Khasiat Dan Manfaat Beras Organik Yang Perlu Diketahui

Mungkin Anda sudah banyak yang mengenal apa itu beras organik, akan tetapi tidak ada salahnya kalau kita review sedikit  perihal beras organik, khasiat dan keuntungannya terhadap kesehatan kita.


Apa itu Beras Organik ?



Beras organik merupakan beras yang dihasilkan melalui proses-proses organis yang ditanam dan disemai di tanah yang ramah lingkungan, 100% tidak memakai pestisida kimia dari awal penanaman hingga pada proses pengolahan menjadi beras yang siap dikomsumsi.Penanamannya memakai kompos dan pupuk hijauan, maupun Pupuk Bio Hayati serta pemberantasan hama memakai pestisida alami yang dihasilkan dari daun-daunan dan buah-buahan yang difermentasikan secara alami.Proses organis itu sendiri akan sanggup memperbaiki struktur dan kesuburan tanah, serta membangun ekosistem yang berkelanjutan.


Mungkin Anda sudah banyak yang mengenal apa itu beras organik Khasiat dan Manfaat Beras Organik Yang Perlu Diketahui



Beras organik bebas dari unsur pestisida kimia yang oleh karenanya sangat baik untuk dikomsumsi sehari-hari.Dengan kadar gula yang rendah, beras organik sanggup dikomsumsi oleh penderita penyakit kencing cantik ( diabetes ), penderita autis, serta sanggup dikomsumsi oleh mereka yang tengah menjalani aktivitas diet ibarat diet golongan darah. Rasa khas beras organik yang membedakannya dengan beras non organik yaitu rasa lebih pulen dan tidak gampang basi.Nasi yang diolah dari beras organik sanggup bertahan selama dua hari tanpa perlu menyimpannya di dalam lemari pendingin ( kulkas ).

Beras organik ada beberapa macam warna, yakni hitam, merah, cokelat dan putih.tak heran kalau masyarakat sering menyebutnya dengan beras herbal.Aroma dan rasa beras organik Indonesia bila sudah dimasak sangat berbeda dibanding dengan beras organik yang berasala dari India, Thailand atau negara lainnya.Beras organik dari Indonesia mempunyai keunggulan dan kelabihan yakni rasa yang lebih lezat alasannya struktur tanahnya.Aromanya harum dan tahan lama.

Keunggulan Beras Organik dan Beras Non Organik yaitu mempunyai kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi, kandungan glukosa, karbohidrat dan proteinnya gampang terurai, sehingga kondusif dan sangat baik dikomsumsi bagi penderita diabetes dan baik untuk yang sedang melakukan aktivitas diet, mencegah kanker, jantung, asam urat, darah tinggi, dan vertigo.
Mungkin belum banyak yang mengetahui kalo Beras Merah Organik tersedia dengan tidak hanya warna putih tapi bermacam warna.Jenis manfaat beras organik bisa dikelompokkan menurut warnanya.


Apa saja Manfaat Beras Organik menurut Warnanya ?



Manfaat Beras Organik Warna Putih



Merupakan jenis beras yang paling banyak dikomsumsi.Beras Organik warna putih kalau dibandingkan dengan beras putih un-organik sangatlah jauh berbeda.karena rasanya lebih pulen dan lebih wangi.Juga tidak mengandung pestisida kimia sehingga sangat kondusif untuk dikomsumsi.Beras Organik warna  putih masih mempunyai kandungan nutrisi dan mineral yang tinggi.


Manfaat Beras Organik Warna Hitam



Dari sisi khasiat gizi ternyata pigmen beras yang  berwarna hitam mepunyai khasiat paling baik dibandingkan dengan beras organik warna lainnya, mengapa ? Beras Organik warna hitam sangat berbeda dibanding ketan hitam, baik rasa, aroma maupun penampilannya.Sangat spesifik dan unik.Bila sudah dimasak beras organik warna hitam warnanya benar-benar hitam pekat.Rasanya lezat dan aromanya menyebabkan selera makan dan sangat menggugah.


Beras Organik warna hitam mempunyai banyak khasiat dan manfaat bagi kesehatan  kita, diantaranya





  • Meningkatkan ketahanan badan terhadap penyakit.
  • Menurunkan kadar gula darah ( sangatlah baik bagi penderita diabetes ).
  • Memperbaiki kerusakan sel hati ( hepatitis dan chirrosis )
  • Mencegah gangguan fungsi ginjal.
  • Memperlambat penuaan ( Antiaging )
  • Mencegah Anemia
  • Mencegah kanker
  • Antioksidan
  • Menurunkan tekanan darah ( orang yang mempunyai tekanan darah rendah sebaiknya sebaiknya memakai beras ini dengan dicampur dengan beras merah, perbandingan 1 : 1 )
  • Membersihkan kolesterol dalam darah ( baik untuk diet ).




Manfaat Beras Organik Warna Merah



Salah satu cara memasak beras merah yang diketahui yaitu dengan teknik Gamma Aminobtyric Acid ( GABA ) atau Germinated Brown Rice ( GBR ) yang sanggup meningkatkan hormon pertumbuhan pada manusia.Sedangkan keuntungannya yaitu sebagai berikut.


  • Baik untuk aktivitas diet
  • Mencegah banyak sekali penyakit kanal pencernaan
  • Dapat mencegah sembelit ( konstipasi )
  • Menurunkan kolesterol darah.
  • Meningkatkan perkembangan otak.
  • Menyehatkan jantung dan pembuluh darah
  • Mencegah penyakit keganasan dan penyakit degeneratif.
  • Memiliki kandungan Vitamin B 1 dan Mineral lebih tinggi dibandingkan dengan beras putih.
  • Mengandung lebih banyak magnesium yang sangat bermanfaat untuk kesehatan jantung.
  • Kaya akan fiber asam lemak.kandungan fibernya yang tinggi bisa mencegah sembelit, sehingga memperlancar proses pengeluaran kotoran ( defekasi ).Kandungan fiber juga menciptakan anda lebih kenyang dan tidak cepat lapar.
  • Kaya akan asam amino.




Manfaat Beras Organik Warna Cokelat.



Warnanya memang cokelat, aroma dan rasanya sangat khas, miriip ketan.beras organik warna cokelat yaitu beras yang tidak digiling atau setengah digiling, jadi bisa dikatakan mempunyai rasa sedikit ibarat kacang dan lebih kenyal daripada beras putih.Meskipun lebih cepat basi, tetapi beras organik warna cokelat lebih bernutrisi.

Perbedaan beras organik warna cokelat dan beras putih sebetulnya tidak terlalu jauh.Perbedaan keduanya terletak pada pemrosesan dan kandungan nutrisinya.Jika lapisan terluar atau kulit ari atau sekam dari biji padi dikupas maka kesannya yaitu beras organik berwarna cokelat.Namun kalau lapisan dalam atau kulit padi juga dikupas, maka kesannya yaitu beras putih biasa.

Beberapa jenis Vitamin dan mineral akan hilang dalam proses penggilingan  butir padi.Akibatnya, beberapa nutrisi yang hilang seprti Vitamin B1,B3, dan besi seringkali ditambahkan kembali pada beras putih sehingga berlabel “ diperkaya “ ( enriched ).sementara pada beras organik warna cokelat, satu jenis mineral yang tidak perlu ditambahkan yaitu magnesium.


Bagaimana Cara Memasak Beras Organik ?



  1. Bilas sekali saja ( tergantung kebiasaan ), 3 gelas beras organik kemudian masukkan kedalam wadah penanak nasi.
  2. Masukkan 4,5 gelas air kedalam wadah pennak nasi, kalau ingin lebih pulen, tambahkan air kemudian masukkan ke dalam wadah penanak nasi.
  3. Selama proses memasak jangan membuka dan mengaduk beras sehingga aroma beras tetap terjaga.
  4. Setelah matang, Nasi siap dihidangkan untuk disantap.Lebih nikmat dalam keadaan panas.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel