Lada Hitam : Budidaya Dan Khasiatnya

Lada Hitam ( Piper Ningrum ) merupakan jenis tumbuhan terna, berkayu, memanjat yang mempunyai tinggi sampai 15 meter.Kulit batang berwarna hijau tua, berakar pada buku-bukunya.Bunga berupa bulir yang menggantung.Buah buni, buah muda berwarna hijau, buah yang telah renta berwarna hitam.





Tanaman ini menghendaki iklim yang panas dan curah hujan tinggi tanpa ada demam isu kemarau yang lama.Curah hujan rata-rata setahun dihentikan kurang dari 2.300 mm dan rata-rata tiap bulan tidak kurang dari 100 mm.tinggi daerah tidak lebih dari 500 m dpl.





Tanaman sanggup dibudidayakan dengan memakai biji atau turus, namun pada umumnya banyak memakai turus.Penggunaan turus sangat menguntungkan alasannya yakni bibit turus sanggup diambil terus menerus dari satu tanaman, tumbuhan tumbuh lebih baik dan cepat memperlihatkan hasil.





Dalam beberapa hal biji juga dipergunakan, misallnya bila tidak cukup tersedia materi turus, tetapi cara tersebut tidak dianjurkan.





Turus untuk bibit diambil dari tumbuhan lada yang berbuah banyak dan sehat.Dikenal tiga macam sulur pada tumbuhan lada yaitu :


  • Sulur panjang.
  • Sulur gantung dan sulur tanah.
  • Sulur pendek dan sulur bunga


Untuk bibit dipakai sulur panjang.Sulur untuk turus jangan terlalu muda, tetapi sedikit mengayu, sehat dan mata di ketiak daun telah tampak menggembung.Panjang turus lebih kurang 40-75 cm dengan jumlah buku 10-14.penanaman turus sanggup dilakukan dengan banyak sekali cara.


  • Menanam turus tanpa akar eksklusif di kebun akrab tiang sandaran.
  • Menanam turus yang telah berakar dan bertunas, berasal dari turus biasa.
  • Menanam turus yang telah berakar dan bertunas, berasal dari turus beruas satu.


Penanaman turus dilakukan tidak lebih dari dua hari sehabis turus dibuat.Sebaiknya turus ditanam pada hari pembuatan turus, tetapi bila tidak mungkin, turus harus disimpan ditempat yang teduh, sesekali disiram untuk mencegah turus menjadi kering.





Jumlah bibit untuk satu sandaran yakni dua.Lubang tanam dibentuk beberapa hari sebelumnya, dengan ukuran 40 x 40 cm, dengan kedalaman 30 x 40 cm.jarak antara turus dan tiang sandaran 30 cm, turus diletakkan miring 60 derajat dalam lubang.





Manfaat dan Khasiat lada Hitam





Khasiat dari lada hitam diantaranya sanggup mencegah terjadinya kanker, duduk perkara hati, dan penyakit kardiovaskuler. Sebuah studi menyatakan bahwa lada hitam berguna meningkatkan fungsi jalan masuk pencernaan. Diantaranya sanggup meningkatkan cairan pencernaan yaitu asam klorida. Selain itu sifat zat antioksidan pada lada hitam juga berguna sanggup menekan pertumbuhan kuman baik terutama di jalan masuk usus.

Pada dikala anda mengkonsumsi makanan dengan bumbu lada hitam, tentu keringat anda bercucuran keluar sana-sini. Nah secara tidak eksklusif proses ini bermanfaat untuk mengeluarkan racun lewat keringat dan buang air kecil atau diuretik property. Seperti yang dilansir dari
Magforwoma, lada hitam mempunyai zat-zat yang berguna dalam pencegahan diare, sembelit, nyeri kolik, dan gas usus.

Selain yang disebutkan diatas, lada hitam mengandung zat berjulukan piperin yang berguna sebagai anti-dperesi. Hal ini menciptakan badan memproduksi banyak endomorphins yang berguna melawan rasa sakit serta sanggup meremajakan kesehatan mental. Stimulasi sistem saraf sentra dan peningkatan fungsi kognitif juga meliputi manfaat dari lada hitam.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel