Khasiat Dan Cara Budidaya Alpukat

Persea Americana ( avokad, apokat, adpokat, alpukat ) ya, buah yang satu ini paling banyak digemari, kaerena rasanya yang nikmat dan menyegarkan dan biasanya disajikan dalam bentuk jus buah.alpukat juga ternyata mempunyai banyak manfaat buat kesehatan.





Tanaman ini sangat cocok tumbuh didaerah tropika dan sub tropika dengan curah hujan antara 1.800-4.500 mm/tahun.Umumnya cocok dengan iklim sejuk dan basah.Tumbuhan tidak tahan terhadap suhu rendah dan tinggi.Di Indonesia tumbuh pada ketinggian 1-1.000 m dpl.

Budidaya
Tanaman ini diperbanyak dengan memakai biji, okulasi, dan menyambung.Biji yang akan dipakai untuk perbanyakan dipilih dari buah yang masak di pohon, sehat, dan kuat.Biji disemaikan atau eksklusif ditanam dalam keranjang atau kantong plastik yang diisi dengan tanah dan kompos.Setelah tingginya mencapai 20-30 cm, dipindahkan ke kebun.Bibit tumbuh cepat dengan akar tunggang yang kuat, teteapi mutu buah kadang tidak sama dengan pohon induk.

Untuk mengatasi hal tersebut dilakukan perbanyakan vegetatif, memakai bibit adal dari biji sebagai pohon bawah, lalu dilakukan sambungan tunas atau dengan tempelan/okulasi.Bibit ditanam pada lubang ukuran 40x40x40 cm, jarak tanam 8-10 m.Tanah yang dikehendaki gembur dan subur.Tanah lempung yang menjadikan genangan air ketika hujan tidak cocok bagi flora apokat.

Pemeliharaan, penyiraman dilakukan 6-10 hari sekali.Dilakukan pemangkasan berat mencapai umur 7 tahun, sebelum umur 7 tahun hanya dilakukan pemangkasan cabang bawah.Pemupukan dilakukan 2 bulan sebelum berbunga.Pohon akan berbuah hingga umur 25 tahun.Berat buah 85-1.000 gram.Produksi tiap pohon 100-120 buah.

Apa saja khasiat Buah Alpukat ?
Beberapa khasiat alpukat diantaranya, sebagai berikut :

Mejaga kesehatan mata.

Vitamin A Berperan dalam melindungi mata dari serangan radikal bebas yang sanggup menimbulkan sejumlah penyakit menyerupai katarak dan macula. Vitamin ini terdapat dalam buah alpukat dengan jumlah yang banyak.


 


Mengontrol tekanan darah biar tetap stabil.
Kandungan potassium dalam buah alpukat berperan dalam membantu badan dalam mengontrol dan menstabilkan tekanan darah, dengan stabilnya tekanan darah, maka badan akan terhindar dari serangan penyakit menyerupai darah tinggi sebagai penyebab utama penyakit stroke. Potassium juga sanggup membantu mencegah penyumbatan sirkulasi darah dalam tubuh
 
Menurunkan tingkat kolesterol darah.
Buah alpukat mengandung lemak tak jenuh tunggal. Lemak jenis ini baik untuk badan alasannya sanggup meningkatkan HDL (High Density Lipoprotein). Kandungan dalam buah selain lemak tak jenuh ialah betasitosterol, fungsi dari betasitosterol ini sanggup mengurangi jumlah kolesterol dalam badan yg berasal dari asupan makanan. Perpaduan antara lemak tak jenuh tunggal dan betasitosterol  menjadikan buah alpukat sebagai salah satu buah yang cukup baik untuk menurunkan koleterol dalam darah.
 
Menjaga kesehatan jantung
Selain sebagai salah satu unsur dalam kontribusi badan terhadap kanker, Kandungan folat dalam buah alpukat juga mempunyai kegunaan dalam menjaga kesehatan jantung anda. 
 
Melindungi badan dari serangan kanker.
Hasil studi menawarkan . Ekstrak dari buah alpukat yang mengandung folat, vitamin C, E, serta anti-oksidan sanggup menghentikan serta membunuh sel-sel pra-kanker pemicu penyakit kanker mulut. Diyakini juga, bahwa ekstak ini bukan hanya sanggup mencegah kanker ekspresi ,tapi sanggup juga mempunyai reaksi yang sama terhadap kanker jenis lainnya. ( Referensi : dari banyak sekali sumber )

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel