Apel Amerika Terinfeksi Bakteri, Waspadalah!

baru ini kita dihebohkan dengan isu mengenai Apel dari Amerika Serikat yang terinfeksi  Apel Amerika Terinfeksi Bakteri, Waspadalah!
apel (foto:nutritioncheckup.com)


Baru-baru ini kita dihebohkan dengan isu mengenai Apel dari Amerika Serikat yang terinfeksi basil Listeria monocytogenes. Tentu hal ini menciptakan masyarakat pecinta apel menjadi khawatir. Sehingga menciptakan pemerintah Indonesia menghentikan impor apel ini.







Dilansir Dream.co.id (1/27/15), basil Listeria monocytogenes merupakan salah satu basil gram-positif. Sebagian basil ini bersifat pathogen, yaitu sanggup menjadi sumber penyakit pada tingkat tertentu. Penyakit yang disebabkan basil ini yaitu Listeriosis. Dua jenis apel yang biasa dijual dengan merek Granny's Best dan Big B ini diduga terpapar basil Listeria monocytogenes.





Gejala awal penyakit Listeriosis diawali dengan influenza dan demam berkepanjangan. Biasanya disertai juga dengan tanda-tanda sakit kepala parah, mual, dan diare. Gejala-gejala ini biasanya berlangsung beberapa hari hingga tiga minggu.





Penyebaran basil ini dalam badan sangat berbahaya, bila hingga ke sistem saraf, sanggup menjadikan meningitis. Selain itu basil ini juga sanggup menjadikan bisul pada kandungan atau leher rahim pada perempuan hamil. Hal ini berbahaya lantaran sanggup berakibat keguguran.





Penyebran basil ini sanggup melalui makanan, ibarat susu mentah, susu yang proses pasteurisasinya kurang benar, keju, es krim, sayuran mentah, sosis. Dagingpun juga sanggup menjadi sarana penyebaran basil ini, ibarat daging mentah yang difermentasi, daging unggas mentah dan yang sudah dimasak, semua jenis daging mentah, dan ikan mentah atau ikan asap.







Bakteri Listeria monocytogenes tahan dengan temperature rendah hingga 3 derajat celcius. Sehingga basil ini sanggup berkembang biak walaupun disimpan dilemari pendingin. Untuk mematikan basil ini sanggup di masak atau dipanaskan dengan suhu 75 derajat celcius.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel