Khasiat Alami Kunyit

Tanaman Khasiat Obat - Kunyit ( Olon Maanyan ) merupakan jenis tumbuhan berguna herbal yang mirip semak dengan batang berwarna hijau atau agak kekuningan, rimpang atau umbi terbentuk dengan sempurna, bercabang-cabang berwarna jingga.Setiap tumbuhan berdaun 3 - 8 helai, helaian daun berbentuk lanset lebar.Bunga terletak pada ujung tangkai, berwarna putih atau merah jambu.pemupukan, dan perbaikan drainase.

Tanaman ini tumbuh dengan subur pada tanah dengan drainase yang baik.Di kawasan yang terbuka akan menghasilkan rimpang yang besar.

Budidaya

Tanaman diperbanyak dengan turus rimpang ukuran 20-25 gram tiap turus dengan jarak tanam 60 x 60 cm.Diperlukan 500-650 kg rimpang tiap hektar untuk bibit.Bibit harus rimpang yang remaja ( renta ).Waktu tanam awal demam isu hujan.

Pengolahan, tanah diolah, dibentuk bedengan atau guludan.Pada bedengan dibentuk lubang kecil untuk kawasan meletakkan bibit.Jarak lubang tanam satu dengan yang lain 40-60 cm.Bibit ditanam sedalam 7,5-10 cm dan ditimbun tanah.Pemeliharaan mencakup penyulaman, penyiangan.Pemupukan dengan 112 kg kalium/ha pada umur 4 bulan.
Panen sanggup dilakukan sehabis berumur 1 tahun atau lebih sehabis tanam.Pembongkaran dengan menggunakan garpu.

Khasiat dan Manfaat
  • Kunyit mempunyai manfaat yang kompleks, disamping kunyit sangat bersahabat bagi ibu-ibu untuk dipakai sebagai bumbu dapur, ternyata kunyit juga mempunyai bermacam-macam khasiat untuk mengobati dan menyembuhkan banyak sekali penyakit, diantaranya :
  • Menghancurkan dan menghilangkan racun - racun yang ada di dalam tubuh ( detoksifikasi )
  • Mencegah Leukemia
  • Dapat membantu dalam penurunan berat tubuh bagi Anda yang sedang megikuti aktivitas diet
  • Adanya zat antioksidan yang terdapat dalam kulit memperlihatkan bantuan positif dalam pertumbuhan dan peremajaan sel-sel dalam tubuh yang akan menciptakan Anda abadi muda.
  • Mengkomsumsi kunyit juga sanggup mencegah dan menghindari terjadinya kanker, alasannya ialah berdasarkan beberapa penelitian tumbuhan ini mengandung zat anti kanker.
  • Sebagai antiseptik alami yang sanggup mencegah dan mempercepat penyembuhan luka infeksi.
Perhatian
  • Karenan tumbuhan ini mempunyai kadar asam yang cukup tinggi, maka pada penderita penyakit maag tidak dianjurkan untuk mengkomsumsi  kunyit, kecuali ada petunjuk lebih lanjut dari dokter.
  • Kunyit juga memilki dampak kemoterapi, jadi bagi Anda yang sedang menjalani kemoterapi tidak dianjurkan untuk mengkomsumsi kunyit.
Ternyata kunyit mempunyai manfaat yang cukup beragam, tetapi juga perlu diperhatikan dampak negatif terhadap kesehatan tubuh yang mungkin timbul akhir mengkomsumsi kunyit yang berlebihan.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel