Tahukah Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Anda ?

Siapa yang tak kenal Jeruk Nipis ? Bagi penggemar kuliner dan minuman yang asam-asam, tampaknya jeruk nipis harus selalu tersedia, sensasinya yang asam dan menyegarkan akan menambah selera dan menciptakan Anda menjadi lebih bersemangat.


 Bagi penggemar kuliner dan minuman yang asam Tahukah Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kesehatan Anda ?

Gambar Jeruk Nipis




Jeruk Nipis ( Citrus Aurantifolia ) dikenal dengan banyak sekali nama tempat menyerupai Jeruk pecel ( Jawa ), Limau asam ( Sunda ). Tanaman ini merupakan jenis perdu, tinggi 3,5 m. Batang berkayu, bulat, berduri, warna putih kehijauan. Daun majemuk, elip atau bundar telur, pangkal membulat, ujung tumpul, tepi beringgit, panjang 2,5-9 cm, lebar 2-5 cm, pertulangan menyirip, warna hijau. Bunga beragam atau tunggal, diameter 1,5-2,5 cm, mahkota 4-5, bundar telur atau lanset, warna putih. Buah buni, diameter 3,5-5 cm, buah muda berwarna hijau dan sehabis renta menjelma warna kuning. Bagian yang dimanfaatkan ialah buahnya.

Kandungan Kimia : Minyak atsiri, vitamin C, asam sitrat.


Khasiat dan Efek Farmakologi 



  • Sebagai Obat batuk
  • Menambah stamina dan semangat.
  • Mengatasi haid tidak teratur.
  • Melangsingkan badan.


Cara Pemakaian



  • Untuk Obat yang diminum : Peras 1-2 buah jeruk nipis. Perasaan ini sanggup dipakai tersendiri atau dicampur dengan materi yang lain.
  • Untuk Pemakaian Luar : Aduk air nipis dengan materi yang lain untuk dikompreskan atau dibalurkan ke tubuh yang sakit, menyerupai demam pada anak-anak, sakit perut, diare, sakit gigi, nyeri haid, kepala pusing, rematik, bisul (acne), terkilir. Air jeruk nipis juga sanggup dipakai sebagai obat kumur pada penderita sakit tenggorokan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel