Tapak Dara - Anti Diabetes

Nama latin : Catharantus roseus

Botani

Herba, tinggi 40-80 cm, pesona tanaman terletak pada bunga.Mahkota bunga bentuk lembaran 5 buah, warna putih, ungu muda agak merah muda, putih dibagian luar dan merah dibagian tengah.Saat ini muncul bibit unggul gres hasil silangan dengan warna bunga yang beraneka.Kuncup bunga muncul dari ketiak daun paling atas.daun hijau gelap, mengkilap, duduk berhadapan pada tangkai, dan melingkari batang, sehingga tampak rimbun dan kontras dengan warna bunga.

Ekologi

Tanaman tersebar di banyak sekali daerah hingga ketinggian 800 m dpl.

Budi daya

Tapak dara diperbanyak memakai biji.Di dalam buah yang sudah berwarna kuning kecoklatan terdapat biji-biji yang cukup banyak, biji berwarna hitam yang dipakai untuk perbanyakan.Biji disebar pribadi pada lahan yang sudah dipersiapkan.

Khasiat :
- Obat kencing anggun ( Diabetes )
Pada pengobatan diabetes, bab tanaman yang dimanfaatkan yaitu daun, caranya mudah tinggal ambi daun tapak dara secukupnya yang direbus dalam 3 gelas air, biarkan hingga mendidih hingga kira-kira tinggal 2 gelas, lalu rutin diminum 3 kali sehari, Insya Yang Mahakuasa akan memperlihatkan efek tubuh kembali segar dan Diabetes sembuh atau berkurang.

- Anti Tumor
Tanaman ini memiliki kandungan viblastin yakni homogen alkaloid yang bisa bekerja sebagai anti neoplastik ( anti tumor )

- Anti malaria dan Pelancar Haid

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel