20 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Diet, Kekal Muda, Kulit, Ibu Hamil

Buah alpukat sudah umum diketahui dan banyak dijual di pasaran. Buah ini sering dimanfaatkan untuk banyak hal, menyerupai dibentuk menjadi jus, materi gabungan salad, roti panggang, dan lainnya.

 Buah alpukat sudah umum diketahui dan banyak dijual di pasaran 20 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Diet, Awet Muda, Kulit, Ibu Hamil
Buah Alpukat | Photo credit: Pxhere.com

Berikut kandungan gizi buah alpukat dalam 100 gram bersumber dari Nutritiondata.self.com.

VITAMIN
Vitamin A: 146IU 3% AKG
Vitamin B6: 0.3mg 13% AKG
Vitamin C: 10.0mg 17% AKG
Vitamin E: 2.1mg 10% AKG
Vitamin K: 21.0mcg 26% AKG
Thiamin: 0.1mg 4% AKG
Riboflavin: 0.1mg 8% AKG
Niasin: 1.7mg 9% AKG
Folat: 81.0mcg 20% AKG
Asam pantotenat: 1.4mg 14% AKG
Beta Karoten: 62.0mcg
Beta Cryptoxanthin: 8.0mcg
Lutein+Zeaxanthin: 271mcg
Kolin: 14.2mg
Betaine 0.7mg

MINERAL
Kalsium: 12.0mg 1% AKG
Zat Besi: 0.5mg 3% AKG
Magnesium: 29.0mg 7% AKG
Fosfor: 52.0mg 5% AKG
Potassium: 485mg 14% AKG
Sodium: 7.0mg 0% AKG
Zinc: 0.6mg 4% AKG
Copper: 0.2mg 9% AKG
Mangan: 0.1mg 7% AKG
Selenium: 0.4mcg 1% AKG
Fluoride: 7.0mcg

LAINNYA
Protein: 2.0g 4% AKG
Kalori: 160(670 kJ) 8% AKG
Total Karbohidrat: 8.5g 3% AKG

Diatas merupakan data kandungan gizi buah alpukat dalam 100 gram. AKG (Angka Kecukupan Gizi) ialah kebutuhan rata-rata zat gizi dalam sehari bagi hampir semua orang sehat.

Berikut di bawah ini banyak sekali manfaat buah alpukat:

1. Menjaga Kesehatan dan Fungsi Otak

Pada artikel berjudul Avocado as a Brain Food (Livestrong.com) menyebutkan bahwa alpukat kaya nutrisi yang bermanfaat bagi kesehatan otak.

 Buah alpukat sudah umum diketahui dan banyak dijual di pasaran 20 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Diet, Awet Muda, Kulit, Ibu Hamil
Ilustrasi Kecerdasan Otak | Photo credit: Flickr.com

Menurut sebuah ulasan yang diterbitkan dalam "Nature Reviews Neuroscience" pada Juli 2008, alpukat kaya akan nutrisi yang membuatnya menjadi "makanan otak", yang bermanfaat untuk meningkatkan fungsi kognitif, menyerupai memori dan konsentrasi.

Alpukat mengandung folat, yang berperan sangat penting untuk kesehatan otak dan pemeliharaan fungsi kognitif, termasuk memori (daya ingat). Kekurangan asupan ini bisa menyebabkan penurunan kognitif dan penyakit Alzheimer.

Pada artikel berjudul Tips Diet Alpukat, Turunkan 3 Kg dalam 3 Minggu Saja! (Vemale.com) menjelaskan wacana salah satu cara alami menurunkan berat tubuh yaitu dengan mengonsumsi buah alpukat.

Buah alpukat terkadang dianggap menggemukkan oleh sebagian orang lantaran mempunyai asupan lemak.

Padahal, sehabis diteliti lebih lanjut, alpukat mengandung jenis lemak sehat, selain itu alpukat mengandung serat, zat besi, kalsium vitamin A, E, K dan C.

Jika Anda berencana diet, alpukat sanggup membantu Anda untuk menyukseskan perjuangan menurunkan 3kg dalam tiga minggu. Salah satu hidangan yang bisa Anda ikuti yaitu:

Sarapan:  1 buah alpukat + 3 sdm plain yogurt
Makan siang: 3 buah alpukat + 1 sdm yogurt + 1 cangkir teh tawar
Makan malam: 1 buah alpukat + 1 sdm madu

Untuk pendamping buah alpukat, Anda bisa menentukan madu dan yogurt. Terapkan hidangan diet tersebut setiap hari selama tiga minggu, sembari juga memperbanyak minum air putih ataupun air putih hangat, atau juga teh tawar.

Buah alpukat bisa mengenyangkan, sehingga mencegah Anda dari mengonsumsi secara hiperbola kuliner menyerupai nasi, daging, lauk pauk, dll.


5. Baik Bagi Kesehatan Jantung

Pada goresan pena berjudul Are Avocados Good for Your Heart? (Livestrong.com) menyebutkan bahwa alpukat benar-benar buah yang sehat bagi jantung. Meskipun alpukat tinggi lemak total, namun lebih banyak didominasi lemak dalam bentuk lemak tak jenuh tunggal.

 Buah alpukat sudah umum diketahui dan banyak dijual di pasaran 20 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Diet, Awet Muda, Kulit, Ibu Hamil
Photo credit: Pixabay.com

Selain itu, alpukat kaya serat makanan, vitamin dan mineral yang mempunyai manfaat untuk kardiovaskular.

Sebagian besar lemak yang terkandung dalam buah alpukat ialah jenis lemak tak jenuh tunggal, yang sehat untuk jantung.

Asupan lemak tak jenuh tunggal sanggup bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol total dan LDL di dalam tubuh. Bahkan, alpukat bermanfaat untuk meningkatkan sedikit kadar HDL. Hal ini diungkapkan oleh Harvard School of Public Health.

Vitamin B6 dan folat yang terkandung dalam alpukat berfungsi penting dalam tubuh insan menyerupai membantu dalam metabolisme energi, membentuk DNA dan sel-sel baru, hingga mendukung kesehatan jantung.

Jika kadar homocysteine ​​yang bersirkulasi dalam pedoman darah terlalu tinggi, maka risiko terkena stroke dan serangan jantung meningkat. Konsumsi kuliner yang kaya folat, vitamin B6 dan B12 sanggup menurunkan kadar homocysteine.

Alpukat mengandung kalium yang bermanfaat dalam relaksasi otot, dan membantu mengurangi imbas jelek natrium. Dimana berdasarkan American Heart Association, salah satu pemicu tekanan darah tinggi yaitu disebabkan oleh tingginya asupan natrium garam.

Asupan vitamin E alami buah alpukat sanggup bermanfaat untuk mencegah timbulnya penyakit jantung koroner, hal ini berdasarkan National Institutes of Health Office of Dietary Supplements.

Vitamin E menghambat oksidasi kolesterol jahat (LDL). Oksidasi LDL menyebabkan ancaman plak yang melekat ke dinding arteri, yang kemudian terjadi penyempitan arteri (atherosclerosis).

Alpukat mengandung serat makanan, berdasarkan Badan Makanan dan Nutrisi dari Institute of Medicine bahwa konsumsi kuliner kaya serat bermanfaat untuk menurunkan kadar kolesterol darah, terutama LDL.

6. Mencegah Kanker

Dari laman Vemale.com, buah alpukat mengandung antioksidan yang tinggi yang melindungi tubuh dari serangan kanker. Senyawa antioksidan di dalam alpukat bekerja untuk menghentikan pertumbuhan sel kanker.

 Buah alpukat sudah umum diketahui dan banyak dijual di pasaran 20 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Diet, Awet Muda, Kulit, Ibu Hamil
Ilustrasi kanker | Photo credit: Wikimedia.org

Alpukat sudah dikenal sanggup mencegah kanker mulut, penelitian juga menemukan bahwa alpukat bisa mencegah kanker jenis lain, menyerupai kanker payudara.

Peneliti menjelaskan bahwa buah alpukat mengandung vitamin E yang sanggup menghambat pertumbuhan sel kanker, dan bermanfaat untuk menurunkan resiko kanker payudara.

Dari laman Health.detik.com, buah alpukat disebut-sebut bisa menghancurkan sel kanker. Sebuah studi terbaru memperlihatkan bahwa buah alpukat mengandung lemak sehat yang mampu  memerangi leukemia myeloid akut atau acute myeloid leukaemia (AML).

Peneliti dari Kanada menyebutkan bahwa molekul lemak yang ditemukan dalam alpukat dinilai bisa memecahkan sel-sel induk leukemia yang merupakan sumber awal dari tumbuhnya sel-sel darah yang abnormal. Leukimia ialah penyakit mematikan.

Para peneliti melaksanakan penelitian lebih lanjut untuk menciptakan obat yang memakai ekstrak alpukat. Obat tersebut diperlukan sanggup meningkatkan cita-cita dan kualitas hidup pasien AML.

Salah satu peneliti yang terlibat, Prof Paul Spagnuolo dari University of Waterloo, menjelaskan bahwa keberadaan sel induk ini kemungkinan besar merupakan sumber dari perkembangan penyakit mematikan leukimia ini.

Sel induk tersebut menyebabkan banyak pasien leukemia yang penyakitnya sering kambuh.

"Kami telah beberapa kali melaksanakan pengujian untuk mengetahui apakah ekstrak obat ini bisa bekerja pada tingkat molekuler. Ternyata kandungan lemak ini bisa menargetkan sel induk dengan baik," kata Prof Spagnuolo.

Prof Spagnuolo juga telah bekerja sama dengan Centre for Commercialization of Regenerative Medicine (CCRM) di Toronto, Kanada. Dimana kini pada penelitian obat tersebut, sedang dalam tahap uji klinis.


7. Meredakan Radang Sendi 

Pada laman Klikdokter.com, dr. Citra Roseno menjelaskan bahwa buah alpukat mempunyai manfaat kesehatan untuk membantu mengurangi radang sendi. Manfaat antiradang buah alpukat berkat kandungan antioksidan fitosterol dan asam lemak omega-3 yang ada di dalamnya.

 Buah alpukat sudah umum diketahui dan banyak dijual di pasaran 20 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Diet, Awet Muda, Kulit, Ibu Hamil
Radang Sendi | Photo credit: Shutterstock.com / By 9nong

Pada artritis, munculnya peradangan ialah penyebab awal terjadinya tanda-tanda pembengkakan, nyeri pada sendi, dan kemerahan.

Beberapa studi telah meneliti manfaat alpukat untuk membantu mengatasi radang sendi. Alpukat dimanfaatkan dalam gabungan ekstrak berbentuk minyak, terdiri dari ekstrak alami minyak alpukat (sebanyak 1/3) dan sisanya minyak kacang kedelai.

Ekstrak ini disebut ASU (Avocado Soybean Unsaponifiables), yang diperlukan bisa mengurangi progresivitas radang sendi (seperti osteoartritis).

Ekstrak ini bekerja dengan cara memblokir zat kimia yang memicu peradangan, mencegah kerusakan sel yang melapisi sendi, dan memaksimalkan proses regenerasi jaringan ikat sendi.

ASU telah diteliti secara luas di Eropa, bahkan sudah umum dipakai dalam pengobatan osteoartritis.

Sebuah studi yang diterbitkan pada Journal of Rheumatology tahun 2003, membuktikan bahwa ASU bisa menghambat kerusakan tulang rawan dan membantu proses perbaikan jaringan.

Studi meta-analisis tahun 2008 menemukan bahwa ASU bekerja untuk mengatasi tanda-tanda radang sendi pinggul dan lutut.

8. Manfaat Alpukat Untuk Ibu Hamil

Pada artikel berjudul Cara Alami Melembabkan Kulit Pakai Masker Buah Alpukat (Vemale.com) menjelaskan bahwa kulit kering bisa diatasi melalui perawatan dari dalam maupun luar.

Perawatan kulit dari dalam yaitu dengan minum air putih yang cukup, hingga mengonsumsi buah dan sayuran.

Adapun perawatan kulit dari luar yaitu dengan rajin mencuci wajah, menerapkan masker, hingga menerapkan scrup wajah.

Tentang perawatan kulit dari luar, Anda bisa menerapkan masker alami alpukat. Buah alpukat mempunyai kandungan yang sanggup melembabkan kulit secara alami, serta mencerahkan dan menghaluskan kulit.

Berikut cara menciptakan masker alpukat. Pertama-tama siapkan:
  • 1 buah alpukat
  • 2 sdm madu

Langkah-langahnya:
  1. Haluskan buah alpukat kemudian campurkan dengan madu. 
  2. Anda perlu mencampurkan keduanya hingga membentuk pasta. 
  3. Cuci kulit wajah Anda dengan air mengalir hingga bersih, kemudian keringkan dengan handuk. 
  4. Oleskan masker alami ini memakai jari tangan ke wajah. 
  5. Oleskan hingga secara merata dan sembari memijat lembut.
  6. Lalu diamkan selama beberapa menit. 
  7. Jika masker telah cukup kering, maka bilas wajah kembali dengan air bersih.

Anda juga bisa melaksanakan sentuhan terakhir dengan menerapkan pelembab alami menyerupai minyak zaitun.

Apabila terjadi iritasi pada kulit wajah maka hentikan penggunaan, segera basuh higienis kulit, kemudian kompres dengan air es.

Adapun dari laman Merdeka.com, Penelitian di Meksiko menemukan bahwa alpukat sanggup bermanfaat untuk memperlambat proses penuaan dan menyembuhkan penyakit kronis. Minyak yang terkandung dalam alpukat terbukti sanggup menangkal imbas jelek radikal bebas.

Peneliti menjelaskan bahwa kandungan minyak alpukat bisa menembus ke dalam mitokondria, itu ialah pecahan penting dari fungsi sel tubuh.

Kandungan antioksidan yang terkandung dalam wortel ataupun tomat bergotong-royong sanggup bekerja untuk menangkal radikal bebas, namun tidak bisa masuk menembus ke dalam mitokondria.

Peneliti berjulukan Christian Cortes-Rojo, yang berasal dari Universitas Michoacana de San Nicolas de Hidalgo, Meksiko, menjelaskan bahwa kalau antioksidan tidak bisa menembus ke dalam mitokondria, dampaknya radikal bebas bisa merusak mitokondria.

Bahaya dari kerusakan mitokondria ialah terhambatnya produksi energi tubuh dan menyebabkan duduk perkara pada sel-sel tubuh.

Pada penelitian laboratorium, peneliti menemukan bahwa minyak alpukat bisa berfungsi menjaga sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas.

Pada artikel berjudul Alpukat Mencegah Sekaligus Membunuh Sel Kanker (Beritasatu.com) menjelaskan bahwa buah alpukat kaya akan antioksidan, yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara keseluruhan.

Antioksidan berfungsi untuk mencegah tingginya jumlah radikal bebas di dalam tubuh. Mencegah radikal bebas berarti mencegah sel-sel kanker tumbuh dan menyebar di dalam tubuh.

Sebuah studi yang dilakukan oleh ilmuwan di Ohio State University, menemukan bahwa ekstrak alpukat berfungsi untuk membasmi sel-sel prakanker dan mencegah pembentukan sel kanker yang baru.

12. Mengontrol Tekanan Darah

Pada goresan pena berjudul Makan Satu Buah Alpukat Setiap Hari Bantu Kontrol Tekanan Darah (Detik.com) menyebutkan bahwa hasil penelitian menandakan bahwa buah alpukat diyakini bisa membantu mengontrol tekanan darah.

 Buah alpukat sudah umum diketahui dan banyak dijual di pasaran 20 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Diet, Awet Muda, Kulit, Ibu Hamil
Alat Mengecek Tekanan Darah | Photo credit: Pixabay.com

Penelitian dengan melibatkan 45 orang yang mengidap obesitas, mereka diberikan asupan alpukat sebanyak satu buah dalam sehari.

Hasil penelitian menemukan bahwa konsumsi buah alpukat efektif untuk menurunkan tekanan darah. Penelitian ini diterbitkan di dalam Journal of the American Heart Association

Peneliti menjelaskan bahwa dengan mengonsumsi buah alpukat secara rutin, serta menerapkan referensi hidup sehat, maka pasien hipertensi stadium ringan sepertinya tidak perlu lagi mengonsumsi obat-obatan.

Peneliti menjelaskan bahwa konsumsi buah alpukat secara teratur juga bisa menurunkan kadar kolesterol jahat (LDL), dan menjaga efektivitas insulin untuk mengatasi diabetes.

Loading...

13. Membuat Awet Muda dan Memerangi Penyakit

Pada artikel berjudul Merdeka.com, menyebutkan buah alpukat kaya akan nutrisi, vitamin serta mineral. Dimana alpukat tidak hanya nikmat dimakan, selain itu juga sering dimanfaatkan sebagai materi perawatan rambut dan kulit tubuh.

 Buah alpukat sudah umum diketahui dan banyak dijual di pasaran 20 Manfaat Buah Alpukat Untuk Kesehatan, Diet, Awet Muda, Kulit, Ibu Hamil
Photo credit: Pixabay.com

Alpukat sanggup dimanfaatkan sebagai conditioner alami yang efektif untuk mengatasi rambut kering. Dimana di dalam alpukat terkandung minyak alami yang baik bagi rambut.

Hancurkan daging buah alpukat kemudian aplikasikan pada rambut, dimulai dari pangkal hingga ujung rambut.

Kandungan vitamin dan mineral di dalam alpukat juga bermanfaat untuk melindungi batang rambut dari dampak jelek polusi, dan merangsang pertumbuhan rambut.

Minyak alami dalam buah alpukat berfungsi untuk memperbaiki kondisi rambut yang bercabang, kering dan rapuh.

Selain itu, Anda juga bisa mempunyai rambut yang lebih halus dan berkilau, hal ini berkat kandungan vitamin dan asam lemak omega 3 di dalam buah alpukat.

Secara umum, buah alpukat mempunyai kandungan penting yang dibutuhkan untuk menutrisi rambut dan kulit kepala.

Pada laman Vemale.com menyebutkan bahwa kandungan di dalam buah alpukat sanggup bermanfaat untuk menciptakan rambut lebih sehat, berpengaruh dan indah. Cara memanfaatkannya yaitu pertama-tama sipkan bahan-bahan:
  • 1 buah alpukat (ambil daging buahnya)
  • 3 sdm madu
  • 3 sdm minyak kelapa

Langkah-langkahnya:
  1. Ambil buah alpukat kemudian haluskan (bisa dengan blender ataupun garpu).
  2. Lalu campurkan dalam sebuah wadah bersama madu dan minyak kelapa. 
  3. Campurkan hingga ketiga materi tersebut menyatu dengan rata. 
  4. Apabila sudah, maka basahi rambut Anda dengan air bersih. 
  5. Beberapa dikala kemudian, aplikasikan gabungan tersebut ke rambut dan kulit kepala. 
  6. Oleskan secara menyeluruh ke rambut, sembari memijat lembut dengan jari tangan. 
  7. Setelah selesai mengoleskan, maka diamkan sekitar 30 menit.
  8. Lalu bersihkan rambut kembali, dan lakukan keramas menyerupai biasa. 

Perawatan ini sanggup menciptakan rambut lebih berkilau, lebih sehat, berpengaruh dan terhindar dari duduk perkara rambut bercabang.

Manfaat Lainnya

Pada artikel berjudul 19 Best Benefits Of Avocado (Organicfacts.net) menyebutkan banyak manfaat buah alpukat, diantaranya:

Menjaga Kesehatan Hati. Alpukat bermanfaat dalam mencegah atau mengurangi kerusakan hati. Di dalam alpukat terkandung senyawa organik yang berfungsi untuk meningkatkan kesehatan hati. Kerusakan hati umumnya terjadi akhir Hepatitis C. Penelitian terbaru memperlihatkan bahwa alpukat mempunyai tugas utama dalam menguatkan dan melindungi hati dari banyak sekali macam kondisi.

Menjaga Fungsi Ginjal. Keseimbangan mineral dan cairan sangat penting dijaga bagi mereka yang menderita gangguan ginjal kronis. Alpukat ialah sumber potasium yang baik. Potassium ialah kandungan penting dalam membantu menjaga keseimbangan cairan untuk sel dan organ. Keseimbangan cairan ini penting untuk menjaga fungsi ginjal dalam menyaring cairan dan racun di dalam tubuh.

Memberikan Energi Untuk Atlet. Atlet membutuhkan banyak energi dan harus menjaga asupan nutrisi dengan baik. Alpukat memperlihatkan nutrisi penting bagi para atlet untuk menjaga tingkat energi yang dibutuhkannya. Selain itu, alpukat mengandung phytochemical yang merupakan sumber materi bakar alami untuk tubuh.

Mengatasi Morning Sickness. Morning sickness ialah hal yang umum terjadi selama masa kehamilan. Alpukat membantu mengatasi mual selama masa kehamilan lantaran mengandung vitamin B6, yang keuntungannya bisa mengurangi rasa mual dan muntah.

Memperkuat Tulang. Alpukat mengandung karotenoid menyerupai zeaxanthin dan lutein yang keuntungannya sanggup menurunkan risiko defek kartilago (gejala osteoarthritis). Asupan kuliner menyerupai alpukat sanggup mengurangi risiko osteoarthritis. Asupan mineral penting dalam alpukat yaitu kalsium, zinc, fosfor, tembaga dan selenium, berperan dalam menjaga kepadatan tulang.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel