Mengenal Cengkeh Dan Khasiatnya

Nama Latin : Eugenia aromatica

Cengkah merupakan tanaman berbentuk pohon, tinggi  3-6 m, berdaun banyak, berbentuk bundar telur, panjang 4-7 cm, lebar 3-5 cm.Bunga terletak pada pucuk pohon dan mempunyai aroma yang khas yang berpengaruh , dan rasanya pedas.

Cengkeh berasal dari maluku, lalu dikembangkan di beberapa negara menyerupai Zanzibar, Amerika latin, dan Brasilia.Pohon cengkeh tumbuh di banyak sekali daerah di indonesia, biasanya di ketinggian 200-1.000 m dpl.

Perbanyakan tanaman cengkeh dengan menggunakan bijinya, biji biasanya disemaikan dulu didalam polybag.Mempersiapkan lubang yang akan ditanami dengan menciptakan lubang tanam ukuran 75x75x75 cm.Bibit dipindahkan kelahan sehabis berumur 1 tahun.

Pemelharaan dengan melaksanakan penyulaman sebelum tanaman berumur 2 tahun, penyiraman, penyiangan, pemupukan dan pengendalian hama dan penyakit.

Khasiat Cengkeh :

Anestetika /Analgetika Gigi

Minyak cengkeh sudah terbukti bisa untuk mengobati sakit gigi. Baru-baru ini telah sebuah eksperimen telah pertanda minyak cengkah bisa sebagai sebagai analgesik (obat penahan rasa sakit).

Mengobati dan Mencegah Bau Mulut

Caranya ambil 10 butir cengkeh yang telah dicuci sampai bersih, lalu diseduh dengan air panas sebanyak kurang lebih 200 cc, lalu beiarkan beberapa ketika sampai dingin, lalu disaring dan airnya diminum.lakukan kebiasaan ini rutin setiap hari.

Mengobati Sinusitis

Ambil beberapa cengkeh yang telah dikeringkan, lalu tumbuk sampai menjadi serbuk halus, lalu sedot dengan hidung menggunakan pipet, gunakan seperlunya.

Inilah beberapa manfaat cengkeh yang sanggup saya share buat Anda, jikalau masih ada khasiatnya yang belum disebutkan, silahkan komentar ya !!!
Salam sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel