Khasiat Dan Manfaat Obat Kecubung Untuk Atasi Nyeri, Rematik, Bengkak, Sakit Gigi Dll

Tanaman Kecubung yang nama ilmiahnya Datura fatuosa yakni tumbuhan perdu yang tersebar luas di Indonesia, terutama di tempat dataran rendah yang punya iklim kering. Kecubung ditemukan tumbuh liar di tempat terbuka pada tanah berpasir yang tidak begitu lembab, mirip di semak, padang rumput terbuka, tepi sungai atau ditanam di pekarangan sebagai flora obat. Kecubung asalnya diperkirakan dari Amerika dan sanggup ditemukan di tempat dataran rendah hingga ketinggian 800 dpl.

Perdu, setahun, tegak, pecahan pangkal umumnya berkayu, bercabang-cabang, tinggi 0.5-2 m, beracun. Daun tunggal, bertangkai, letak berhadapan. Helaian daun bentuknya lingkaran telur, ujung runcing, tepi berlekuk, panjang 6-25 cm, lebar 4.5-20 cm. Bunga tunggal, berbentuk terompet, tegak, keluar dari ujung tangkai, bunga akan mekar menjelang matahari terbenam dan akan kuncup sore hari berikutnya. Buahnya buah kotak, berbentuk bulat, berduri tempel dan tajam. Bijinya banyak, kecil-kecil, gepeng, berwarna kuning kecoklatan. Kecubung sanggup diperbanyak dengan biji.

Sifat Kimiawi dan khasiat
Rasanya pahit, pedaas, sifatnya hangat, beracun (toksik), masuk meridian jantung, paru dan limpa. Kecubung berguna antiasmatik, antibatuk (antitusif), antirematik, penghilang nyeri (analgesik), afrodisiak dan pemati rasa (anestetik)
 yakni tumbuhan perdu yang tersebar luas di Indonesia Khasiat dan Manfaat Obat Kecubung  Untuk Atasi Nyeri, Rematik, Bengkak, Sakit Gigi dllKandungan Kimia
Kecubung mengandung 0.3-0.4 % alkaloid (sekitar 85 % skopolamin dan 15 % hyoscyamine), hycoscin dan atropin (tergantung pada varietas, lokasi dan musim). Zat aktifnya sanggup menjadikan halusinasi bagi pemakainya. Jika alkaloid kecubung diisolasi maka akan terdeteksi adanya senyawa methyl crystalline yang memiliki pengaruh relaksasi pada otot gerak.

Bagian yang Digunakan
Bagian utama yang dipakai yakni bunga. Selain itu, akar dan daun juga berguna sebagai obat. Tumbuhan ini sanggup dipakai secara segar atau sehabis dikeringkan.

Indikasi
Bunga dipakai untuk mengatasi:


Asma, napas pendek, bronkitis kronik, batuk,


Rasa nyeri jago pada kanker stadium lanjut,


Nyeri lambung, rematik,


Kejang atau epilepsi (ayan) yang disebabkan rasa takut.


Syok (turunya tekanan darah sehingga penderita lemas) jawaban infeksi atau racun (toksik),


Sakit jiwa (psikosis), dan


Sebagai obat bius pada operasi (anestesi)


Akar dipakai untuk pengobatan:


Kolera,


Sesak napas


daun dipakai untuk mengatasi:


Sesak napas, batuk rejan, bronkitis


Sakit pinggang, rematik, memar


Ketombe


Lendir di tenggorokan


Cacingan


Cara Pemakaian
Untuk obat yang diminum, sediakan 0.3-0.6 g bunga kecubung, kemudian rebus. Cara lain, keringkan bunga, kemudian gulung dan bakar, kemudian isap asapnya.

Untuk pemakaian luar, rebus 2-3 kuntum bunga dan gunakan air rebusanya sebagai obat kompres atau obat basuh pada penyakit rematik, nanah jawaban terbentur atau terpukul (memar), anus turun (prolapsusani), jamur kulit, bisul atau sebagai serbuk tabur untuk menghilangkan nyeri, mirip pada sakit gigi dan bisul. Serbuk akar dipakai untuk menghilangkan nyeri pada sakit gigi.





Contoh Pemakaian Kecubung Untuk Obat

Sesak Napas
Keringkan bunga atau daun kecubung, kemudian gulung ibarat rokok. Bakar ujungnya, kemudian isap asapnya.

Menghilangkan rasa nyeri, mirip bisul dan sakit gigi
Keringkan bunga kecubung, kemudian giling halus menjadi serbuk. Taburkan serbuk pada bisul atau gigi yang berlubang.

Rematik
Cuci 2-3 kuntum bunga kecubung, lelu rebus dalam air higienis secukunya hingga mendidih (kira-kira 15 menit). Gunakan ramuan ini untuk obat kompres selagi hangat.

Prolapsus ani
Rebus 2-3 kuntum bunga kecubung dalam air higienis secukupnya hingga mendidih (kira-kira 15 menit). Gunakan ramuan ini selagi hangat untuk mencuci dan merendam dubur yang prolaps.

Sakit pinggang
Sediakan 5 lembar dau kecubung segar, 5 butir bawang merah dan jahe seukuran ibu jari yang dibuang kulitnya. Cuci bahan-bahan tersebut dan tumbuk hingga halus. Gosokkan ramuan tersebut ke bagaion pinggang yang sakit.

Rematik, memar
sediakan 5 lembar daun kecubung segar, 5 butir bawang merah dan jahe seukuran ibu jari dibuang kulitnya. Cuci bahan-bahan tersebut dan tumbuk hingga halus. Tambahkan sedikit kapur sirih sambil diaduk rata. Balurkan ramuan tersebut ke tempat yang sakit, kemudian balut dengan kain perban.

Ketombe
Cuci 2-3 lembar daun kecubung segar, kemudian tumbuk hingga halus. Gosokkan pada kulit kepala yang berketombe.

Payu dara nanah lantaran bendungan ASI, Sakit perut sewaktu haid
Cuci daun kecubung segar dan beras (jumlahnya sama banyak), kemudian giling hingga halus. Balurkan pada payu dara yang berkak atau pada perut pecahan bawah.

Lendir di tenggorok
Cuci 3 lembar daun kecubung muda hingga bersih, kemudian rebus dalam 3 gelas air hingga tersisa 1 gelas. Setelah dingin, saring dan air saringannya diminum. selanjutnya, minum gula asam secukupnya. Cara membuatnya, tambahkan gula aren ke dalam air asam secukupnya, lelu rebus hingga mendidih.

Efek Samping
Ramuan obat kecubung sanggup menjadikan pengaruh samping pada beberapa orang mengkonsumsinya. pengaruh samping yang timbul berupa mual, muntah dan sesak napas (spasme laring). Jika ramuan ini dipakai secara hiperbola sanggup menjadikan rasa gelisah, nadi berdenyut cepat, kulit muka dan tubuh menjadii merah, pusing, rasa haus, ekspresi kebas, mual, muntah, buang air besar dan kecil tidak terkontrol, sesak napas, jalan terasa melayang, pupil melebar dan alhasil sanggup mengakibatkan kematian.

Jika timbul gejala keracunan mirip diatas, gunakan adonan jahe dan air kelapa hijau muda sebagai penawar racun (antidotum). Caranya, tumbuk jahe sebesar jempol, kemudian rebus dalam air kelapa hijau muda hingga mendidih. Selanjutnya minum ramuan tersebut selagi hangat.

Catatan


Kecubung merupakan flora beracun. Jangan diberikan pada penderita tekanan bola mata meninggi (glukoma), kondisi tubuh lemah, penderita hipertensi, belum dewasa dan ibu hamil.


Daun dan biji dipakai sebagai anestesi lokal.


Biji beracun sehingga banyak disalahgunakan untuk berbuat kejahatan.




Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel