Manfaat Bunga Kenop Untuk Asma, Susah Buang Air Kecil, Bronkhitis, Desentri, Panas Pada Anak

Bunga Kenop termasuk tumbuhan hias yang banyak ditanam oleh masyarakat di Indonesia terutama di namun dikala ini mungkin sudah tidak banyak lagi alasannya yaitu sudah diganti tumbuhan hias lainnya. nama ilmiah bunga kenop yaitu Gomphrena globosa L.

Bunga Kenop merupakan Herba tahunan, tinggi 60 cm. atau lebih, berambut. Ditanam di halaman sebagai tumbuhan hias atau tumbuh liar di ladang-ladang yang cukup menerima sinar matahari hingga setinggi lebih kurang 1400 mdpl, diduga berasal dari Amerika dan Asia. Batang hijau kemerahan, berambut, membesar pada ruas percabangan, Daun duduk berhadapan, bertangkai, bentuk daun bundar telur sungsang hingga memanjang, dengan panjang 5-10 cm, lebar 2-5 cm, ujung meruncing warna hijau berambut garang di bab atas dan halus di bab bawah, warna rambut putih. Bunga bentuk bonggol, warna merah bau tanah keungu-unguan, ibarat bola. (Ada juga yang berwarna putih).



BAGIAN YANG DIPAKAI:
Bunga atau seluruh tanaman, segar atau dikeringkan.


Bunga Kenop termasuk tumbuhan hias yang banyak ditanam oleh masyarakat di Indonesia terutam Manfaat Bunga Kenop Untuk Asma, Susah Buang air kecil, Bronkhitis, Desentri, Panas pada AnakKEGUNAAN:
1. Asthma bronchial, radang kanal napas acute dan menahun (acute
dan chronic bronchitis).
2. Batuk rejan (Pertusis)
3. Radang mata, sakit kepala
4. Panas pada anak, mimpi jelek
5. Desentri.


PEMAKAIAN: 9-15 gram, rebus.
PEMAKAIAN LUAR:
Tanaman segar dilumatkan, digunakan pada bab badan yang sakit atau direbus, untuk cuci. Dipakai untuk luka terpukul atau koreng.


CONTOH OBAT HERBAL DENGAN BUNGA KENOP:
1. Asthma bronchial:
    10 kuntum bunga direbus, ditambah arak kuning, minum secara
   rutine 3 kali.

2. Susah Buang air kecil : 
    Cara 3-10 gr bunga direbus, diminum.
3. Panas pada anak (karena gangguan liver):
   Cara : 7-14 kuntum bunga segar direbus, minum.

4. Desentri:
    10 kuntum bunga segar ditambah arak kuning, rebus, minum.






PERHATIAN : Keracunan terjadi alasannya yaitu pemakaian terlalu banyak yang biasanya mempunyai tanda-tanda rasa kering ditenggorokan. Bila peng­gunaan obat ini tidak boleh atau dikurangi, maka rasa kering ini akan hilang dengan sendirinya. Tidak ada kontra indikasi yang spesifik.






Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel