: Khasiat Temulawak (Curcuma Xanthorrhiza) Untuk Kesehatan

Khasiat temulawak  – sobat pecinta tanaman obat herbal mungkin kalian sudah tidak absurd lagi dengan tanaman yang satu ini. Tanaman yang mempunyai nama latin Curcuma xanthorrhiza ini sering dibentuk menjadi minuman jamu. Tapi apakah kalian tahu manfaat temulawak ini untuk kesehatan ? Pada kesempatan kali ini aku ingin membuatkan isu mengenai khasiat temulawak untuk kesehatan.

















  • Temulawak untuk memperbaiki nafsu makan


Masyarakat Indonesia secara turun menurun memakai temulawak untuk memperbaiki nafsu makan. Secara praklinik dan klinik telah ditemukan bahwa rimpang temulawak sanggup meningkatkan atau memperbaiki nafsu makan.


-          Cara penggunaan rimpang temulawak untuk memperbaiki nafsu makan :


Air mendidih dituangkan kedalam cangkir yang berisi setengah sendok teh simplisia kering dan disaring sehabis sepuluh menit.


-          Sediakan 20 gram rimpang temulawak segar yang telah diiris tipis-tipis atau lebih kurang 6 – 10 simplisia kering, 10 gram asam jawa dan 30 gram gula. Masukkan bahan-bahan tersebut ke dalam panci email, kemudian rebus dalam 250 cc air hingga mendidih selama 15 menit. Selanjutnya saring dan minum ramuan tersebut selagi hangat. Sediaan ini dipakai sehari 2 kali, masing-masing setengah bagian.


-          Sediaan teh dibentuk dengan cara : air mendidih dituangkan ke dalam cangkir yang berisi 0,5 – 1 gram serbuk temulawak. Diamkan 5 – 10 menit kemudian disaring. Diminum beberapa kali sehari 1 cangkir.




  • Temulawak untuk memperbaiki fungsi pencernaan


Secara pra klinik ditemukan bahwa serbuk rimpang temulawak sanggup meningkatkan acara musin dalam cairan lambung.


Di samping itu rebusan temulawak sanggup menurunkan kontraksi usus halus


-          Cara pemakaian rimpang temulawak untuk memperbaiki fungsi pencernaan :


Kecuali dinyatakan lain maka takaran lazim rata-rata sehari yakni 2 gram simplisia kering atau 8 gram temulawak segar. Sediaan sanggup dipakai dalam bentuk infuse atau sediaan galenik lain. Untuk mendapat manfaat  yang lebih baik, sediaan diminum sebelum makan. 




  •      Temulawak untuk memelihara kesehatan fungsi hati


Cara kerja : intinya acara temulawak pada hati berkaitan bersahabat dengan acara kolagoga yang kuat pada hati dan merangsang pengosongan kandung empedu. Disamping itu temulawak sanggup mengurangi acara enzim glutamate oksala asetat transaminase (GOT) serta menurunkan acara enzim  glutamate  piruvat  transaminase (GPT) baik secara praklinik  in vitro dan in vivo maupun secara klinik. Kurkuminoid yang terkandung dalam temulawak bekerja melindungi hati.


-          Cara penggunaan rimpang temulawak  untuk memelihara kesehatan fungsi hati :


Hasil uji klinik menunjukkan bahwa takaran  yang dipakai untuk memperoleh manfat penurunan kadar SGOT dan SGPT yakni 15 -30 mg kurkumin.


Contoh bentuk sediaan :


-          Sediaan teh sanggup dibentuk dengan cara air mendidih dituangkan kedalam cangkir yang berisi 5 gram serbuk temulawak. Diamkan 5 – 10 menit kemudian disaring. Diminum beberapa kali sehari 1 cangkir.


-          Air perasan temulawak. Cuci higienis lebih kurang 25 gram rimpang temulawak segar, dibakar di atas bara api, kemudian diparut, peras airnya dengan proteksi 1 gelas air minum masak. Air perasan ini diminum dua kali, pagi dan sore.


-          Sediaan di pasaran pada umumnya dalam bentuk tunggal maupun adonan dengan kadar kurkumin  30 – 40 mg dan minyak atsiri 60 – 80 mg. Untuk bentuk sediaan lain, perlu diperhitungkan setara dengan takaran ini.




  • Temulawak untuk mengurangi nyeri dan radang sendi


Cara kerja : kurkumin yang terkandung dalam temulawak mempunyai acara anti radang yang setara dengan 100 mg fenilbutazon yang sanggup berkhasiat mengurangi nyeri dan radang sendi. Aktivitas ini sanggup dicapai melalui penghambatan migrasi sel-sel leukosit ke kawasan radang, atau melalui penghambatan pembentukan serta transportasi  mediator radang yaitu prostalglandin. Dari uji klinis memakai kurkumin dengan takaran tertentu ditunjukkan adanya perbaikan pada penderita radang sendi.


-          Cara penggunaan rimpang temulawak untuk mengurangi dan radang sendi : takaran kurkumin yang  digunakan pada uji klinis yakni 400 – 1200 mg per hari.


Contoh bentuk sediaan  :


-          Cuci higienis 60 gram rimpang temulawak segar, dibakar di atas bara api, kemudian diparut, peras airnya dengan proteksi 2 gelas air minum masak.


-          Sediaan di pasaran pada umumnya terdapat dalam bentuk tunggal maupun adonan dengan kadar kurkumin  30 – 40 mg dan minyak atsiri 60 – 80 mg.




  • Temulawak untuk menurunkan lemak darah


Cara kerja :hasil uji praklinik dan klinik menunjukkan bahwa ekstrak temulawak atau komponen isolatnya sanggup menurunkan kadar kolesterol  total, trigliserida dan sanggup meningkatkan kadar HDL klesterol. Komponen  yang  diduga berperan dalam lemak darah yakni kurkuminoid.


Cara penggunaan rimpang temulawak untuk menurunkan kadar lemak darah :


-          Kurang lebih 25 – 50 gram simplisia kering dididihkan dalam 200 ml air hingga diperoleh air rebusan 100 ml. air rebusan yang telah disaring diminum dua kali sehari pada pagi dan sore hari.


-          Di pasaran sanggup diperoleh ekstrak kering temulawak, untuk memperoleh manfaat ini gunakan dua kali sehari kurang lebih 300 mg.




  • Temulawak sebagai Antioksidan


Kurkumin bekerja sebagai antioksidan alasannya bisa menangkap radikal bebas oksigen menyerupai anion, superoksida, dan radikal hidroksil.


            - Cara penggunaan rimpang temulawak sebagai antioksidan :ekstrak kering temulawak diminum tiga kali sehari, tiap kalinya kurang lebih 250 – 500 mg.




  • Temulawak untuk membantu menghambat penggumpalan darah.


Cara kerja :kurkumin dari temulawak sanggup membantu menghambat penggumpalan darah dengan cara menghambat pembentukan tromboksan B2, yaitu zat yang berperan dalam proses penggumpalan darah.


-    Cara penggunaan rimpang temulawak untuk menghambat penggumpalan darah : ekstrak kering temulawak diminum tiga kali sehari, tiap kali lebih kurang 250 – 600 mg.





Nah sehabis final membaca biar isu mengenai manfaat dan khasiat temulawak serta cara penggunaanya di atas sanggup bermanfaat. Jangan lupa like dan share ya artikel mengenai khasiat temulawak untuk kesehatan dan tetap kunjungi website khasiat tanaman obat herbal untuk mendaptakan info terbaru mengenai khasiat tanaman obat herbal.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel