Cabe Jawa Dan Khasiatnya



Cabe Jawa dan Khasiatnya - Cabe jawa merupakan bentuk tumbuhan dan flora batang memanjat, melilit atau melata.daun berbentuk bundar telur,Bunga berupa bulir,Buah berwarna merah cerah.Tanaman tumbuh pada ketinggian 0-600 m dpl.Cabe jawa banyak ditemukan di pulai Jawa, Bali dan Maluku.





Tanaman ini diperbanyak dengan turus batang, ukuran panjang turus 30-40 cm dan mempunyai lebih kurang tiga ruas.Untuk tiang panjatan digunakan tumbuhan hidup, antara lain kelor, gamal, dan kelapa.Tanaman perlu dipangkas setinggi 1,5 meter dari tanah supaya sanggup berbunga.





Khasiat dan Manfaat Cabe Jawa





Buah cabai jawa mempunyai khasiat sebagai obat sakit perut, masuk angin, beri-beri, rematik, tekanan darah rendah, kolera, influenza, sakit kepala, lemah syahwat, bronkitis, dan sesak napas. Karena itu, cabai jamu banyak diharapkan sebagai materi pembuatan jamu tradisional dan obat pil/kapsul modern serta materi adonan minuman. Rasa pedas itu berasal dari senyawa piperin, dengan kandungan sekitar 4,6 persen.

Cara Pemakaian 

Buah 2,5 – 5 gram cabai jawa di jadikan pil atau di rebus, kemudian diminum. Untuk pemakaian luar, terlebih dahuluh buah di jemur kering kemudian ditumbuk atau digiling menjadi bubuk, nantinya abu ini di hirup melalui hidung atau sanggup juga dimasukkan  ke gigi yang berlubang ( caries gigi ), dan lainnya sanggup digunakan untuk penyakit rematik dan sebagai parem pasca melahirkan. 


Akar sebanyak 2,5 gram di rebus atau di jadikan bubuk, pil. Untuk pemakaian luar untuk obat sakit gigi dan luka, daun digunakan sebagai obat kumur pada kondisi peradangan mulut.


Neurastenia

Ambil cabai jawa sebanyak 6 butir, rimpang alang-alang 3 batang, daun sambiloto segar 1 genggam, rimpang lempuyang ¾ jari, gula enau 3 jari, di basuh kemudian di potong-potong seperlunya. Rebus dengan air sebanyak 3 gelas dan biarkan hingga tersisa 2 ¼ gelas. Setelah cuek terlebihd ahulu disaring untuk memisahkan ampasnya. Lalu diminum 3 kali sehari masing-masing ¾ gelas.
Masuk Angin
Ambil cabai jawa sebanyak 3 butir, daun poko dan daun kesumba keeling, masing-masing ¾ genggam, gula enau 3 jari. Bahan-bahan tersebut terlebih dahulu di bersihkan dan di basuh kemudian di potong-potong seperlunya. Rebus dengan memakai 3 gelas air higienis hingga tersisa 2 ¼ gelas, jangan lupa di saring sebelum di minum 3 kali dalam sehari masing-masing ¾ gelas.
Membersihkan Rahim Setelah Melahirkan dan Obat Kuat
Akar kering cabai jawa sebanyak 3 gram di giling halus, selanjutnya di seduh dengan air panas, minum selagi hangat.

Sakit Gigi

Daun cabai jawa yangs egar sebanyak 3 lembar sesudah dicuci kemudian ditumbuk. Seduh dengan  ½ gelas air panas, selagi masih hangat disaring dan airnya di pakai untuk berkumur-kumur. Atau cara lainnnya akar lekat di kunyah beberapa dikala kemudian dibuang ampasnya.

Pencernaan terganggu, batuk, ayan ( epilepsi ), demam sehabis melahirkan, menguatkan lambung, paru dan jantung.

Buah cabai jawa yang kering sebanyak 5 gram dalam bentuk abu ( ditumbuk halus ), tambahkan madu secukupnya sambil di aduk hingga merata, kemudian diminum sekaligus.

Kejang Perut ( Spasme Abdomen )
Daun cabai jawa segar sebanyak 3 lembar sesudah dibersihkan kemudian ditumbuk, selanjutnya di seduh dengan air panas, diminum selagi hangat sesudah di saring terlebih dahulu.

Urus-urus untuk Penderita Penyakit Hati

Cabe jawa 3 butir dan rimpang lempuyang seukuran ibu jari ditumbuk, jangan lupa menambahkan 1 sendok makan air hangat sambil di aduk hingga rata, kemudian peras dan saring. Airnya di minum sekaligus.

Demam

Buah cabai jawa yang sudah kering 3 gram digiling halus, kemudian di seduh dengan air panas ½ gelas. Kemudian minumlah bersama ampasnya selagi masih hangat.

Peringatan !

Penderita panas dalam dan wanita hamil di larang minum ramuan dari flora cabai jawa.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel