Segudang Manfaat Temu Kunci

Nama Latin : Boesenbergiae rhizoma

Botani

Terna tidak berbatang dengan rimpang dalam tanah, panjang rimpang 5-30 cm.Setiap tumbuhan berdaun 2-7 helai.Bunga terdapat pada ujung tangkai, berwarna merah atau putih kekuningan.

Ekologi 

Menghendaki iklim panas dan lembab, tanah yang relatif subur, serta baik pertukaran udara dan drainasenya jelek, menyerupai tanah yang sering tergenang air atau becek, pertumbuhan tumbuhan akan terganggu dan rimpang akan cepat membusuk.

Budidaya

Diperbanyak dengan turus rimpang.Jarak tanam, panjang 30 cm dan lebar 30 cm.Pemeliharaan mencakup penyiangan, pemupukan, serta pengendalian hama dan penyakit.Panen sanggup dilakukan pada dikala tumbuhan umur satu tahun.


Khasiat :
- Obat masuk angin
15 gram temu kunci yang sudah bersih, 2 jari pulasari dan adas secukupnya, kemudian digiling dan ditumbuh sampai halus kemudian dibalurkan ke belahan perut 1 sampai 2 kali sehari.

- Diuretik ( Susah BAK )
Temu kunci, pulasari, dan adas digiling menjadi satu dan dijadikan bedak cair, kemudian dibalurkan pada perut belahan bawah.

- Obat keputihan pada organ wanita
10 gram temu kunci, 5 gram temulawak, 5 gram kunyit, 15 gram sambiloto kering, kemudian direbus dengan air kira-kira 4 gelas, kemudian biarkan mendidih sampai tersisa kira-kira 2 gelas, kemudian di dinginkan dan diminum dua kali sehari.

- Anti Mikroba, Diare alasannya mikroba
Beberapa penelitian terus dilakukan dan diyakini temu kunci mengandung zat anti mikroba yang sanggup berfungsi sebagai antibiotika ( anti bisul mikroba )

- Perangsang ASI
Ambil beberapa buah temu kunci , kira-kira 20 gram kemudian rebus dengan segelas air selama lebih kurang 15 menit, kemudian dinginkan dan diminum sekaligus.

- Penambah Stamina
500 gram temu lawak, 5 rimpang temu kunci, tumbuk sampai halus, tambahkan air kemudian diperas, tambahkan sedikit madu untuk memberi rasa, dan diminum sekalgus.

NB.Temu kunci dihentikan dikomsumsi terus menerus dan hiperbola alasannya akan menjadikan efek samping yang merugikan, gunakanlah lebih bijaksana dan seperlunya.
Beberapa efek samping yang sering terjadi yakni : efek anti mikroba yang hiperbola dan sanggup merugikan tubuh.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel