: 7 Tips Menjaga Kondisi Badan Tetap Sehat Dikala Puasa

Sahabat pecinta khasiat tanaman obat herbal bagi umat islam hari ini kita sudah mulai menjalankan rukun islam yang ke 3 yaitu puasa. Nah puasa wajib bagi kita yang sudah baligh atau sudah dewasa. Puasa hanya boleh tidak dikerjakan bila sedang sakit keras, menstruasi, atau seorang musafir yang sedang menempuh perjalanan yang sangat jauh. Sebelumnnya secara umum pengertian puasa sendiri yaitu menahan makan dan minum dari mulai waktu terbitnya matahari hingga waktu tenggelamnya matahari. Puasa juga memaksa kita menjaga segala lisan, hati dan pikiran dari segala perbuatan yang menimbulkan dosa.








Puasa dilaksanakan selama 30 hari selama bulan suci ramadhan, nah maka dari itu kita harus menjaga kondisi badan tetap sehat dikala puasa biar kita tidak punya hutang puasa gara-gara badan tidak sehat. Pada kesempatan kali ini saya ingin membuatkan tips menjaga kondisi badan tetap sehat dikala puasa.










1. Pilih contoh makan yang benar dikala sahur


Kadang pada waktu sahur kita makan sesuai dengan selera kita, padahal kita tak tahu itu contoh makan yang sehat apa tidak. Sehingga kadang di siang hari kita sudah merasa lemas dan tidak bersemangat Sebaiknya pada waktu sahur lengkapi konsumsi makanan-makanan yang mengandung banyak serat. menyerupai sayur-sayuran dan buah-buahan lantaran masakan yang berserat bisa menahan lapar lebih usang lantaran badan memerlukan waktu yang lebih usang untuk sanggup mencerna masakan yang berserat.





2. Jangan terlalu banyak konsumsi karbohidrat


Pada waktu sahur kadang seseorang berpikir bahwa dengan makan nasi yang banyak akan sanggup menahan lapar lebih lama, tapi kenyataanya konsumsi karbohidrat terlalu banyak tidak besar lengan berkuasa teradap lamanya kita menahan lapar lantaran karbohidrat gampang dicerna oleh tubuh.  Selain itu makanl nasi terlalu banyak sanggup menimbulkan kita menjadi malas lantaran nasi mempunyai kadar gula yang tinggi namun kalau dalam porsi yang sedang saja tidak apa-apa, jadi jangan hingga kekenyangan. 





3. Minum air putih yang cukup


Pada dikala sahur kalau bisa dibiasakan untuk minum air putih 8 gelas atau sekitar 2 liter, lantaran kebutuhan cairan badan biar tidak terjadi kehilangan cairan tubuh atau kekurangan cairan yaitu dengan minum air putih 2 liter per hari . Karena dengan Jika badan kekurangan cairan (dehidrasi) maka badan akan menjadi gampang merasa lemas dan suplai oksigen ke badan menjadi tidak lancar. Begitu juga sebaliknya apabila kebutuhan cairan badan sudah tercukupi maka anda akan tetap sehat  saat berpuasa dan tidak mengganggu acara puasa anda.





4. Sebaiknya anda jangan eksklusif tidur sehabis sahur


Habis makan sahur sebaiknya anda tidak eksklusif tidur, lantaran tidur sehabis sahur sanggup menimbulkan perut terasa mual pada dikala bangun, nah hal ini disebabkan lantaran masakan yang kita makan pada dikala sahur memerlukan waktu untuk mencerna, jadi sebaiknya sehabis sahur sebaiknya anda mengaji sembari menunggu waktu sholat shubuh beri waktu badan anda mencerna sejenak masakan yang anda makan.





5. Sebaiknya tidur di awal siang


Saat sedang berpuasa mengapa kita sering merasa kantuk? Nah hal ini disebabkan oleh kalori di dalam badan yang berkurang dikala kita sedang berpuasa sehingga badan menjadi lemas dan lebih gampang mengantuk. Sebaiknya kalau anda ingin tidur dikala sedang berpuasa pilihlah waktu di awal siang yaitu sekitar jam 1 atau jam 2, hal ini selain sanggup memberi kesempatan badan untuk merelaksasi badan dan pikiran anda juga memberi kesempatan badan memprooduksi energy atau tenaga yang diperlukan oleh tubuh. Selain bermanfaat tidur dikala puasa juga merupakan sunah, namun juga jangan tidur secara hiperbola juga tidak baik.





6. Makan masakan yang hangat dan minum yang manis


Saat datang waktu berbuka puasa sebaiknya jangan buru-buru anda minum es atau yang dingin-dingin, lantaran minuman es sanggup memicu naiknya asam lambung yang sanggup beresiko timbulnya penyakit maag. Sebaiknya minum teh hangat biar lantaran air hangat sanggup menetralisir asam lambung sehabis seharian berpuasa. Dan makanlah yang manis-manis contohnya biji kurma untuk mengembalikan tenaga yang seharian telah hilang biar badan menjadi bugar kembali. Nah sebaiknya kalau ingin minum es sebaiknya sehabis sholat tarawih atau beberapa jam sehabis berbuka dan untuk masakan sebaiknya makan nasi sehabis sholat tarawih lantaran nasi memilki kadar gula yang tinggi sehingga kalau kekenyangan sanggup menimbulkan rasa malas.





7. Jangan makan nasi sehabis buka puasa dan makan sayur dan buah yang cukup


Kadang tanggapan sudah laparnya seseorang pada dikala berbuka puasa eksklusif makan nasi hingga kekenyangan. Sebaiknya jangan eksklusif makan nasi lantaran lambung memerlukan waktu dan ruang kosong untuk mencerna makanan. Makan nasi sebaiknya dilakukan sehabis salat tarawih. Dan sebaiknya jangan lupa konsumsi buah dan sayur untuk menjaga fungsi pencernaan anda biar tetap sehat dan mencukupi kebutuhan vitamin dan gizi bagi badan anda.







Semoga gosip mengenai tips cara menjaga badan tetap sehat dikala puasa ini sanggup bermanfaat bagi anda yang akan menjalankan puasa selama 30 hari ke depan. jangan lupa share ke teman, saudara, maupun keluarga anda biar lebih bermanfaat. Terima kasih atas kunjunganya dan tunggu update terbaru selanjutnya.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel