16 Cara Efektif Menurunkan Gula Darah Hingga Normal

Secara medis, gagalnya pengaturan gula darah ialah penyebab utama penyakit diabetes melitus.

Walaupun memang, tubuh insan memerlukan gula darah untuk dijadikan energi. Dimana tubuh memerlukan glukosa untuk memenuhi kebutuhan energi tubuh, yang nantinya menjadi tenaga untuk menjalankan kegiatan sehari-hari.

Akan tetapi, kondisi kadar glukosa dalam darah yang terlalu tinggi, maka tubuh tidak bisa memproduksi cukup insulin, sehingga gula darah ini menjadi racun bagi tubuh.

 gagalnya pengaturan gula darah ialah penyebab utama penyakit diabetes melitus 16 Cara Efektif Menurunkan Gula Darah Sampai Normal

Jika kadar gula darah dalam tubuh dalam kondisi tinggi, adakah obat untuk menurunkannya? Tentunya ada. Akan tetapi dalam memakai obatnya harus berkonsultasi dengan dokter, guna mendapat resep obat yang tepat.

Selain itu, ada beberapa hal bisa dilakukan untuk menurunkan gula dalam darah hingga alhasil menjadi normal lagi kondisinya.

#Lakukan diet rendah karbohidrat, hal ni sangat sangat penting. Dengan membatasi asupan masakan tinggi karbohidrat, mempunyai kegunaan untuk mengurangi asupan glukosa dalam tubuh (ke tahap normal).

Terdapat beberapa masakan pengganti karbohidrat yang bisa membantu mengontrol kafar gula darah, yaitu sereal, kacang kedelai, dan roti. Makanan tersebut bisa sesekali menjadi pengganti masakan nasi.

#Nutrisi yang bergizi dan seimbang, sangat penting untuk mengendalikan kadar gula darah. Mengatur teladan makan yang baik biar kondisi gula darah tetap normal.

Seperti minum aneka jus sehat ibarat jus buah semangka, tomat, apel hijau, bit, makan pare dan makan sayuran-sayuran yang menyehatkan. Makan roti gandum juga disarankan alasannya mempunyai serat yang cukup banyak.

#Giat berolahraga. Semakin tubuh rajin dibentuk bergerak, ibarat melaksanakan olahraga jogging, bersepeda, atau hanya sekedar jalan santai, maka sudah ampuh untuk aben gula darah di dalam tubuh.

Untuk berolahraga Anda tidak diwajibkan pergi ke gym (pusat kebugaran). Dengan melaksanakan olahraga sederhana bahkan ringan saja, itu sudah bisa memperlihatkan manfaat besar.

Olahraga yang dilakukan akan mengubah gula menjadi energi, yang juga menciptakan tubuh lebih bugar.


#Tidur yang cukup. Ada banyak penelitian kesehatan yang menyebutkan bahwa kurang tidur berakibat pada meningkatkan kadar gula darah. Untuk itu, usahakan Anda tidur pada malam hari minimalnya 6 jam.

#Jaga berat badan. Karena kegemukan menjadi momok yang mengundang banyak sekali macam penyakit menyerang tubuh. Kondisi tubuh yang gemuk alasannya banyak glukosa yang ternyata tidak digunakan...

...hal ini tentunya tidak baik, dimana glukosa perlu dipakai (dibakar) dengan cara melaksanakan kegiatan fisik.

Jika tidak, akan menimbun jadi lemak. Untuk itu, penting menjaga “keidealan” berat tubuh (maksudnya tidak terlalu gemuk dan tidak terlalu kurus).

#Membeli alat cek kadar gula darah, sebagai alat monitor gula darah. Dengan menggunakannya, memudahkan Anda untuk mengontrol kadar gula darah, yang akan selalu terpantau, dan sanggup mengetahui dengan cepat kalau ada masalah.

Dengan memonitor gula darah Anda, tentu Anda mengetahui hasil dari kadar gula darah secara cepat. Apabila hasilnya tinggi, maka ada yang salah, segera rubah teladan hidup, terutama mulailah rutin berolahraga hingga mengeluarkan keringat.

#Kurangi konsumsi gula, mengurangi asupan gula ialah hal super penting dalam mengurangi gula darah dalam tubuh. Anda boleh mengonsumsi, akan tetapi harus dibatasi konsumsi gula.

Utamakan minum air putih dibandingkan minuman manis, dan kalau ingin konsumsi gula maka pilih gula yang mempunyai kadar glukosa rendah.

#Diet tinggi protein, juga efektif dalam mengatasi kelebihan kadar gula darah. Dilansir dari klikdokter.com, beberapa masakan kaya protein yang disarankan dikonsumsi:

–Yang pertama ialah ikan, ikan kaya akan protein dan mempunyai kadar lemak yang rendah.

–Yang kedua ialah telur, walaupun tinggi kolesterol, namun konsumsi 1 butir telur per hari masih dianggap aman

–Yang ketiga ialah kedelai. Dimana tofu, tahu dan tempe merupakan sumber protein nabati yang sangat baik.

–Yang keempa ialah kacang-kacangan, menkonsumsinya sanggup membantu Anda merasa lebih kenyang dan rasa kenyang lebih tahan lama, konsumsi kacang-kacangan juga membantu menurunkan kolesterol.

loading...

#Jangan melewatkan jam makan, alasannya justru bisa menciptakan kadar gula darah akan cenderung meningkat. Hal ini terjadi alasannya dikala tubuh kelaparan, maka materi bakar tubuh yang akan dipakai ialah glukosa yang dilepaskan dari hati...

...dimana hal ini kalau lama-kelamaan terjadi sanggup memicu meningkatnya gula darah.

#Konsumsi karbohidrat sehat. Karbohidrat gotong royong merupakan unsur masakan yang penting untuk kesehatan tubuh. Akan tetapi, pilihlah asupan karbohidrat yang sehat, pilih masakan dengan bijak...

...hindari (batasi) konsumsi masakan ibarat roti tawar putih, alasannya mengandung karbohidrat kompleks yang memperlambat perembesan glukosa.

Dilansir dari vemale.com, terdapat beberapa masakan karbohidrat yang lebih sehat dari nasi:

–Yang pertama ialah ubi Jalar. Pihak dari Asosiasi Nutrisionis di Amerika Serikat, menentukan ubi jalar sebagai masakan paling bernutrisi dalam kelompok sayur-sayuran.

Karbohidrat dalam ubi jalar tidak mengakibatkan meningkatkan gula darah secara signifikan, alasannya mempunyai kadar GI rendah yaitu 54. Ubi gampang dicerna, kandungan seratnya yang tinggi mencegah sembelit.

–Yang kedua ialah talas, kandungan utamar dalam talas ialah karbohidrat dan protein. Talas tidak berefek pada peningkatan gula darah, alasannya mempunyai GI yang rendah yaitu 54.

–Yang ketiga ialah kentang, yang memliki lebih banyak variasi nutrisi dan serat dengan kalori yang lebih kecil. Akan tetapi cara mengolah kentang yang salah justru berakibat pada kandungan gizi kentang yang menurun drastis.

Tidak disarankan untuk konsumsi kenang dengan cara digoreng, konsumsilah kentang dengan cara direbus, alasannya ini yang paling sehat.

–Yang keempat dan seterusnya ialah Jagung, gembili dan buah sukun.

#Jangan lupa makan kacang-kacangan, hal itu alasannya kacang-kacangan ialah masakan tinggi serat yang membutuhkan waktu lebih usang untuk dicerna...

...hal ini cukup baik alasannya masakan ini akan membutuhkan waktu lebih usang untuk melepaskan glukosa (sehingga glukosa tidak hiperbola dilepaskan tubuh).

Di sisi lain, kacang juga merupakan sumber lemak tak jenuh, yang tidak meningkatkan kadar gula darah.


#Konsumsi bawang putih. Bawang putih telah dipakai semenjak usang untuk menurunkan kadar kolesterol dan menurunkan kadar gula dalam darah. Pada sebuah studi yang dilakukan kepada seekor tikus dan kelinci..

...menunjukkan hasil bahwa ekstrak bawang putih sanggup menurunkan kadar gula darah. Ekstrak bawang putih berefek pada meningkatnya jumlah insulin bagi penderita kadar gula tinggi.

Walaupun bwang putih mengakibatkan amis nafas yang tidak sedap, tetapi bawang putih merupakan bumbu masakan yang sangat baik untuk mengelola kadar gula darah anda.

#Konsumsi buah alpukat. Asam lemak tak jenuh merupakan komponen penting dari mengelola kadar gula darah. Asam lemak tak jenuh terkandung dalam beberapa alpukat, biji-bijian, buah zaitun, rami, dan minyak zaitun.

Buah alpukat terbukti bisa menurunkan risiko sindrom metabolik. Alpukat juga meningkatkan perasaan kepuasan sehabis makan, dan berdampak yang sehat pada tekanan darah dan peradangan yng dialami.

#Menghindari stres. Kevin Pantalone, DO, staf hebat endokrinologi di Cleveland Clinic, mengatakan: “Stres sanggup meningkatkan kadar hormon dalam tubuh, terutama kortisol, yang sanggup menciptakan gula darah naik.”

Pelepasan hormon ialah belahan dari respon tubuh untuk mengambil tindakan dari duduk masalah yang muncul. Kortisol dan hormon lainnya melepaskan gelombang energi dalam bentuk glukosa (gula).

Aliran glukosa gotong royong bukan duduk masalah kalau respon insulin tubuh bekerja dengan baik.

Akan tetapi menjadi duduk masalah dikala tubuh tidak bisa memindah glukosa secara maksimal ke sel-sel belahan tubuh, sehingga berakibat pada penumpukan gula dalam anutan darah.

 “Stres bisa menciptakan gula darah saya naik lebih cepat daripada kalau saya makan cheese steak dan kentang goreng,” ujar Buffington, seseorang yang pernah terkena duduk masalah gula darah.

“Stres menciptakan pengelolaan kadar gula darah menjadi lebih sulit,” kata Pantalone.

Dengan begitu, hindarilah stres dan depresi, beberapa kiatnya:
  1. Mulai rajn berolahraga
  2. Mencukupi kebutuhan cairan tubuh (minum air putih yang cukup),
  3. Berbicara dengan oang yang dicintai
  4. Membeli aromaerapi untuk dicium baunya
  5. Tidur yang cukup pada malam hari
  6. Berpikir positif

#Rutinlah memeriksakan diri ke dokter, untuk mengecek kadar gula dalam darah. Lakukan investigasi cek darah, paling tidak selama 6 bulan sekali.

#Boleh-boleh saja memakai obat, akan tetapi jangan terlalu bergantung pada obat, alasannya obat mempunyai kandungan kimia yang bisa berdampak jelek untuk kesehatan secara umum. Jika tidak darurat, maka jangan terlalu bergantung pada obat.

Adakah embel-embel penurun kadar gula darah?
Beberapa penelitian memperlihatkan embel-embel yang mengandung zat mineral seng terbukti bisa menurunkan kadar gula darah.

Apabila sulit menemukan suplemennya, bisa menggantinya dengan ayam dan sarden, alasannya kedua jenis masakan ini mempunyai kandungan mineral seng yang cukup tinggi.

Kayu cantik dan teh hijau juga diyakini bisa menurunkan kadar gula darah dalam tubuh.

Kayu cantik juga terbukti membantu menurunkan kadar gula darah pada penderita diabetes.

Untuk minum teh hijau, disarankan tanpa gula. Adapun konsumsi kayu manis, maka perlu mengubahnya menjadi kapsul terlebih dahulu (dijual dalam bentuk produk).

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel