Khasiat Dan Manfaat Daun Beluntas

Nama Daerah : Luntas ( Jawa ), beluntas ( Sumatra ), Lenabeau ( Timor, Nusa Tenggara ), Lemutasa ( Sulawesi ).


 dan sehabis bau tanah hijau kotor pucat alasannya ialah diselimuti bulu Khasiat dan Manfaat Daun Beluntas

Gambar : Daun Beluntas



Deskripsi Tanaman beluntas



Merupakan tanaman perdu tegak, berkayu, bercabang banyak, dan tinggi dapat mencapai 2 m, daun tunggal, bentuk lingkaran telur, ujung runcing, berbulu halus, daun muda berwarna hijau kekuningan, dan sehabis bau tanah hijau kotor pucat alasannya ialah diselimuti bulu, bunga beragam bentuk malai.Beluntas sering digunakan sebagai tanaman pagar alasannya ialah susunan percabangannya rapat dan sering juga dijadikan pagar pembatas antar gundukan di perkebunan.Di Jawa, beluntas sering dijadikan lalapan.Bagian yang digunakan ialah daun.


Kandungan Kimia



Pluchine, asam kafeoilkuinat, saponin, falavonoid, dan polifenol


Khasiat



Secara tradisional, daun beluntas digunakan sebagai obat turun panas, obat batuk, dan menghilangkan kedaluwarsa tubuh ( dalam bentuk obat minum seduhan menyerupai teh ) dari kegiatan biologi yang diteliti, daun beluntas mempunyai kegunaan sebagai antikejang ( antispasme ) , mengurangi daya menidurkan dari phenobarbital, menyembuhkan tukak lambung ( ulkus duodenum ), mematikan bakteri ( antiseptik ), dan aromatikum.


Cara Pemakaian



  1. Menghilangkan kedaluwarsa badan, kedaluwarsa mulut, dan kurang nafsu makan : daun segar secukupnya dimakan sebagai lalapan mentah atau dikukus dan dimakan bersama nasi.
  2. Gangguan Pencernaan Pada Anak : Ambil beberapa lembar daun yang masih segar, basuh sampai benar-beanr higienis kemudian di pipis. Campurkan pada bubur saring atau nasi tim. Lakukan cara ini setiap kali anak makan.
  3. Nyeri Rematik dan Sakit Pinggang : gunakan akar beluntas sebanyak kurang lebih 15 gram yang telah di potong-potong, jangan lupa menambahkan 3 gelas air sebelum di rebus sampai airnya nanti tinggal 1 gelas. Saring terlebih dahulu, minum pada waktu pagi dan sore hari masing-masing ½ gelas.
  4. Luka : ambil daun belunta yang masih segar seperlunya kemudian di pipis, campurkan sedikit kapur sambil diaduk-aduk sampai merata, kemudian ramuan ini di balurkan pada luka.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel