32 Cara Meningkatkan Nafsu Makan (Untuk Orang Sampaumur & Anak)

Tidak mempunyai nafsu makan sanggup menjadi sebuah masalah, bahkan sanggup menimbulkan putus asa terutama bagi orang-orang yang mempunyai badan kurus.

Apabila Kita melihat orang dengan badan yang kurus, biasanya umumnya sanggup tahan lapar dalam waktu yang cukup lama, serta tidak gampang tertarik dengan kuliner enak sekalipun.

Terjadinya kurang nafsu makan sanggup akhir dari imbas samping konsumsi obat tertentu, kondisi mood yang tidak baik juga sanggup mensugesti nafsu makan.

Selain itu terlalu sibuk dengan pekerjaan sanggup menciptakan orang kehilangan nafsu makannya.

Hilangnya nafsu makan sanggup menjadi sebuah tanda-tanda dari problem lainnya, menyerupai sebab penyakit tertentu, mengalami problem psikologis, faktor contoh hidup, sampai faktor usia.

 Tidak mempunyai nafsu makan sanggup menjadi sebuah problem 32 Cara Meningkatkan Nafsu Makan (Untuk Orang Dewasa & Anak)
Makanan Salad | Sumber gambar: Pixabay.com

Pada kali ini akan dibahas mengenai cara meningkatkan nafsu makan untuk orang remaja maupun anak-anak.

Berikut beberapa cara untuk membantu meningkatkan nafsu makan:

1. Buatlah Makanan Penggugah Selera
Sediakan kuliner yang tampilannya sanggup lebih menarik serta mempunyai aroma lebih dari biasanya. Dengan begini maka sanggup membantu untuk meningkatkan selera makan.

Makanan yang terlihat sedap dan aromanya disukai maka kemungkinan besar akan menggugah selera Anda.

Oleh sebab itu, walaupun untuk menyajikan kuliner “spesial” butuh modal lebih, namun sesekali usahakan untuk memintalah anggota keluarga biar menyajikan kuliner Istimewa yang paling Anda sukai.

Selain itu, selama makan jangan melaksanakan minum jikalau memang tidak diperlukan, sebab minum dikala makan sanggup menjadikan Anda menjadi gampang merasa kenyang atau kembung, yang jadinya selera Anda untuk makan menurun atau bahkan hilang.

2. Lakukan Aktifitas Fisik, Walaupun Ringan
Meskipun hanya melaksanakan olahraga ringan maka sanggup meningkatkan nafsu makan. Anda sanggup melaksanakan acara fisik ringan menyerupai jalan santai, menyapu atau bersih-bersih rumah, bersepeda, jogging, berenang, dan lainnya, yang jadinya sanggup menimbulkan rasa lapar.

Selain itu, melaksanakan olahraga akan memaksimalkan proses absorpsi nutrisi dari makanan. Sehingga usahakan untuk melaksanakan olahraga secara rutin sebab keuntungannya sangat banyak.

Melakukan olahraga juga biar kuliner yang dicerna badan nantinya diubah menjadi otot daripada lemak.


3. Pancing Nafsu Makan dengan Bahan-Bahan Alami
Bahan-bahan alami yang dimaksud yaitu sayur-sayuran, buah-buahan, dan nabati lainnya, yang sanggup membantu untuk meningkatkan nafsu makan Anda. Konsumsilah buah jeruk, jahe, gingseng, lemon, temulawak, pepaya, peppermint dan lainnya.

Mengonsusmsi bahan-bahan alami tersebut mungkin sanggup meningkatkan nafsu makan Anda, selain itu bahan-bahan alami juga tentunya lebih sehat.

4. Jangan Lewatkan Sarapan Pagi
Hal yang harus diketahui bahwa melaksanakan sarapan di pagi hari mempunyai banyak sekali manfaatnya. Dengan melaksanakan sarapan bermanfaat biar metabolisme badan sanggup berjalan dengan lancar, selain itu sarapan nantinya menunjukkan energi yang mencukupi bagi badan biar sanggup menjalankan acara padat seharian.

Melakukan sarapan pagi secara rutin sanggup menciptakan nafsu makan sanggup menjadi baik. Manfaat lainnya dari sarapan, yaitu:
  • Memberikan energi lebih bagi badan untuk menjalankan acara seharian.
  • Agar badan tetap fit dan tidak cepat lelah. 
  • Menyegarkan otak, sehingga otak sanggup berpikir dengan lebih baik dan cepat.
  • Menjaga konsentrasi dan fokus.
  • Mencegah penyakit maag, dimana sarapan pagi berguna biar menciptakan lambung terisi makanan, sehingga sanggup menetralisir asam lambung. Kondisi lambung yang terlalu usang kosong sanggup mengakibatkan terjadinya penyakit maag.
  • Menurunkan resiko stres, dimana kondisi perut kosong di pagi hari dengan kegiatan yang padat sanggup mengakibatkan seseorang rentan mengalami stres. Sarapan pagi bermanfaat untuk mencegah timbulnya rasa stres tersebut.

5. Terapkan Porsi Makan Sedikit Tapi Sering
Sebagian orang mengalami problem dengan nafsu makan ketika dirinya melihat porsi makan yang terlalu besar. Untuk mengatasi problem ini, maka solusinya dengan mengonsumsi kuliner dalam jumlah sedikit, namun frekuensi makan dibentuk menjadi lebih sering.

Dengan melaksanakan metode ini, sehingga porsi makan yang dikonsumsi akan sama. Manfaat lainnya dari mengonsumsi kuliner dalam porsi yang lebih kecil yaitu mencegah terjadinya problem perut membuncit sesudah makan.

Anda sanggup mengonsumsi kuliner dengan setengah piring saja, namun frekuensi makannya ditingkatkan menjadi 4-5 kali dalam sehari.

6. Lihat Foto-Foto Makanan yang Enak
Melihat foto-foto kuliner yummy yang tampilannya sangat indah, maka akan sanggup menggugah dan memvancing munculnya nafru makan. Oleh sebab itu, bica buka di search engine google.co.id, kemudian ketik “food photography”.

Disana Anda akan melihat banyak sekali tampilan kuliner yang terlihat lezat. Selain itu sanggup juga mencari Instagram, buka hastag yang bekerjasama dengan tema makanan, maka Anda akan melihat banyak gambar kuliner yang diupload oleh member-membernya.

Ketika melihat foto kuliner lezat, maka banyak orang yang awalnya tidak terlalu nafsu makan, namun sesudah itu secara mendadak menyampaikan “Jadi lapeer..”.

loading...

7. Belilah Makanan yang Tampilannya Sangat Menarik, atau “Desain” Makanan yang Anda Buat Menjadi Terlihat Menarik
Nafsu makan sanggup meningkat secara drastis, selain dengan cara foto-foto kuliner super lezat, juga yang sangat efektif yaitu dengan melihat secara eksklusif di depan Anda kuliner lezat.

Jika Anda menciptakan kuliner sendiri maka buatlah variasi tampilan pada kuliner Anda sehingga terlihat sangat menarik, hal ini akan menambah nafsu makan Anda.

Anda sanggup melakukan, contohnya dengan menunjukkan hiasan sayur di sisi kanan-kiri piring, menunjukkan saus atau bumbu tertentu dan hal-hal lainnya.

Mulailah dengan menghidangkan kuliner yang matang dan mempunyai warna cerah. Hindari warna pucat, dimana kuliner sanggup terlihat sangat menarik ketika disajikan dengan tingkat kecerahan warna yang tinggi.

Bayangkan apabila seseorang menyajikan semangkuk oatmeal pucat, pasta tanpa saus, dan semacamnya. Walaupun oatmeal telah diberikan bumbu yang yummy menyerupai rempah-rempah, mentega, dll, namun tetap saja akan tersaji dalam bentuk yang pucat.

Hendaknya menyajikan oatmeal dengan disertakan buah-buahan beri merah yang menciptakan kuliner menjadi terlihat segar.

Demikian juga kuliner menyerupai pasta disajikan dengan saus pesto (saus khas Italia) dan tomat ceri cincang. Dengan begitu tampilan sajian kuliner akan terlihat sangat menarik.

Tahukah Anda, dikala kuliner benar-benar terlihat menarik, maka hal ini sanggup menciptakan badan secara alamiah menghasilkan lebih banyak cairan yang keuntungannya untuk memaksimalkan absorpsi nutrisi makanan.

Hiasi piring biar nantinya kuliner sanggup terlihat lebih indah dengan daun-daunan bumbu dapur, rempah-rempah dan sebagainya.

Dalam menyajikan makanan, maka tonjolkan warna-warna sayuran yang cerah. Hindari memasak sayuran yang terlalu matang sebab akan menjadikan sayuran kehilangan warnanya dan tampilannya cenderung kurang menarik.

Jika ragu untuk menggunakan piring putih, sebab piring yang berwarna putih menunjukkan imbas kontras, dimana akan menjadikan warna kuliner lebih cerah, serta teksturnya juga lebih menarik.

Batasi ukuran porsi makanan, ingatlah biar mengisi piring dengan kuliner sebanyak dua pertiga kepingan saja. Adapun sepertiga kepingan dikosongkan. Tujuan melaksanakan ini yaitu bahwa ruang yang kosong pada piring nantinya menunjukkan imbas kontras pada makanan, yang menjadikan tampilan kuliner lebih menarik.

Anda sanggup mengikuti tren dalam menghias makanan. Dimana gaya penyajian kuliner juga sanggup berubah-ubah dan “ter-update” dalam setiap waktu. Carilah banyak sekali bentuk gaya penyajian kuliner yang sanggup memunculkan selera makan.

8. Buatlah Makanan Menjadi Harum
Makanan yang tercium keharumannya dengan terang akan menciptakan timbulnya nafsu makan. Dimana kalau kita lihat ada banyak kuliner yang sanggup dibentuk menjadi sangat harum aromanya, menyerupai nasi goreng, ayam kentucky, soto, opor sop, tauco, dan banyak  lainnya.

Hal tersebut sanggup dikatakan trik marketing pada beberapa produk masakan yang ada di Mall-Mall, yang menciptakan orang-orang menjadi tertarik untuk makan disana.

Karena tingginya peranan aroma / keharuman kuliner ini dalam menggugah selera makan, oleh sebab itu sajikan kuliner dengan aroma yang menyenangkan Anda, yang sanggup memunculkan nafsu makan Anda.

9. Sajikan Makanan Kaya Nutrisi
Para jago kesehatan sudah menjelaskan biar kita meninggalkan segala jenis kuliner yang berbahaya bagi kesehatan tubuh, menyerupai junk food, kuliner tinggi lemak dan kolesterol, kuliner yang digoreng, keripik, kuliner instan dan minuman soda.

Konsumsi kuliner bergizi tinggi dengan kalori rendah. Mulailah untuk membiasakan diri mengonsumsi buah-buahan, sayuran, biji-bijian, dan protein tanpa lemak. Mengonsumsi kuliner yang sehat-sehat sanggup membantu Anda biar sanggup mempunyai nafsu makan yang baik.


10. Siapkan Cemilan Sehat
Sediakan makanlah cemilan sehat, yang kemungkinan sanggup sangat diharapkan ketika Anda bermasalah dengan porsi besar dikala makan. Dalam menentukan cemilan, maka hindari yang mengandung banyak gula buatan dan tinggi lemak.

Konsumsilah cemilan yang sehat, menyerupai makan buah pisang, potongan-potongan buah, kacang-kacangan, dll. Namun harus diingat, jangan melaksanakan ngemil yang waktunya terlalu bersahabat dengan jam makan, hal ini supaya selera makan Anda tetap terjaga.

11. Pertimbangkan Untuk Menggunakan Bumbu Makanan dan Herbal
Nafsu makan sanggup diusahakan untuk distimulasi melalui bumbu atau herbal, beberapa diantaranya yaitu daun jahe, gingseng, lemon, temulawak, daun pepaya, daun peppermint, daun alfalfa, dll.

Khusus untuk gingseng, maka materi alami ini tidak baik dikonsumsi bagi penderita tekanan darah tinggi. Jika selama ini Anda belum menggunakan bahan-bahan yang alami, maka mulailah menggunakannya, ada kemungkinan penggunannya akan sanggup bermanfaat menambah nafsu makan Anda.

12. Multivitamin
Anda sanggup menggunakan multivitamin yang sanggup bermanfat untuk menggantikan nutrisi yang hilang akhir nafsu makan turun. Asupan vitamin B bermanfaat untuk merangsang nafsu makan.

Selain itu asupan mineral alami zinc dan copper (tembaga) sanggup mempertajam indera perasa. Anda sanggup mempertimbangkan mengonsumsi multivitamin untuk meningkatkan nafsu makan Anda.

Dari laman tanya jawab di Alodokter.com, dr. Yosephine. S. menjelaskan bahwa embel-embel vitamin B sanggup meningkatkan nafsu makan. Menambah asupan vitamin C dan E juga bermanfaat untuk meningkatkan nafsu makan

Beberapa penelitian menemukan bahwa orang-orang yang mempunyai kadar mineral seng yang rendah di badan mempunyai nafsu makan yang lebih rendah dibandingkan dengan orang-orang dengan kondisi kadar mineral seng yang normal di dalam tubuhnya.

Dengan begitu, memenuhi asupan mineral seng bermanfaat untuk hal ini, disarankan mengonsumsi juga embel-embel yang mengandung mineral seng biar sanggup menambah selera makan.

13. Jika Tidak Mendesak, Jangan Minum Selama Makan
Saat waktu-waktu makan maka hindari minum air, sebab minum air sanggup menciptakan nafsu makan menjadi menurun. Jika dipertengahan makan Anda melaksanakan minum, maka hal ini sanggup menciptakan Anda cepat kenyang (karena kembung) sehingga kuliner yang di piring tidak sanggup habis.

Seorang jago mikrobiotik berjulukan Shonali Sabherwal, menjelaskan bahwa minum air di tengah-tengah makan sanggup menghambat dan mempersulit proses pencernaan makanan.

Tidak sedikit orang yang mengira bahwa dengan minum air ketika makan maka hal itu akan melancarkan jalannya kuliner ke tenggorokan dan organ pencernaan. Padahal kebiasaan minum dikala makan ini justru mempersulit kerja organ pencernaan.

Apalagi pada orang-orang yang mempunyai penyakit lambung maka hal ini sanggup berdampak serius. Shonali Sabherwal menjelaskan ketika proses pencernaan berlangsung, maka lambung akan mengeluarkan asam lambung yang tujuannya untuk mencerna makanan.

Nah, ketika seseorang minum dikala makan, maka air yang diminum tersebut justru menghambat kinerja asam lambung, dimana kondisi ini mengakibatkan lambung akan menunjukkan respon dengan memproduksi zat asam yang lebih banyak. Kondisi ini sanggup menjadikan refluks asam dan munculnya rasa mulas.

14. Pastikan Makanan Favorit Anda Selalu Siap Sedia
Nafsu makan tentunya sanggup muncul ketika melihat kuliner favorit. Isilah kulkas dan dapur Anda dengan bahan-bahan kuliner favorit Anda, sehingga Anda mempunyai kuliner kesukaan yang selalu siap sedia. Ketika nafsu makan muncul maka segera konsumsi kuliner kesukaan Anda tersebut.

15. Pertimbangkan Untuk Mengonsumsi Jamu Tradisional
Ramuan tradisional berbahan herbal atau sering disebut “jamu” sanggup menjadi cara manis untuk sanggup meningkatkan nafsu makan. Pada jamu yang dibentuk dari materi alami menyerupai temulawak, jahe, kunyit, dan materi alami lainnya, mengonsumsinya sanggup membanut untuk meningkatkan nafsu makan.

16. Hindari Stres
Stres sanggup memicu penurunan nafsu makan. Dengan begitu, lakukan relaksasi biar sanggup menciptakan jiwa menjadi hening dan rileks, sehingga sanggup lebih terhindar dari yang namanya stres ini. Kondisikan mood biar tetap selalu baik, hindari melaksanakan dan memikirkan hal-hal yang menciptakan Anda stres.

Selain itu, kondisikan suasana yang menyenangkan dikala makan, sehingga dengan melaksanakan hal-hal ini akan menciptakan nafsu makan sanggup terjaga dengan baik.

17. Makan Menggunakan Piring Besar
Ini yaitu sebuah trik, yang dimana sanggup mensugesti psikologis Anda. Makan dengan menggunakan piring besar akan menciptakan kondisi psikologis Anda menganggap bahwa kuliner yang dikonsumsi yaitu porsi yang kecil. Trik ini sanggup membantu untuk meningkatkan nafsu makan, sehingga Anda sanggup lebih terpacu untuk menghabiskan kuliner yang ada di piring tersebut.

18. Pulihkan Kadar HCl dalam Tubuh
HCl merupakan zat di dalam lambung yang mempunyai fungsi untuk mensugesti nafsu makan seseorang. Keberadaan zat HCl di dalam lambung juga membantu proses penguraian kuliner yang tujuannya biar sanggup gampang diserap tubuh.

Hasilnya, maka perut menjadi lapar kembali, yang kemudian diikuti dengan munculnya impian untuk makan. Agar sanggup menciptakan kadar HCl meningkat di dalam lambung, maka caranya sanggup dengan mengkonsumsi perasan jeruk nipis.

19. Jenis Sayuran yang Dapat Meningkatkan Nasfu Makan
Beberapa jenis sayuran yang diketahui bermanfaaat untuk memperlancar pencernaan, yang secara tidak eksklusif sanggup meningkatkan nafsu makan yaitu mentimun, loba dan bawang putih.

Beberapa sayuran pahit menyerupai bayam, fenugreek dan labu pahit, kandungan di dalamnya berfungsi untuk meningkatkan sekresi cairan pencernaan, yang hal ini juga membantu untuk meningkatkan nafsu makan.

Kandungan di dalam tomat juga sanggup bermanfaat mengatasi problem pencernaan. Dengan sehatnya pencernaan dan terhindar dari gangguan-gangguan pencernaan, maka sanggup memperbaiki nafsu makan.

20. Makan Comfort Food
Comfort food memang tidak semuanya sehat. Namun dalam satu waktu mungkin diharapkan biar sanggup mengatasi nafsu makan yang rendah. Pilihlah kuliner yang sanggup menciptakan Anda merasa nyaman, sehingga sanggup menggugah selera.

21. Kayu Manis
Kayu manis sanggup merangsang rasa lapar, selain itu pada penelitian ditemukan bahwa kayu manis berguna untuk menurunkan kadar gula darah tinggi di dalam tubuh.

Dimana di dalam kayu manis terkandung zat aktif yang mempunyai sifat hydroxychalcone, yang keuntungannya untuk membantu meningkatkan produksi insulin, alhasil kondisi gula darah tinggi sanggup membaik ke tahap normal.

Manfaat lainnya dari kayu manis yaitu mencegah munculnya rasa mual. Untuk penggunaannya yaitu sanggup dengan mencampurkan bubuk kayu manis dengan materi kuliner lainnya.

22. Makan Buah Anggur
Buah anggur mempunyai zat asam yang keuntungannya sanggup membantu proses pencernaan biar sanggup berjalan dengan baik. Buah anggur diyakini sanggup merangsang rasa lapar dan menciptakan nafsu makan menjadi muncul. 

Cara Agar Anak Nafsu Makan

1. Dorong anak untuk melaksanakan acara fisik. Aktivitas fisik anak sanggup mendorong nafsu makan anak menjadi lebih besar, hal itu sebab rasa lapar dan lelah nantinya menciptakan Anak ingin makan. 

Anda sanggup menunjukkan acara fisik pada anak berupa berenang, bermain sepak bola, bermain bola basket, bersepeda, dll.

2. Tawarkan anak kuliner favoritnya, namun tetap usahakan kuliner yang dikonsumsi anak yaitu kuliner yang sehat.

3. Atur waktu makan anak. Hal ini berguna untuk membiasakan badan mereka membutuhkan makan pada jam tersebut. 

4. Kondisikan waktu makan anak menjadi menyenangkan, kondisi anak yang tidak senang akan membuatnya tidak nafsu makan.

5. Ajak anak bereksperimen dengan makanan, oleh sebab itu ajaklah si kecil dalam mengolah dan mempersiapkan makanannya. Hal ini sanggup menciptakan si kecil bersemangat untuk mencoba kuliner buatannya sendiri.

6. Pasikan anak sarapan setiap hari, sebab semalaman perutnya tidak terisi. Dengan rutin sarapan, maka nafsu makan pun meningkat sebab rasa laparnya di pagi hari.

7. Batasi pinjaman susu pana anak, sebab jikalau anak terlalu banyak meminum susu maka sanggup mengurangi nafsu makannya.

8. Pastikan kondisi ruang makan aman untuk menjaga nafsu makan anak. Kondisi ruang makan yang terlalu bersahabat dengan dapur sehingga tercium amis dari banyak sekali bumbu dapur sanggup membunuh nafsu makan anak. 

Kondisikan ruang makan anak yang higienis serta mempunyai amis yang sedap untuk mengundang selera makan anak.

9. Kondisikan temperatur yang lebih dingin, dimana kondisi cuek akan sanggup menciptakan nafsu makan meningkat. Adapun temperatur terlalu hangat cenderung ke panas sanggup mengurangi nafsu makan. 

10. Langkah-langkah lainnya yang sanggup dilakukan orang renta untuk meningkatkan nafsu makan anak:
  • Memberikan buah maupun jus buah pada pukul 9-10 pagi.
  • Pada siang hari, sajian makan anak berupa nasi lembek dengan sayur dan daging cincang.
  • Untuk sore hari berikan roti dengan jus buah, atau sanggup juga menunjukkan nasi lembek dengan lauk kesukaannya.
  • Dalam menunjukkan asupan susu, hanya dilakukan pada pagi hari dan malam hari sebelum tidur.

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel