Lengkuas Dan Khasiatnya

Lengkuas, Laos ( Languas Galanga ) merupakan kelompok empon-empon, rimpang mengandung minyak atsiri.Bunga berwarna merah di ujung batang.Tanaman ini tumbuh liar di hutan atau semak belukar.Lengkuas tumbuh pada ketinggian daerah hingga 1.200 m dpl.tanaman ini tumbuh subur pada tanah gembur, dan mengandung banyak humus.Umumnya tidak tahan pada tanah yang mengandung banyak air atau tergenang.Tanaman memerlukan daerah yang terbuka banyak sinar matahari, maupun daerah yang ternaungi.Iklim yang dikehendaki yaitu iklim panas dengan curah hujan yang cukup tinggi, yaitu antara 1.500-4.000 mm setahun.





Tanaman ini diperbanyak dengan pecahan rimpang yang telah bertunas atau dengan rimpang.Tanaman ini umumnya banyak dipakai untuk keperluan  dapur, disamping itu ternyata flora ini mempunyai khasiat obat diantaranya :

Aneka penyakit kulit, menyerupai kudis, koreng, dan borok
Rimpang lengkuas ditambah bawang putih sebanyak 4 kali rimpang ditumbuk halus dan dijadikan bubur (pasta). Tempelkan pasta tersebut di daerah yang sakit. Untuk kurap menahun, tambahkan sedikit cuka ke pasta tersebut. Selain itu, rimpang segar yang dicacah hingga timbul seratnya dan diberi sedikit cuka sanggup dipakai untuk menggosok panu di kulit.

Obat tetes telinga
Rimpang yang muda ditumbuk dan diperas aimya. Air tersebut sanggup diteteskan sebagai obat telinga

Obat gosok, pelancar kemih, dan obat penguat empedu
Rimpang lengkuas diiris-iris dan direndam dalam alkohol, kemudian digosokkan pada perut

Rematik
Rimpang lengkuas direbus. Airnya yang masih hangat dipakai untuk mandi.

Menambah nafsu makan
Rimpang lempuyang pahit sebanyak 150 g dicuci hingga bersih. Kemudian parut hingga halus. Rebuslah parutan ini dengan 2500 cc air hingga airnya tinggal separuh. Untuk menghilangkan rasa pahit sanggup ditambah gula merah 50 g. Saring terlebih dahulu sebelum diminum. Air ini diminum 3 kali sehari cukup 1 sendok makan

Batuk rejan atau kinghus
Rimpang lempuyang pahit dicampur kayu bagus cina dan bawang merah yang sudah dipanggang. Campuran tersebut ditumbuk dan diperas, kemudian diminum hasil perasannya

Alergi udang atau ikan bahari sehingga timbul gatal-gatal
iris tipis-tipis rimpang lempuyang pahit, seduh menyerupai teh, dan diminum setiap hari hingga tanda-tanda alergi hilang

Kaki encok
Rimpang lempuyang pahit ditumbuk, dicampur dengan minyak kelapa dan bubuk dapur hingga berbentuk tapal. Ramuan ini juga mempunyai kegunaan untuk megobati bengkak-bengkak di badan. Caranya oleskan tapal pada bab yang bengkak

Rematik di kaki atau obat gosok
Rimpang lempuyang anyir dikupas, kemudian dicampur cabai jawa, dilumatkan, dan ditambah nasi kering. Ramuan itu ditempelkan pada bab tubuh yang sakit.

Penambah darah
Rimpang lempuyang anyir diparut, kemudian dicampur dengan gula dan direbus dengan air secukupnya. Airnya diminum sehari 3 kali sebanyak 1 sendok makan.

Gangguan perut/kembung/sebah.
Lengkuas merah 1 jari diiris-iris tipis, rebus dengan tiga gelas air jadi 2 gelas. Minum pagi dan sore sebelum makan, masing-masing 1 gelas.

Bercak-bercak kulit dan tahi lalat (sproeten).
Dua jari rimpang digiling halus, tambahkan cuka sebanyak satu sendok makan hingga menjadi menyerupai bubur. Oleskan di bab tubuh yang terdapat kelainan kulit. Lakukan hingga bercak dan tahi lalat mengempis atau hilang sama sekali.

Demam disertai pembesaran limpa.
Dua rimpang lengkuas basuh higienis kemudian diparut. Peras airnya. Ambil sebanyak satu sendok teh. Setelah ditambahkan sedikit garam dapur, minum hingga demam mereda.

Habis bersalin (nifas).
Rimpang lengkuas yang masih muda sebesar tiga jari, dicuci kemudian dipotong-potong. Rebus dengan air secukupnya, minum.

Bronkhitis.
Rimpang lengkuas satu jari basuh bersih, parut. Tambahkan 1/2 cangkir air masak dan dua sendok makan madu, remas hingga rata. Peras dan saring, minum tiga kali sehari setiap hari.

Masuk angin.
Dua jari rimpang parut, campur dengan tiga sendok makan madu dan satu sendok arak, peras. Saring minum seukuran 2 sendok makan.

Diare.
Ambil 3/4 jari rimpang, parut. Tambahkan setengah cangkir air masak dan satu sendok makan madu. Peras, saring, minum. Dua kali sehari.

Mudah-mudahan ada keuntungannya buak kita semua, selalu jaga kesehatan dengan selalu mengedepankan referensi hidup sehat.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel