Khasiat Dan Manfaat Konsumsi Petai Untuk Obat Ginjal, Darah Tinggi, Depresi, Mata, Bersihkan Usus, Anemia

Buah Petai


Buah Pete atau Petai punya nama ilmiah Parkia speciosa dikenal dengan busuk khas dan masih bisa dirasakan baunya sehabis kita makan petai.  Petai memang punya imbas busuk menyerupai jengkol.  Sebagai orang melayu, kita niscaya sudah erat dengan yang namanya buah petai alias pete. Baunya sangat khas dan suka bikin orang marah-marah jika kita habis kencing di WC kantor.  Biji petai, baunya khas menyerupai dengan jengkol, biasanya dimakan dalam bentuk segar maupun dijadikan materi adonan makanan. Meski baunya sangat kuat, namun petai ini banyak khasiatnya.  Justru Bau yang besar lengan berkuasa dalam petai ini menjadi penanda bahwa ada kandungan kimia alami disana yang sangat mempunyai kegunaan bagi badan kita.

Manfaat Petai untuk kesehatan sebetulnya banyak, petai mempunyai kandungan protein, karbohidrat, fosfor, vitamin A dan zat besi, serta  vitamin dan mineral lainnya dalam jumlah besar sehingga baunya juga sangat tajam menyerupai obat kimia dari pabrik.

Sumber Energi
Petai ialah sumber energi yang baik, yaitu 142 kkal per 100 g biji. Petai juga mengandung 3 macam gula alami, yaitu sukrosa, fruktosa, dan glukosa yang dikombinasikan dengan serat. Kombinasi tersebut bisa menunjukkan dorongan tenaga instan, tetapi cukup usang dan cukup besar efeknya.  Nah jika anda pekerja berat makan petai bisa jadi sumber energi yang baik dibanding minuman energi.

Obat Hati dan Ginjal, Seperti yang kita ketahui bersama radikal bebas sangat gampang di temui di Produk makanan, terutama pada kuliner yang di Goreng atau di Panggang. Hidrogen peroksida, superoksida anion, dan hidroksil, merupakan pola radikal bebas. Molekul sangat tidak stabil, sangat reaktif, dan kerusakan jaringan. Radikal bebas akan menjadi tidak berdaya dikala berhadapan dengan antioksidan.

Anti Depresi, Pete mengandung tryptophan, homogen protein yang diubah badan menjadi serotonin. Ini akan menciptakan relax, memperbaiki mood dan secara umum menciptakan seseorang lebih bahagia.

Menurunkan Tekanan Darah Tinggi, Tumbuhan Petai ini mempunyai kadar kalium yang Cukup tinggi tetapi rendah akan Kadar Garam, sehingga sangat tepat untuk memerangi tekanan darah tinggi atau Hipertensi. US FDA bahkan mengizinkan perkebunan Parkia speciosa (pete) untuk melaksanakan klaim resmi mengenai buah yang mempunyai kemampuan untuk menurunkan tekanan darah dan risiko stroke.

Cegah Infeksi
Kandungan fosfor pada petai juga cukup baik, yaitu 115 mg per 100 g biji. Fosfor merupakan mineral kedua terbanyak sehabis kalsium. Kurang lebih satu persen berat badan kita terdiri dari fosfor. DNA dan RNA di dalam badan kita terdiri dari fosfor dalam bentuk fosfat, demikian juga membran sel yang membantu menjaga permeabilitas sel. Sebagian besar fosfor diserap badan dalam ben­tuk anorganik, khususnya di bab atas duodenum sampai 70 persen. Petai juga mengandung vitamin C yang cukup tinggi, yaitu 46 mg per 100 g biji. Vitamin C sangat penting kiprahnya dalam proses hidroksilasi asam amino prolin clan lisin, menjadi hidroksiprolin clan hidroksilisin. Perannya ialah dalam proses penyem­buhan luka serta daya tahan badan melawan abuh dan stres. Rata-rata kebutuhan badan akan vitamin C ialah 75 mg per hari pada perempuan dan 90 mg per hari. pada laki-laki dewasa.

Kesehatan Mata
Kandungan vitamin A pada petai juga cukup baik, yaitu 200 IU per 100 g. Vitamin A berperan menjaga semoga kornea mata selalu sehat. Mata yang normal biasanya mengeluarkan mukus, yaitu cairan lemak kental yang dikeluarkan sel epitel mukosa, sehingga membantu mencegah terjadinya infeksi.


Anemia
Petai juga mempunyai manfaat lain yang luar biasa. Jika mengalami PMS sindrome, yaitu sindroma menjelang datangnya ha-id, seseorang tidak perlu minum tablet apa pun, cukup atasi dengan makan petai. Vitamin B6 yang dikandung petai sanggup mengatur kadar gula darah, sehingga akan membangkitkan mood dengan kandungan zat besi yang cukup tinggi (1,2 mg/ 100 g), petai juga sanggup menstimulasi produksi sel darah merah dan membantu apabila terjadi anemia.

Membersihkan Usus:  Kandungan serat dietary fibers yang tinggi menciptakan petal sangat baik untuk kanal pencernaan. Petal sanggup dipakai sebagai kuliner untuk merawat pencernaan kare­na teksturnya yang lembut dan halus. Buah ini juga bisa menetralkan asam lambung dan mengurangi iritasi dengan melapisi permukaan dalam lambung.
Petai mempunyai imbas antasid pada tubuh, sehingga bila dada Anda terasa panas akhir kebanyakan makan, cobalah makan petai untuk mengurangi sakitnya. Petai juga sangat baik untuk menjaga suhu tubuh. Banyak budaya lain yang melihat petai sebagai buah "dingin" yang bisa menurunkan suhu badan dan emosi ibu yang menanti kelahiran anaknya. . Petai akan membantu menenangkan perut dan dengan derma madu bakal meningkatkan kadar gula darah yang telah turun. Sementara susu akan menenangkan dan kembali memperbaiki kadar cairan dalam tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel