: Fakta Atau Mitos Melinjo Penyebab Asam Urat ???

Sahabat pecinta tanaman obat herbal. Apakah kalian mungkin memiliki kadar asam urat yang tinggi ? nah apakah kalian pernah berpikir kenapa kadar asam urat sanggup menjadi tinggi ? pada kesempatan kali ini saya ingin menyebarkan info mengulas mengenai fakta melinjo apakah benar sebagai salah satu faktor penyebab naiknya asam urat. Sebelumnya saya terangkan dulu proses terjadinya asam urat, naiknya kadar asam urat alasannya yakni kadar purin yang menumpuk dalam badan dan berlebihan, sehingga ginjal menjadi terganggu dan tidak sanggup mensintesis purin secara optimal sehingga menjadikan sisa-sisa menumpuk pada sendi-sendi dan menjadi asam urat yang berbentuk kristal. Biasanya timbul rasa nyeri, bengkak, dan kadang meradang pada sendi-sendi yang terjadi penumpukan asam urat.








Zat purin ini berasal dari bahan-bahan masakan yang kita konsumsi setiap hari contohnya sayuran dan  buah-buahan. Nah maka dari itu pada kesempatan kali ini saya tertarik untuk membahas mengenai mitos salah satu tanaman yang dipercayai sanggup mengakibatkan penyakit asam urat. Tanaman tersebut yakni melinjo, mungkin kalian sudah tidak aneh lagi dengan tanaman ini, melinjo sering dibentuk menjadi emping yang merupakan cemilan yang sangat enak dan populer di masyarakat. Namun apakah kalian tahu  fakta mengenai melinjo hubunganya dengan penyakit asam urat?





Berdasarkan penelitian yang dilakukan terhadap melinjo diketahui ternyata melinjo mengandung senyawa yang menghambat kegiatan xantin oksidase. Xantin oksidase yakni enzim yang bekerja untuk mensintesis purin. Sehingga proses sintesis purin menjadi terganggu, balasannya purin yang tidak disintesis menumpuk menjadi asam urat yang berbentuk Kristal pada sendi-sendi sehingga menjadikan rasa nyeri. Kaprikornus mitos mengenai konsumsi melinjo maupun emping (melinjo yang sudah diolah) sebagai penyebab asam urat mungkin ada benarnya kalau dilihat menurut fakta diatas. Sedikit saran dari saya sebaiknya hindari konsumsi melinjo bagi yang memiliki kadar asam urat tinggi dan perbanyak minum air putih, minimal sehari 8 gelas alasannya yakni kristal-kristal penyebab asam urat ini akan terbawa oleh urin sehingga sanggup menurunkan kadar asam urat.




Nah semoga info mengenai fakta melinjo hubungannya dengan penakit asam urat ini sanggup bermanfaat. Jangan lupa like fans page khasiat tanaman obat herbal untuk dapatkan info terbaru mengenai aneka macam khasiat tanaman obat herbal dan share ke teman-teman anda semoga lebih bermanfaat.

baca juga mengenai khasiat daun sawi hijau bagi kesehatan

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel