Khasiat Eceng Gondok Untuk Obat Bisul, Tenggorokan Panas, Kencing Tidak Lancar Dan Biduran

Tanaman Eceng Gondok ( Eichhornia crassipes) pernah punya sejarah kelam di Indonesia alasannya ialah dianggap flora yang merusak yang menjadikan pendangkalan perairan dan juga dianggap flora pengganggu bagi pertanian.  Dulu sebelum eecng gondok dimanfaatkan sebagai materi kerajinan, orang berusahan membasmi eceng gondok dengan aneka macam cara namun flora ini begitu badung dan tidak juga hilang atau musnah. 



Selain sebagai digunakan sebagai materi baku kerajinan yang cukup laku, eceng gondok juga sanggup digunakan untuk penjernih air dan mengikat unsur logam berat yang terlarut dalam air sehingga sanggup digunakan untuk sarana IPAL. Eceng gondok ini pertama kali dibawa oleh botanis dari USA ke kebun raya bogor kemudian dengan cepat menyebar ke aneka macam daerah.
Eceng gondok ternyata juga punya manfaat obat dan punya kandungan senyawa kimia yang berpotensi sebagai obat.  Dari hasil penelitan didapatkan bahwa eceng gondok memiliki kandungan kimia antara lain : Silika (SiO2), calsium (Ca), magnesium (Mg), kalium (K), natrium (Na), chlorida (Cl), cupper (Cu), mangan (Mn), ferum (Fe).  Sedangkan pada akar eceng gondok mengandung senyawa sulfate dan fosfat.  Selain intu pada daun eceng gondok kaya akan senyawa carotin dan bunganya mengandung delphinidin-3-diglucosida.
Beberapa penyakit yang sudah diketahui sanggup diobati dengan eceng gondok ialah

  • Tenggorokan terasa panas, 
  • kencing tidak lancar, 
  • biduran 
  • bisul. 


Cara memakai eceng gondok sebagai obat penyakit tadi ialah sebagai berikut :
Ambil 20-30 gram basuh hingga higienis kemudian rebus dengan air secukupnya samapai mendidih. Dinginkan dan air rebusannya diminum.

Obat bisul
Ambil daun eceng gondok secukupnya. Kemudian daun tadi dilumatkan hingga halus, tambahkan garam secukupnya, kemudian tempelkan pada bisul.
Obat kencing tidak lancar dan biduran
ambil Batang enceng gondok segar secukupnya basuh hingga bersih, kemudian rebus dengan air hingga mendidih, kemudian air rebusannya di dinginkan kemudian diminum. 

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel