Mengenal Tanaman Beling Piring Plus Khasiatnya

Kaca Piring atau dalam bahas latinnya Gardenia augusta. Tanaman ini berjenis semak berumur tahunan seta banyak memilki cabang, ranting maupun daun yang lebat. Kaca piring gampang tumbuh di sembarang tempat, baik kawasan masbodoh maupun panas. Namun, flora ini lebih cocok di kawasan pegunungan atau lokasi yang tingginya lebih dari 400 meter diatas permukaan air laut. Bunganya berukuran berkisar 1-2 meter.


 Tanaman ini berjenis semak berumur tahunan seta banyak memilki cabang Mengenal Tanaman Kaca Piring Plus Khasiatnya
Gambar : Herbal Kaca Piring ( Gardenia augusta )






Bunganya indah sangat seolah-olah dengan bunga mawar putih dengan tajuk-tajuk melingkar dan bersusun membentuk satu kesatuan yang anggun. Daunnya berbentuk oval, tebal, licin dan mengkilap pada permukaan telapak dan pecahan atasnya. sebab keharuman bunganya, beling piring memiliki nilai komersial untuk dibentuk minyak amis atau parfum. Sedang pengembangbiakan tumbuhan ini sanggup dilakukan dengan cara stek.


Kandungan kimia : Minyak Atsiri ( linalool dan styrolyl ) dan pecahan yang umumnya dipergunakan ialah daun hingga bijinya.

Khasiat umum dari herbal beling piring diantaranya ialah sebagai obat sariawan, mengurangi demam, dan mengatasi sembelit.


Cara Pemakaian Tanaman Kaca Piring :



  1. Sariawan : 7 lembar daun beling piring, 2 sendok makan madu, dan 1 potong gula aren. Daun beling piring diremas-remas dan ditambahkan dengan 1 cangkir air dan disaring. Kemudian dicampur dengan madu dan gula aren tersebut dan diaduk hingga merata benar. kemudian diminum dan diulangi setiap dua hari sekali.
  2. Demam : 7 lembar daun beling piring dan 1 potong gula batu. Daun beling piring diremas-remas dengan satu gelas air dan disaring.  Kemudian dicampur dengan gula kerikil dan diaduk hingga merata. Lalu diminum.
  3. Sembelit ( Sukar BAB ) : 3 biji beling piring direbus dengan 2 gelas air hingga mendidih biarkan hingga tinggal 1 gelas. Lalu diminum.



Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel