15 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan, Kecantikan, Mengatasi Maag, Diabetes Dll

Gula aren ialah salah satu jenis gula alami yang dibentuk memakai materi alami dari buah aren.

Gula aren menjadi salah satu konsumsi favorit dari masyarakat Indonesia, dan menjadi materi dasar dalam pembuatan jenis masakan dan minuman di Indonesia.

Gula aren selama ini dikenal sebagai aksesori alami lantaran memang berasal dari materi alami dan kondusif dikonsumsi oleh tubuh.

 Gula aren ialah salah satu jenis gula alami yang dibentuk memakai materi alami dari bua 15 Manfaat Gula Aren Bagi Kesehatan, Kecantikan, Mengatasi Maag, Diabetes dll

Kandungan yang terdapat di dalam gula aren mempunyai beberapa tambahan nutrisi penting bagi tubuh.

Gula aren mempunyai rasa yang manis dan legit. Gula aren rendah kalori sehingga tidak mengakibatkan obesitas.

Manfaat gula aren

#1. Untuk Maag
Maag merupakan sebuah tanda-tanda yang terjadi di penggalan lambung, dimana kondisinya lambung mengalami luka pada dinding lambung.

Yang menjadi penyebab utamanya lantaran gaya hidup yang kurang baik, sepert hiperbola dalam konsumsi lada, ataupun konsumsi masakan yang terlalu asam.

Penyebab lainnya lantaran basil berjulukan H.pylori yang menggrogoti dinding lambung, yang kalau dibiarkan bisa berbahaya bagi kesehatan organ lambung.

Konsumsi gula aren ternyata dipercaya bisa mengatasi penyakit maag, hal itu lantaran kandungan menyerupai makro dan mikronutrien.

Beberapa penelitian menemukan kandungan yang terdapat pada gula aren yaitu Thiamine (vitamin B1), Riboflavin (vitamin B2), Nicotinic Acid (vitamin B3), Pyridoksin (vitamin B6), Cyanocobalamin (vitamin B12), Ascorbic Acid yang menghambat pertumbuhan virus penyebab maag, serta menetalisir asam lambung tinggi.

Cara meracik gula aren untuk obat maag
Sediakan 1/4 gula aren berukuran bundar gelas, seduh dengan air hangat dan diaduk sampai gulanya mencair. Setelah itu, minum selagi hangat.

Cara lainnya, bisa eksklusif mengkonsumsi gula aren , menyerupai halnya makan permen.


#2. Penambah tenaga
Gula aren mempunyai kandungan kalori, walaupun memang tidak tinggi. Tetapi, justru lantaran kandungan kalori yang tidak tinggi inilah, yang menjadi kelebihan gula aren...

...karena asupan kalori yang hiperbola sanggup menjadi lemak di dalam tubuh.

Meskipun mempunyai kalori yang tidak tinggi, gula aren tetap sanggup memperlihatkan tenaga dan energi yang mencukupi.

Tidak sedikit pendaki gunung yang membawa bekal berupa gula aren untuk menambah energi dan tenaga, dimana mendaki gunung sangat melelahkan.

Dengan konsumsi gula aren, juga bisa meningkatkan daya tahan atau stamina tubuh.

#3. Mencegah anemia
Gula aren bisa mencegah terjadinya anemia, hal ini lantaran di dalam gula aren terdapat kandungan zat besi yang cukup tinggi, yang keuntungannya sanggup mencegah kekurangan darah (anemia).

Kandungan zat besi mempunyai kemampuan untuk meningkatkan produksi sel-sel darah merah, sehingga sanggup mengobati dan mencegah penyakit anemia.

Beberapa tanda-tanda yang disebabkan oleh anemia yaitu tubuh terasa lemah, gampang lelah, lesu, gampang terjangkit penyakit, dan tidak bersemangat.

Senyawa anti-oksidan di dalam gula aren bermanfaat untuk menangkal banyak sekali macam radikal bebas yang menyerang tubuh.

Dengan begitu, mengkonsumsi gula aren berguna mencegah anemia dan menangkal radikal bebas.

#4. Memperlancar peredaran darah
Dulansir dari UI.ac.id, bahwa gula aren mempunyai kandungan zat besi yang cukup tinggi. Kandungan zat besi tersebut mempunyai fungs meningkatkan produksi sel-sel darah merah.

Dengan begitu, lantaran tinggi zat besi, gula aren bisa mengatasi ataupun mencegah penyakit anemia.

Di dalam gula aren, mempunyai unsur kimia yang berfungsi melancarkan sistem peredaran darah...

...hal ini penting supaya fungsi dan kinerja seluruh organ-organ tubuh menjadi maksimal. Selain itu, juga meningkatkan sistem kekebalan tubuh.

Dengan lancarnya peredaran darah di dalam tubuh anda, tubuh bisa terhindar dari banyak sekali macam problem dan gangguan kesehatan.

Beberapa problem dari terhambatnya kondisi peredaran darah di dalam tubuh (tidak lancar) yaitu:
  • Suplai oksigen ke otak berkurang, yang berakbat pada menurunnya konsentrasi dan daya pikir
  • Kerja jantung menjadi lebih berat, yang bisa memicu gagal jantung
  • Suplai darah ke banyak sekali organ tubuh tidak optimal, yang berakibat problem pada organ-organ tubuh.
  • Tubuh terasa cepat lelah, lemas dan tidak bersemangat.
  • Meningkatkan resiko terkena penyakit kardiovaskular

Loading...

#5. Meningkatkan daya tahan tubuh
Gula aren orisinil mempunyai khasiat tinggi untuk meningkatkan daya tahan tubuh. Dengan meningkatnya sistem imun, memperlihatkan banyak manfaat yaitu mencegah penyakit, menciptakan tubuh fit dan terasa segar, tidak gampang lelah dan memaksimalkan fungsi organ tubuh

#6. Menjaga kadar kolestrol tubuh
Salah satu kandungan penting dari gula aren, yaitu kandungan niacin, yang bermanfaat untuk menjaga kadar kolesterol tubuh supaya tidak melampaui batas.

Sehingga, ketika kondisi kadar kolesterol tubuh tinggi maka sanggup segera kembali normal kembali dengan mengkonsumsi gula aren.

Adaun kadar koleterol yang terlalu tinggi sangat berbahaya, yang memicu penyakit berbahaya sepert diabetes, jantung coroner, stroke, ssam urat, sesak nafas, dll.

Kandungan niacin dalam gula aren bisa menormalkan kolesterol di dalam tubuh.

#7. Sumber antioksidan
Di dalam gula aren terdapat kandungan antioksidan dalam jumlah tinggi, yang keuntungannya untuk menangkal radikal bebas, guna melindungi tubuh dari ancaman penyakit berbahaya jawaban radikal bebas, menyerupai kanker kulit.

#8. Menjaga sistem pencernaan
Kandungan zat niacin di dalam gula aren berguna untuk meningkatkan sistem pencernaan, yang sangat penting supaya kita terhindar dari gangguan pencernaan.

#9. Baik untuk yang sedang diet
Biasanya, orang yang ingin menurunkan berat tubuh akan menghindari masakan yang manis-manis. Tetapi, hal ini berbeda dengan gula aren yang tidak apa-apa dikonsumsi oleh pelaku diet. Hal itu lantaran gula aren merupakan aksesori alami yang rendah kalori.

#10. Mengobati sariawan
Kandungan niacin mempunyai manfaat untuk mengobati sariawan. Untuk melakukannya, hanya perlu menempelkan gula aren di penggalan verbal yang mengalami sariawan.


#11. Sebagai gabungan ramuan obat tradisional
Di Indonesia, sangat kaya akan rempah rempah dan ramuan-ramuan obat tradisional (jamu). Gula aren selain berguna sebaga pemanis, juga sanggup dimanfaatkan untuk memaksimalkan khasiat dari ramuan herbal dan jamu. Beberapa penyakit yang biasanya datasi dengan ramuan herbal maupun jamu yaitu:
  • Flu dan batuk
  • Demam
  • Asam urat
  • Reumatik
  • Pegal-pegal
  • Masuk angin

Gula aren sering dipakai sebagai gabungan ramuan obat lantaran memang mempunyai kegunaan sebagai pemanis, selain itu juga memaksimalkan manfaat dari ramuan obat tersebut.

Walaupun demikian, penting untuk mengkonsumsi dalam jumlah yang sewajarnya (jangan berlebihan), lantaran juga kurang baik bagi kesehatan.

#12. Sebagai materi aksesori tidak tinggi kalori
Yang namanya gula, maka punya rasa manis dan legit. Akan tetapi, banyak orang yang khawatir sehingga menghindari gula putih lantaran kandungan kalorinya yang terlalu tinggi, yang bisa juga memicu obesitas sampai diabetes.

Berbeda halnya dengan gula aren, yang masih cukup kondusif dikonsumsi oleh penderita diabetes, selama masih batasan yang wajar.

Hal ini, menciptakan gula aren menjadi pilihan banyak orang sebagai materi aksesori yang rendah kalori.

#13. Gula aren lebih cocok untuk penderita diabetes (dibandingkan gula putih)
Dilansir dari 7 Gaya Hidup Sehat yang Perlu Kamu Lakukan
  • 15 Bahaya Konsumsi Makanan Terlalu Asin (Tips Menghindarinya)
  • 14 Tips Ampuh Membuat Tidur Lebih Sehat


  • Iklan Atas Artikel

    Iklan Tengah Artikel 1

    Iklan Tengah Artikel 2

    Iklan Bawah Artikel