Pengertian Kacang Kedelai Dan Kandungan Nutrisinya Dalam 100 Gram

Pengertian Kacang Kedelai dan Kandungan Nutrisinya Dalam  Pengertian Kacang Kedelai dan Kandungan Nutrisinya Dalam 100 gram
kedelai (foto:agrodaily.com)
Pengertian Kedelai dan Kandungan Nutrisi Gizinya per 100 gram. Kacang kedelai yaitu salah satu tumbuhan polong-polongan. Kacang kedelai banyak dijadikan masakan olahan menyerupai kecap, tahu, dan tempe. Berdasarkan peninggalan arkeologi, tumbuhan ini telah dibudidayakan semenjak 3500 tahun yang kemudian di Asia Timur.

Kacang kedelai yaitu sumber utama protein nabati dan minyak nabati dunia. Penghasil kedelai utama di dunia adalah Amerika Serikat dan gres dibudidayakan masyarakat di luar Asia setelah tahun 1910.

Jenis Kedelai

Jenis kedelai yang dibudidayakan adalah Glycine max yang merupakan keturunan domestikasi dari spesies moyang, Glycine soja. Dengan versi ini, G. max juga sanggup disebut sebagai G. soja subsp. max. Kedelai merupakan tumbuhan budidaya daerah Asia subtropik menyerupai Cina dan Jepang. Sebaran G. soja sendiri lebih luas, sampai ke tempat Asia tropik.

Kedelai sangat peka terhadap pencahayaan sehingga dalam pencahayaan agak rendahpun batangnya akan mengalami pertumbuhan memanjang sehingga berwujud menyerupai tumbuhan merambat.
Berikut adalah kultivar kedelai putih yang dibudidayakan di Indonesia:

1. Ringgit
2. Orba
3. Lokon
4. Davros
5. Wilis
6. Edamame

Edamame yaitu kultivar kedelai berbiji besar berwarna hijau yang belum usang dikenal di Indonesia dan berasal dari Jepang.



Tabel kandungan Nutrisi Kedelai dalam 100 gram

Kalorie 446
Nilai Harian (%)
Total Lemak 20 g
30%
Lemak jenuh 2.9 g
14%
Lemak tidak jenuh ganda 11 g
Lemak tak jenuh tunggal 4.4 g
Kolesterol 0 mg
0%
Sodium 2 mg
0%
Kalium 1797 mg
51%
Total Karbohidrat 30 g
10%
Serat pangan 9 g
36%
Gula 7 g
Protein 36 g
72%
Vitamin A
0%
Vitamin C
10%
Kalsium
27%
Besi
87%
Vitamin D
0%
Vitamin B-6
20%
Vitamin B-12
0%
Magnesium
70%
* Nilai Persen harian menurut diet 2.000 kalori. Nilai harian Anda mungkin lebih tinggi atau lebih rendah tergantung pada kebutuhan kalori Anda.
Sources include: USDA

Sumber rujukan :
Google

http://id.wikipedia.org/wiki/Kedelai diakses tanggal 5 januari 2015

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel