Khasiat Dan Manfaat Rebung Bambu Untuk Netralkan Kolesterol

Indonesia merupakan asal dari tanaman bambu dan tunas bambu atau rebung sudah usang dikenal masyarakat kita sebagai materi makanan, terutama untuk dibentuk sayur. Jika Anda menyukai lumpia, kudapan khas Semarang, niscaya tahu, di dalamnya terdapat irisan rebung. Selain enak diolah, rebung juga kaya serat pangan dan kalium. Itu berarti rebung sanggup dijadikan penekan kadar kolesterol jahat dalam darah. 


 
Rebung Punya kadar  Serat Tinggi

Rebung memang layak dipilih sebagai sumber serat alami. Berdasarkan penelitian diketahui kandungan serat pangan rebung tidak mengecewakan baik, yakni 2,56 persen, lebih tinggi jikalau dibandingkan dengan jenis sayuran tropis lainnya, menyerupai kecambah kedelai (1,27 persen), pecay (1,58), ketimun (0,61), dan sawi (1,01).


Serat pangan ialah senyawa berbentuk karbohidrat kompleks yang banyak terdapat pada dinding sel tanaman pangan. Serat pangan tidak sanggup dicerna dan diserap oleh kanal pencernaan manusia, tetapi berfungsi penting bagi pemeliharaan kesehatan, pencegahan penyakit, dan sebagai komponen penting dalam terapi gizi.


Perlu diingat kembali bahwa kurangnya konsumsi serat sanggup mengakibatkan timbulnya-penyakit ala masyarakat Barat, menyerupai aterosklerosis (penyumbatan pembuluh darah), yang selanjutnya sanggup mengarah ke penyakit jantung koroner (PJK), diabetes, hiperkolesterol (kelebihan kolesterol), hipertensi, hiperlipidemia (kelebihan lemak), atau kanker kolon (usus besar).


Selain serat, senyawa utama dalam rebung mentah ialah air, yaitu sekitar 91 persen. Rebung mengandung protein, karbohidrat, lemak vitamin A, thiamin, riboflavin, vitamin C, serta mineral lain menyerupai kalsium, fosfor, besi, dan kalium. Kandungan kalium dalam rebung cukup tinggi, yaitu 533 mg per 100 gram rebung.




Selain murah, rebung juga gampang didapat, di pasar tradisional maupun swalayan. Saat hendak dimasak atau diolah, jangan lupa merebusnya dengan air garam supaya bau pesingnya hilang,” ungkapnya. Di pasaran, rebung dijual dalam bentuk utuh dan irisan-irisan tipis. Namun, kebanyakan orang lebih menentukan rebung daiam bentuk utuh alasannya sanggup melihat pribadi kesegarannya.





Meski belum ada bukti ilmiah atau kajian medis yang cukup, sebagian masyarakat percaya rebung memiliki khasiat yang menyehatkan tubuh. Dalam pengobatan tradisional, rebung kuning kerap dipakai untuk menurunkan kadar kolesterol darah.


Rebung telah usang dipakai untuk mengobati penyakit batuk berdahak dan demam. Untuk menjadikannya ramuan berkhasiat, tidak ada cara khusus.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel