai air higienis (air mengalir).

Penggunaan materi alami pengecap buaya ini, sanggup dlakukan sebanyak dua kali dalam seminggu.

#5. Campuran teh hijau & daun seledri
Beberapa yang perlu dipersiapkan:
  1. Handuk kecil higienis 1 buah.
  2. Teh Hijau dan daun seledri yang diseduh
  3. Mentium dan lemon yang direndam dengan air hangat.

Siapkan bahan-bahan tersebut, sesudah semua disiapkan, ambillah 1 handuk kecil higienis kemudian rendam handuk itu ke dalam air hangat yang berisikan mentium dan lemon selama 4-5 menit.

Lalu peras handuk tersebut, sesudah itu tutuplah kepada memakai handuk, biarkan selama 10 menit.

Dalam kondisi ini, kondisikan biar tubuh dan pikiran merasa damai (rileks), hindari strees.

Setelah 10 menit tersebut, kemudian teteskan teh hijau dan selendri secara sedikit demi sedikit ke kulit kepala, sembari juga memijat kulit kepala biar tetesan menyerap dengna baik ke kulit kepala.

Terakhir, bilas rambut dengan air hingga bersih.


#6. Minyak Kemiri
Minyak kemri sering dipakai untuk mengatasi rambut rontok pada jaman dahulu hingga sekarang. Di masa kini, cukup gampang untuk memperoleh minyak kemiri, banyak ditemui di toko-toko obat herbal.

Untuk penggunaanya cukup mudah, dengan meneteskan beberapa tetes minyak kemiri ketelapak tangan, kemudian usapkan ke seluruh rambut (hingga juga pada akar rambut), lakukan secara secara merata.

Setelah itu, diamkan saja selama 1 jam, sanggup sambil memperlihatkan pijatan secara perlahan pada kulit kepala.

Setelah 1 jam tersebut, maka gres membersihkan rambut menggunaka air bersih, disarankan untuk melaksanakan shampo.

#7. Jeruk Nipis
Jeruk nipis mengandung vitamin C yang baik untuk kesehatan rambut, selain itu juga sanggup dipercaya untuk mengatasi duduk kasus rambut rontok.

Untuk menggunakannya, pertama-tama potong jeruk nipis menjadi beberapa bagian, sesudah itu gosok-gosokan potongan jeruk nipis ke rambut.

Setelah itu, diamkan selama 10-15 menit, kemudian bilas rambut memakai air hingga bersih.

Beberapa hal yang harus dilakukan untuk mengatasi rambut rontok
Selain memakai salah satu jenis ramuan yang disebutkan diatas, penting untuk memperhatikan beberapa hal, yaitu:

#8. Terapkan gaya hidup sehat
Tubuh yang sehat akan memperlihatkan dampak yang baik juga pada rambut. Sehingga penting memperhatikan gaya hidup sehat.

Selain juga merawat rambut dengan baik, juga perlu memulai menerapkan gaya hidup sehat, menyerupai melaksanakan olahraga yang ringan (jongging, bersepeda, dsb).

Lalu pentng untuk mengkonsumsi masakan yang bernutrisi tinggi dan kaya akan kandungan protein.

Tahukah kamu, bahwa rambut terbuat dari protein? Untuk itu, mutlak bagi Anda untuk mengkonsumsi sayur-sayuran dan buah-buahan.

Terutama sayur ataupun buah yang mengandung vitamin B, zat besi, kalsium dan mineral seng. Terakhir, penuhi kebutuhan minum air puth yang cukup.

#9. Melakukan teknik pemijatan
Melakukan pemijatan akan membantu merangsang sirkulasi darah dan  membantu menjaga folikel rambut biar tetap aktif.

Dlansir dari 6 Aktifitas Pagi Hari Yang Menyehatkan Tubuh & Pikiran
  • 12 Bahaya Junk food Bagi Kesehatan [Cara Mengatasi Ketagihan Junk Food]
  • 10 Tips Mandi yang Baik, Sehat dan Menyenangkan
  • 16 Tips Ampuh Tidur Cepat Di Malam Hari


  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel