24 Tanda-Tanda Penyakit Ginjal: Sering Kram, Gatal, Nyeri Dll

Ginjal yaitu dua buah organ yang berada di kedua sisi badan cuilan belakang atas, tepatnya di bawah tulang rusuk manusia.

Ketika organ ginjal mengalami gangguan (sehingga fungsinya tidak bekerja dengan baik), sisa-sisa metabolisme badan dan cairan berlebih bisa tertimbun di dalam tubuh...

...hal ini mengakibatkan pembengkakan di pergelangan kaki, badan merasa mual bahkan muntah-muntah, badan merasa lemas, sampai sesak napas.

Ginjal umumnya sebesar kepalan tangan orang dewasa, fungsi ginjal yaitu:
  1. Menjaga keseimbangan kadar garam dan mineral di dalam tubuh.
  2. Menyaring ampas metabolisme badan dan cairan berlebih dari darah.
  3. Menghasilkan renin, yaitu enzim yang berfungsi untuk membantu mengatur tekanan darah.
  4. Menghasilkan senyawa aktif dari vitamin D, berfungsi untuk menjaga kesehatan tulang.
  5. Menghasilkan senyawa eritropoetin, yang berfungsi untuk menstimulasi produksi sel darah merah.
  6. Mengatur kadar senyawa kimia yang fungsinya untuk menjaga fungsi jantung dan otot-otot tubuh.

 Ginjal yaitu dua buah organ yang berada di kedua sisi badan cuilan belakang atas 24 Gejala Penyakit Ginjal: Sering Kram, Gatal, Nyeri dll

Penyakit ginjal akut merupakan sebuah kondisi ogan ginjal secara tiba-tiba berhenti berfungsi. Hal ini beresiko menciptakan organ lain terpengaruh dan juga tidak bisa bekerja dengan baik.

Gejala yang umum dari penyakit ginjal akut, ibarat mual, muntah, dehidrasi, sakit perut, nyeri pinggang belakang, hiperpensi, sering kebingungan, dll.

Mendeteksi secara dini penyakit ginjal sangat penting, hal ini nantinya biar penyakit lebih gampang diatasi. Saat sudah kronis, penyakit ginjal sulit disembuhkan.

Berikut di bawah ini tanda-tanda penyakit ginjal:

#1. Sulit Bernafas
Penyebab penderita ginjal sulit bernafas lantaran terjadi penumpukan cairan di dalam tubuh. Ginjal berfungsi untuk membuang cairan sisa metabolisme berupa urin. Karena fungsi ginjal terganggu, cairan hasil sisa metabolisme menjadi tidak keluar seluruhnya...

...hal ini menciptakan cairan tersebut menumpuk di dalam tubuh. Penumpukan cairan di paru-paru mengakibatkan penderita penyakit ginjal sulit bernafas.

Dimana organ paru-paru yang seharusnya berisi udara, tetapi pada penderita ginjal justru paru-paru sebagiannya berisi cairan sisa metabolisme.

#2. Sering Kram
Penderita ginjal sanggup mengalami tanda-tanda berupa kram otot. Hal ini lantaran terjadinya penumpukan cairan di dalam tubuh, yang kemudian mengakibatkan otot-otot atau syaraf di dalam badan bereaksi...

...yang salah satunya berupa rasa kram pada cuilan tubuh, bahkan bisa terasa cukup parah.


#3. Mengalami rasa gatal
Fungsi ginjal yang sudah tidak bisa berfungsi dengan baik, mengakibatkan terjadinya penumpukan kotoran hasil dari sisa metabolisme tubuh. Yang kemudian, mengakibatkan rasa sangat gatal.

Rasa gatal lantaran hal tersebut, bukanlah gatal yang masuk akal ibarat kena ulat. Jika gatal lantaran terkena ulat maka bisa hilang dengan mudah, sedangkan gatal akhir penyakit ginjal bisa terus ada pada setiap harinya.

Ciri lain dari gatal lantaran penyakit ginjal, yaitu gatal tersebut akan gampang berdarah jikalau digaruk, walaupun dengan garukan yang ringan saja.

Rasa gatal bisa muncul di seluruh tubuh, adapun pada perempuan seringnya rasa gatal muncul di cuilan tangan, pergelangan tangan dan kaki.

#4. Tekanan Darah Tinggi
Radang ginjal bisa mengakibatkan timbulnya terkena darah tinggi. Apabla sebelumnya seseorang belum pernah mempunyai riwayat darah tinggi, tetapi kemudian tiba-tiba terkena tekanan darah tinggi, ini bisa menjadi potensi tanda-tanda sakit ginjal.

Gejala berupa tekanan darah tinggi terjadi lantaran adanya penyempitan pembuluh darah pada penderita ginjal, yang juga mempunyai komplikasi penyakit diabetes.

#5. Nafas pendek-pendek
Normalnya insan menghirup dan mengeluarkan udara di dalam tubuhnya dalam jangka waktu 3-4 detik.

Adapun bagi penderita ginjal, berpotensi mengalami lebih singkat menghirup dan mengelurakan udara (kurang dari 3 detik).

#6. Sakit Di Sekitar Pinggang
Penterita penyakit ginjal bisa mengalami sakit pinggang walalupun tidak beraktivitas berat, atau yang memakai otot. Gejala penyakit ginjal yang satu ini sudah sering dibahas di lembaga kesehatan.

Sayangnya, banyak masyarakat yang belum tahu cara membedakan sakit pinggang yang disebabkan oleh penyakit ginjal dan yang merupakan sakit pinggang biasa.

Penyebab tanda-tanda sakit di pinggang lantaran penyakit ginjal, dimana munculnya rasa nyeri lantaran kerikil ginjal yang terjebak di jalan masuk kemih (ureter). Batu ginjal itulah yang mengakibatkan rasa sakit / nyeri di pinggang.

Apabila ukuran kerikil ginjal semakin membesar, maka rasa nyeri di pinggang akan semakin sering terasa.

Dilansir dari 7 Gaya Hidup Sehat yang Perlu Kamu Lakukan
  • 15 Bahaya Konsumsi Makanan Terlalu Asin (Tips Menghindarinya)
  • Inilah 23 Manfaat Latihan Fisik Secara Teratur!


  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel