Mengenal Konsep Dan Keistimewaan Pengobatan Herbal



Secara umum, pengertian dari obat herbal ialah obat yang berasal dari seluruh atau sebagian dari tumbuh-tumbuhan.Namun sebetulnya istilah herbal ini mengandung arti tumbuh-tumbuhan yang tidak berkayu atau tumbuhan yang bersifat perdu.Obat herbal juga biasa disebut sebagai phytomedicine atau obat botani.Penggunaan obat herbal telah dikenal dan banyak digunakan semenjak zaman dahulu, alasannya ialah mempunyai khasiat yang manjur dan ampuh.

Obat herbal diolah secara tradisional dan turun-temurun, menurut resep warisan leluhur, nenek moyang, moral istiadat, iman atau kebiasaan setempat, baik sersifat magic maupun pengetahuan tradisional.

Pada masa kini, para andal mulai tertarik dengan penggunaan obat herbal alasannya ialah efek samping yang ditimbukannya minimal.hal ini dikarenakan komposisi didalamnya masih dicerna oleh tubuh.Obat herbal juga sangat terkenal dikalangan masyarakat alasannya ialah gampang dijangkau, baik harga maupun ketersediaannya.


Seperti Apa Konsep Pengobatan Herbal ?



  • Pendekatan yang digunakan bersifat holistik.Tubuh insan dipandang mempunyai suatu sistem harmoni yang selalu seimbang.Tidak berfungsinya satu cuilan badan mengakibatkan ketidakseimbangan di cuilan badan yang lain.Jika badan tidak bisa melaksanakan penyeimbangan kembali menyerupai keadaan semula, maka akan timbul suatu penyakit.Salu tah satu tujuan dari pengobatan herbal ialah membantu badan mengembalikan keharmonisan atau keseimbangan tubuh.
  • Selain dari faktor eksternal, pengobatan herbal memahami bahwa dari dalam diri insan terdapat kekuatan penyembuh yang tiba dari faktor spiritual, emosional, mental, dan fisikal.kekuatan penyembuh tersebut dalam dunia medis modern dikenal dengan Sistem Imun.
  • Konsep pengobatan Herbal sangat berbeda dengan konsep pengobatan modern ( yang biasanya memakai kimia sintetis sebagai obat ).Misalnya dalam pengobatan kimia sintetis penyebab penyakit ialah virus, bakteri, dan pathogen ( mikroorganisme pembawa penyakit ). Sedangkan dalam pengobatan herbal penyebab penyakit ialah lemahnya sistem imun.




Apa Keistimewaan Pengobatan Herbal ?



Penggunaan obat herbal sangat terkenal dimasyarakat, oleh alasannya ialah obat-obatan herbal tersedia ditengah-tengah masyarakat dan tentunya juga lebih ekonomis.selain itu, penggunaan obat herbal menunjukkan manfaat yang belum tentu diperoleh dari penggunaan obat-obat kimiawi.


Berikut beberapa kelebihan dan keistimewaan obat herbal antara lain :



  • Menggunakan materi alami / organik.
  • Kandungannya lebih banyak diserap badan daripada obat sintetis.
  • Meningkatkan sistem imun ( sistem kekebalan badan ).
  • Holistic / mengobati sumber penyakit.
  • Minim efek samping bila digunakan dengan benar.
  • Halal alasannya ialah murni dari tumbuhan.
  • Pembuatan Sediaan Herbal
  • Dalam menciptakan sediaan herbal terdapat beberapa hal yang perlu diperhatikan alasannya ialah sangat kuat terhadap khasiat dan keamanan penggunaan sediaan herbal tersebut untuk pengobatan.




Adapun dua hal yang perlu diperhatikan ialah :





Kebenaran Bahan



Sebelum memakai sediaan herbal sebagai obat, harus dipastikan bahwa tidak memakai materi tumbuhan yang salah.Menggunakan materi herbal  yang salah sanggup menjadikan efek yang tidak di inginkan atau keracunan.


Peralatan



Peralatan panic / wadah yang digunakan sebaiknya dari materi gelas/kaca atau stainless steel.Pisau atau pengaduk yang digunakan terbuat dari kayu atau baja.Sedangkan saringan yang digunakan ialah dari materi plastik atau  nilon.jangan memakai materi dari aluminium alasannya ialah sanggup bereaksi dengan kandungan kimia tertentu dari tumbuhan yang mungkin bisa mengakibatkan keracunan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel