Khasiat Dan Manfaat Boerhaavia Diffusa





Boerhaavia Diffusa yakni jenis tanaman rumput hijau yang menjalar, sanggup mencapai panjang 1 meter atau lebih, dengan cabang-cabang.Akarnya berpengaruh dan berkayu.Daunnya tebal, berdaging dan berambut.Bentuk daunnya bervariasi, lingkaran atau oval.Permukaan bawah berambut dan permukaan atas licin.






Kandungan Kimia :



Boerhaavia Diffusa mengandung banyak senyawa menyerupai flavonoid, alkaloid, steroid, triterpenoid, lipid, lignin, karbohidrat, protein, dan glikoprotein.bagian yang dipakai biasanya yakni seluruh bab tanaman dari daun, batang dan akar.


Khasiatnya :



Daunnya dipakai untuk mengobati dyspepsia, dan pembengkakan pankreas, tumor, nyeri perut.Bijinya merupakan ekspektoran, karmonatif, berkhasiat dalam pengobatan lumbago dan scabies.Akar dipakai untuk pengobatan gonorrhea, seluruh peradangan internal dan edema.Akar berperan sebagai diuretika, berperan dalam pengobatan seluruh kelainan hati ( termasuk jaundice dan hepatitis ), nyeri kandung kemih dan kerikil di jalan masuk kemih, kerikil ginjal, cystitis, dan nephritis.


Cara Pemakaian



Untuk obat luar basuh daun, giling hingga lumat atau minyak hasil ekstrak ( rebusan ) buah.Bubuhkan pada bab yang sakit.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel