7 Khasiat Istimewa Buah Naga

Buah Naga ( Hylocereus undatus ) merupakan tumbuhan tahunan yang ibarat kaktus, bunga berbau wangi, sehingga serangga banyak yang hinggap untuk membantu penyerbukan.Kulit buah bersayap banyak, warna kulit merah muda, berat buah 400-1.000 gram lebih.Buah mentah biasanya berwarna hijau, sesudah masak bermetamorfosis berwarna merah.Isi buah berwarna putih, merah atau ungu dengan taburan biji-biji berwarna hitam yang juga sanggup dikomsumsi.Rasa buah biasanya agak masam, banyak mengandung air, Vitamin C dan karotenoid,B1,B2,B3 dan Zat antioksidan.

Tanaman ini berasal dari Amerika Serikat, gampang tumbuh pada tempat tropik dengan cahaya matahari cukup dan sistem pengairan baik.tanah yang paling disukai tumbuhan ini yaitu yang berpasir serta kaya akan materi organik.Buah naga diperbanyak dengan memakai biji atau turus batang.Pengembangan dengan turus batang lebih banyak dilakukan alasannya yaitu batang tumbuh lebih cepat.Perbanyakan dengan memakai biji kering, terlebih dahulu harus disemaikan di dalam polybag.

Karena merupakan jenis tumbuhan menjalar maka memerlukan ajir atau penyokong untuk membantu pertumbuhan batang.Ajir diharapkan untuk mengikat batang semoga tidak gampang patah.jarak tanam 80x100 cm.

Tanaman tidak terlalu memerlukan banyak penyiraman, cukup seminggu sekali dan tidak ketika demam isu hujan.
Pemangkasan dilakukan pada cabang yang tumbuh sangat panjang.tanaman biasanya mulai berbuah sesudah berumur 2 tahun.


Buah naga diyakini mempunyai bermacam-macam khasiat yang istimewa diantaranya :




Mencegah Kanker Usus


Kandungan anti oksidan yang terdapat dalam buah naga bisa mencegah zat-zat karsinogen dan menghambat pertumbuhansel-sel kanker dalam tubuh, khususnya mencegah kanker usus.


Mencegah Penuaan Dini


Penuaan dini sanggup dicegah dengan mengkomsumsi buah naga oleh alasannya yaitu mengandung zat antioksidan yang bisa mengeluarkan racun-racun akhir terpapar polusi setiap hari, sama efektifnya dengan buah apel.


Menurunkan Kadar Kolesterol Jahat


Selain kandungan Vitamin B1 & B2, Buah naga juga menyimpan banyak Vitamin B3 yang sanggup menurunkan kolesterol jahat dalam darah sehingga bisa meminimalisir penyakit akhir kolesterol mirip penyakit jantung dan pembuluh darah.


Merangsang Nafsu Makan


Bagi Anda yang selera makannya menurun sanggup mencoba mengkomsumsi buah naga untuk merangsang nafsu makan Anda, alasannya yaitu buah naga mengandung Vit B1 & B2 yang sanggup meningkatkan nafsu makan.


Meningkatkan Kekebalan Tubuh


Tentu saja alasannya yaitu kandungan Vitamin C yang tinggi dalam buah naga akan memperlihatkan imbas peningkatan kekebalan badan secara menyeluruh.

Mencegah Diabetes
Buah naga juga diyakini mengandung semacam zat yang mempunyai tugas penting dalam mempertahankan kadar gula dalam darah tetap normal dan terkontrol sehingga sanggup meminimalisir resiko terjangkit penyakit diabetes mellitus.


Mempercantik kulit


Kandungan Vitamin C dan antioksidan dari buah naga bisa menghambat radikal-radikal bebas yang sanggup mengakibatkan duduk perkara terutama pada kulit.

Catatan :
Bagi penderita gangguan Lambung ( Maag ) sebelum mengkomsumsi buah naga perlu konsultasi dengan dokter, alasannya yaitu buah naga yang mempunyai rasa yang agak asam kurang baik dikomsumsi untuk penderita penyakit maag.

Itulah 7 khasiat istimewa dari buah naga, mudah-mudahan bisa bermanfaat buat Anda, dan selalu jaga kesehatan anda dengan melaksanakan teladan hidup yang sehat.
Salam sehat...!!!

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel