24 Cara Menghilangkan Bau Tubuh Menyengat Secara Ampuh

Bau tubuh selain baunya menciptakan tidak nyaman, juga menciptakan tidak percaya diri ketika bertemu dengan orang-orang.

Bau tubuh biasanya berasal dari ketiak dan serpihan tubuh lainnya. Seringkali seseorang sebab sudah terbiasa dengan bau badannya sendiri, sehingga tidak menyadari aroma tidak sedap yang berasal dari tubuhnya sendiri.

 Bau tubuh selain baunya menciptakan tidak nyaman 24 Cara Menghilangkan Bau Badan Menyengat Secara Ampuh
Ilustrasi Bau Badan | Photo credit: Istockphoto.com by tap10

Awal munculnya bau tubuh dari kelenjar keringat. Orang-orang pastinya mempunyai yang namanya kelenjar keringat ini.

Sebenarnya bukan keringat yang mengakibatkan bau badan, namun melekatnya keringat pada kulit dalam waktu usang jadinya menimbukan masalah.

Selama keringat menempel pada tubuh, maka bakteri-bakteri yang ada di kulit akan berkembang biak dengan sangat cepat, hal inilah yang jadinya mengakibatkan terjadinya bau badan.

Berikut di bawah ini aneka macam cara menghilangkan bau badan:

1. Perbaiki Pola Hidup Anda

Hal pertama yang harus dilakukan untuk menghilangkan bau tubuh ialah perbaiki contoh hidup sehari-hari. Dengan baiknya contoh hidup maka diharapkan problem keringat akan hilang secara perlahan.

Dari laman tanya-jawab Klikdokter.com, seorang Pria berusia 27 tahun mengeluhkan ihwal bau badannya dan bertanya cara untuk mengatasinya. Maka dr. Resthie Rachmanta Putri. M.Epid menjawab bahwa bau tubuh dipengaruhi oleh kondisi produksi keringat. Masalah ini umumnya sulit untuk dihilangkan sepenuhnya, tapi Anda masih bisa meminimalisir nya.

dr. Resthie Rachmanta menawarkan beberapa tips contoh hidup untuk mengatasi bau badan, yaitu:

- Pastikan Anda mandi secara teratur (jangan hingga Anda malas mandi), dan usahakan untuk memakai sabun antiseptik.

- Usahakan semoga serpihan ketiak dan kaki tetap kering. Hal ini untuk menghindari pertumbuhan basil penyebab bau tubuh secara pesat.

- Pertimbangkan untuk mencabut atau mencukur bulu ketiak, sebab bisa mengurangi keringat dan bau badan.

- Usahakan untuk memakai pakaian berbahan alami sebab tidak menghambat penguapan keringat tubuh (misalnya materi katun).

- Gunakan juga sepatu dan kaos kaki dari materi alami semoga tidak menghambat penguapan keringat dari serpihan kaki. Selain itu, Anda harus menukar kaos kaki setiap hari.

- Coba perhatikan, apakah masakan bisa menghipnotis bau tubuh Anda? Beberapa jenis masakan yang umumnya bisa memicu bau tubuh yaitu makanan-makanan dengan aroma yang kuat, serta beberapa materi masakan menyerupai bawang, bawang putih, minyak, masakan berlemak, dan alkohol.

- Hindari memakai kaos kaki seharian penuh. Anda harus menawarkan waktu cukup banyak untuk bertelanjang kaki sehingga mengurangi kelembaban pada kaki.

- Hindari hal-hal yang memicu stres, salah satunya yaitu terlalu banyak pikiran. Kondisi stres bisa mengakibatkan resiko keluarnya keringat secara berlebihan.

- Jika Anda mengalami produksi keringat yang hiperbola sebab kondisi kesehatan yang serius. Anda mungkin perlu pergi ke dokter untuk mengetahui problem apa yang terjadi.

2. Terapkan Jeruk Nipis pada Ketiak

Pada goresan pena berjudul Langkah Praktis Hilangkan Bau Badan Hanya Dengan Jeruk Nipis (Vemale.com) menyebutkan bahwa salah satu cara gampang untuk menghilangkan bau tubuh yang menyengat ialah dengan memanfaatkan jeruk nipis.

 Bau tubuh selain baunya menciptakan tidak nyaman 24 Cara Menghilangkan Bau Badan Menyengat Secara Ampuh
Jeruk Nipis | Photo credit: Pixabay.com

Anda hanya perlu menyiapkan buah jeruk nipis yang matang, kemudian potong dan gosokkan pada ketiak Anda.

Lalu diamkan hingga kering, kemudian Anda juga bisa membilasnya dengan air higienis sebelum mengenakan pakaian.

Usahakan melaksanakan perwatan ini setiap hari, atau setidaknya beberapa kali dalam seminggu.

Penggunaan materi alami jeruk nipis ini bisa menjadi pengganti deodoran yang cukup efektif.

Jeruk nipis mempunyai kandungan asam sitrat yang bekerja untuk membasmi basil penyebab bau tubuh dan jamur pada ketiak.

Hanya saja, hindari penggunaan materi alami jeruk nipis ini apabila kondisi kulit Anda sedang terluka.

Penggunaan jeruk nipis ini selain untuk menghilangkan bau badan, juga sanggup membantu memutihkan kulit ketiak.

Apakah Aman Penggunaan Jeruk Nipis pada Kulit?
Dari laman Bebas Bau Badan Tanpa Deodoran, Pakai Lemon Yuk! (Vemale.com) menyebutkan bahwa pengunaan produk deodoran modern untuk menghilangkan bau ketiak, seringkali mengakibatkan timbulnya ketiak hitam.

 Bau tubuh selain baunya menciptakan tidak nyaman 24 Cara Menghilangkan Bau Badan Menyengat Secara Ampuh
Lemon | Photo credit: Pixabay.com

Oleh sebab itu, bahwasanya terdapat banyak materi alami untuk menghilangkan bau, yang tidak berisiko mengakibatkan ketiak hitam, salah satunya ialah buah lemon.

Walaupun mengandung asam yang tinggi, bukan berarti lemon menciptakan ketiak menjadi asam.

Justru kandungan asam pada lemon bisa menghambat perkembangan basil jahat di kulit, sehingga ketiak akan tercegah dari bau tidak sedap ketika timbulnya keringat dan kondisi yang lembab.

Adapun penggunaan produk deodoran modern mengandung materi kimia dan beresiko mengakibatkan kulit ketiak berangasan dan hitam.

Cara Memanfaatkan Lemon untuk Menghilangkan Bau Ketiak
Caranya mudah, pertama-tama iris tipis lemon, kemudian gosokkan pada ketiak secara perlahan. Jika sudah mengering, maka kenakan pakaian Anda menyerupai biasa.

Dengan perawatan alami ini, ketiak juga akan mempunyai bau segarnya lemon, hal ini lebih baik daripada bau adonan keringat dan deodoran.

Efek Samping Penerapan Lemon ke Ketiak

Dari artikel berjudul Efek Buruk Jus Lemon Saat Dipakai Menghilangkan Bau Ketiak (Cnnindonesia.com), banyak orang ketika ini lebih menentukan deodoran yang alami dibanding kimia.

Seorang profesor dermatologi klinis di Mount Sinai Medical Center berjulukan Ellen Marmur, menjelaskan bahwa manfaat lemon untuk menghilangkan bau tubuh telah terbukti secara ilmiah. Dan faktanya buah lemon sering digunakan dalam adonan deodoran alami.

Lemon bisa membasmi bau tubuh sebab di dalamnya terkandung asam sitrat, yang bekerja sangat baik untuk membunuh basil penyebab bau badan.

"Aroma air lemon bisa menutupi bau tubuh yang tidak sedap." kata Jim Hammer, jago kimia kosmetik.

Hanya saja, kandungan asam yang tinggi mengakibatkan penggunaan lemon menjadikan resiko kulit sensitif dan peradangan.

Orang-orang yang mempunyai kulit sensitif harus waspada dalam pengaplikasian lemon ke ketiak. Selain itu, hindari penggunaan lemon sesudah gres saja mencukur bulu ketiak.

Hindari terlalu usang terkena paparan sinar matahari pribadi ketika melaksanakan perawatan ini.

7. Mulai Saat Ini Jadilah Orang yang Rajin Konsumsi Sayuran dan Buah

Pada goresan pena berjudul Ingin Bau Badan Makin Segar? Makan Buah & Sayur (Vemale.com) menyebutkan sebuah hal yang jangan Anda remehkan dalam perjuangan menghilangkan bau tubuh yaitu rajin mengonsumsi buah dan sayuran.

 Bau tubuh selain baunya menciptakan tidak nyaman 24 Cara Menghilangkan Bau Badan Menyengat Secara Ampuh
Sayuran Makanan Sehat | Photo credit: Flickr.com

Para jago kesehatan kulit menjelaskan bahwa dengan rajin mengonsumsi buah dan sayuran, maka keuntungannya bisa mempermudah seseorang untuk mempunyai bau tubuh yang segar dan mengesankan (tentunya disamping itu harus menjaga kebersihan tubuh).

Adapun orang-orang yang “malas” untuk mengonsumsi buah dan sayuran, dimana lebih suka mengonsumsi daging atau ikan, maka mempunyai resiko lebih tinggi untuk mengalami bau tubuh tidak sedap, bahkan cenderung amis.

Para peneliti dari Complegne University of Technology (CUT), Perancis, menjelaskan bahwa kandungan vitamin dan nutrisi yang ada di dalam buah-buahan dan sayur-sayuran mempunyai fungsi sebagai antibodi yang baik untuk pencegahan bau badan.

Dengan rajin mengonsumsi sayur dan buah, maka keringat yang keluar di permukaan kulit akan lebih segar. Sehingga mencegah basil dan kuman penyebab bau tubuh berkembang dengan cepat.


8. Gunakan Baking Soda

Pada artikel berjudul Hempaskan Bau Ketiak secara Alami dengan Baking Soda (Detik.com) menyebutkan bahwa baking soda mempunyai imbas detoksifikasi yang sanggup membantu menyeimbangkan kadar keasaman, sehingga baking soda juga sanggup menyerap bau badan.

Baking soda mengandung zat alami yang menawarkan imbas segar dan keharuman pada kulit. Campuran baking soda dan air sanggup Anda manfaatkan untuk dijadikan deodoran alami.

Baking soda yang umum dikenal sebagai sodium bikarbonat mempunyai banyak manfaat dari penggunannya, salah satunya sanggup menetralisir bau tajam yang kurang sedap.

Untuk penggunannya pada ketiak, caranya:
  1. Campurkan 1/2 cangkir baking soda, beberapa tetes minyak lavender dan 1/2 cangkir tepung maizena. 
  2. Campuran ketiga materi tersebut nantinya akan berbentuk pasta.
  3. Lalu adonan tersebut ditepuk secara perlahan ke kulit ketiak memakai kain lembab. 
  4. Setelah selesai penerapannya, maka biarkan ketiak hingga kering.

Melakukan perawatan alami ini sanggup menjadi deodoran alami yang efektif, yang sanggup menghilangkan bau tidak sedap dari ketiak.

Pada laman Tips Hilangkan Bau Badan dengan Daun Kemangi (Vemale.com) menjelaskan bahwa untuk menghilangkan bau tubuh maka manfaatkan materi alami menyerupai daun kemangi.

Beberapa cara memanfaatkan daun kemangi ini untuk menghilangkan bau badan, yaitu:

Cara Pertama: Siapkan beberapa helai daun kemangi, kemudian remas-remas dan gosokkan ke serpihan ketiak. Diamkan dalam kondisi menyerupai itu hingga kering.

Cara Kedua: Tumbuk halus daun kemangi kemudian campurkan sedikit air saja. Lalu oleskan ke ketiak selama satu menit. Lalu lap memakai tisu atau handuk kering.

Cara Ketiga: Anda bisa mengonsumsi daun kemangi setiap hari semoga sanggup mengatasi bau badan. Lakukan secara rutin semoga Anda sanggup mencicipi manfaatnya.



14. Daun Beluntas (Pluchea indica)

Manfaatkan daun beluntas untuk menghilangkan bau badan, Anda bisa melalapnya ataupun dikukus terlebih dulu. Daun ini juga sanggup disantap sebagai urap yang lezat.


 Bau tubuh selain baunya menciptakan tidak nyaman 24 Cara Menghilangkan Bau Badan Menyengat Secara Ampuh


Daun Beluntas | Photo credit: Wikimedia.org

Dengan rutin mengonsumsi daun beluntas maka diharapkan bisa mengatasi bau badan. Selain itu, bau lisan juga bisa menghilang.

Pada artikel berjudul Beluntas, Daun Lezat yang Bisa Usir Bau Badan (Liputan6.com) menyebutkan bahwa daun beluntas mengandung minyak atsiri, flavonoid dan alkaloid.

Manfaatnya sanggup mengatasi nyeri rematik dan menghilangkan bau badan. Hal ini dijelaskan pada buku ‘Olahan Sehat Berkhasiat Obat’ yang diterbitkan Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Tanaman Obat dan Obat Tradisional Balitbang Kemenkes RI.

Anda bisa mengolah daun beluntas menjadi sayur trancam. Tambahkan juga dengan bahan-bahan menyerupai daun kemangi, daun pakel muda, pucuk daun komfre, wortel kecambah, yang dipotong halus.

Lalu tambahkan bumbu menyerupai cabai merah, garam, daun jeruk, kencur, dan parutan kelapa. Trancam kaya akan gizi, dan juga rasanya lezat.


Berbagai Tips dan Hal Penting Lainnya untuk Membasmi Bau Badan

15. Jangan Malas Mandi. Mandi secara teratur (minimal dua kali dalam sehari) menjadi hal yang harus dilakukan. Terutama bagi mereka yang mengalami problem bau badan. Ketika sesudah berolahraga, maka pastikan Anda mandi sebelum melaksanakan acara selanjutnya.




16. Gunakan Sabun Antibakteri. Ketika Anda menentukan sabun mandi, maka pilihlah kemasan yang mencantumkan antibakteri. Penggunaan sabun yang mempunyai sifat antibakteri berpengaruh diharapkan sanggup mencegah perkembangan basil penyebab bau tubuh secara cepat.

17. Keringkan Tubuh Setelah Mandi. Usahakan untuk mengeringkan tubuh seluruhnya sesudah Anda mandi, khususnya pada serpihan tubuh yang merupakan sumber bau badan, menyerupai ketiak dan selangkangan. Gunakan kain bersih. Pastikan kulit kering sehingga basil susah berkembang biak.

18. Perhatikan Pakaian Anda. Hendaknya memakai pakaian yang tidak menjadikan rasa gerah pada tubuh. Hal ini untuk meminimalisir potensi keluarnya keringat dalam jumlah yang terlalu banyak. Selain itu, bila Anda mau, gunakan kaos kaki untuk mencegah munculnya bau dari serpihan kaki.




19. Gunakan Pakaian yang Bisa Menyerap Keringat. Hendaknya bila muncul keringat maka pribadi diseka / dilap. Jika malas menyeka keringat, gunakanlah pakaian yang bisa menyerap keringat. Sehingga mencegah basil banyak menempel pada tubuh. Pakaian berbahan katun bisa menyerap keringat dengan baik.

20. Pastikan Mencuci Pakaian dengan Bersih. Kebersihan pakaian sangat penting untuk mencegah berkembang biaknya basil penyebab bau badan. Termasuk bila pakaian yang gres dibeli kurang bersih, maka basuh dahulu hingga benar-benar higienis sebelum digunakan.

21. Hindari Sering Stres. Penting diketahui bahwa kondisi stres mengakibatkan produksi keringat di dalam tubuh meningkat, dimana kelenjar apokrin akan memproduksi keringat lebih banyak ketika seseorang dalam kondisi stres.

22. Batasi Makan Bawang. Sebenarnya boleh-boleh saja mengonsumsi bawang (seperti bawang putih, dll), namun Anda harus membatasinya. Makan bawang telah diketahui mengakibatkan bau mulut, selain itu juga bisa memicu bau badan, tapi hal ini tergantung dari kondisi metabolisme tubuh seseorang, dimana tiap orang mempunyai metabolisme tubuh yang berbeda-beda.




23. Hindari Makanan Penyebab Keluar Keringat Banyak. Anda harus berhati-hati dari terlalu banyak mengonsumsi masakan yang memicu keluarnya keringat. Sehingga terlalu banyak konsumsi masakan pedas jadinya bisa memunculkan problem bau badan.

24. Deodoran atau Anti-Perspiran. Deodoran atau antiperspiran merupakan produk mengatasi bau badan. Deodoran mempunyai wangi yang mencegah bau tubuh muncul, tapi tidak bekerja untuk mencegah keluarnya keringat. Adapun antiperspiran sanggup mengurangi keringat yang keluar. Penggunaan produk berbahan kimia sepeti ini hendaknya jangan terlalu sering.

Penanganan Oleh Dokter

Dari laman Alodokter.com, apabila perjuangan menghilangkan bau tubuh tidak kunjung berhasil, dan problem cukup serius, maka langkah medis mungkin diperlukan.

Dokter mungkin menyarankan operasi pengangkatan kelenjar keringat pada area yang bermasalah melalui terapi sedot lemak.

Operasi lainnya yang mungkin disarankan dokter yaitu endoscopic thoracic sympathectomy (ETS). Tujuan operasi ini yaitu menghilangkan saraf pengendali keringat.

Perawatan lainnya yang mungkin juga disarankan dokter dalam mengatasi problem bau tubuh yaitu suntik botoks. Sebanyak 12-20 suntikan umumnya dilakukan pada area penghasil keringat berlebih, diantaranya ketiak, tangan dan kaki.

Adapun tujuan dari dilakukannya suntik botoks ialah menghalangi sinyal dari otak menuju kelenjar keringat yang nantinya mempengarui produksi keringat di dalam tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel