Apa Manfaat Adas Bagi Kesehatan Anda ?

Nama Latin : Foeniculum Vulgare

Adas merupakan jenis tumbuhan yang mempunyai karakterisitik berbentuk batang beralur tumbuh tegak, dan mempunyai amis yang sangat khas.Bunga berbentuk payung, berwarna kuning, penggalan yang sering dimanfaatkan yakni buah yang telah masak.

Adas biasanya hidup didataran rendah hingga pada ketinggian 1.800 m dibawah permukaan maritim ( dpl ).Tanah yang paling disukai yakni tanah yang subur dan mengandung cukup kapur.

Cara budidaya tumbuhan ini diperbanyak dengan biji atau dengan memisah anak tanaman.Biji sanggup pribadi ditanam di kebun dengan jarak tanam 50 cm.Tiap hektar dibutuhkan kurang lebih 4 kg biji.

Panen dilakukan pada waktu buah hampir masak, dilakukan dengan memotong batang tanaman.Setelah dijemur dipanas matahari hingga kering, batang dipukul-pukul hingga buah terlepas.Buah dikumpulkan dan ditampilkan memisahkan buah.Produksi rata-rata 600-800 kg dalam tiap hektarnya.


Zat Kimia yang terkandung dalam tumbuhan Adas :



Minyak atsiri, limonen, asam lemak, felandren, asam anisat, dan anetol. Kandungan anetol menyebabkan adas mengeluarkan aroma khas yang mempunyai kegunaan karminatif. Akar dari adas mempunyai kandungan bergapten , akar dan biji juga mengandung stigma sterin ( serposterin ).


Khasiat Tanaman Ada bagi Kesehatan :



Buah adas yang telah diekstrak atau disuling biasanya berbentuk butiran serbuk, yang mempunyai sensasi rasa anggun dan pahit, dalam industri obat-obatan serbuk adas ini biasanya dipakai sebagai pengharum ramuan dan untuk memperbaiki rasa, disamping itu adas juga memilki khasiat yang tidak kalah pentingnya ibarat : Merangsang organ pencernaan semoga tetap sehat dan bekerja optimal, sanggup melancarkan buang air besar ( BAB ), mengobati masuk angin, membantu mengeluarkan dahak yang kental pada penderita batuk, menghangatkan badan, penambah nafsu makan, melancarkan haid yang tidak teratur, dan juga sanggup mengobati problem gangguan tidur ( Imsomnia ).


Cara Pemakaian



Gunakan buah adas lebih kurang 3-9 gram dengan cara di rebus, minum atau buah adas digiling halus, kemudian diseduh dengan air panas ( mendidih ) selanjutnya sanggup di minum selagi hangat. Daun di makan sebagai sayuran atau di rebus, kemudian diminum. Nah, untuk pemakaian luar buah kering digiling halus kemudian sanggup dipakai untuk pemakaian lokal pada kondisi sakit gigi, sariawan,  luka dan sakit telinga. Minyak adas juga sanggup juga dipakai untuk menggosok tubuh anak yang sedang mengalami maskuk angin.


Efek Farmakologis dari Hasil Penelitian



  • Meningkatkan peristaltik usus ( jalan masuk cerna ) dan menstimulasi flatus ( buang angin )
  • Anisaldehida sebagai komponen aktif yang terdapat di dalam adas sanggup meningkatkan khasiat antibotika streptomycin yang biasa dipakai pada pengobatan TBC ( Tuberkolosis ) pada tikus percobaan.
  • Menghilangkan masbodoh dan dahak
  • Dari satu penelitian yang dilakukan pada insan dewasa, mengatakan bahwa adas mempunyai imbas penghancur watu ginjal.
  • Minyak adas yang kaya akan zat anetol, fenkon, chavicol, dan anisaldelhid mempunyai kegunaan menyejukkan jalan masuk cerna dan juga bekerja sebagai stimulan selera makan.




Beberapa Contoh Pemakaian :




Batuk

Siapkan serbuk adas lebih kurang 5 gram, kemudian di seduh dengan ½ gelas air mendidih. Setelah dingin, jangan lupa di saring terlebih dahulu untuk memisahkan ampasnya, tambahkan 1 sendok madu untuk memberi rasa anggun alami, dan aduk hingga benar-benar rata. Minum sekaligus dan lakukan cara ini 2 kali sehari, hingga Anda benar-benar sembuh.





Sesak Napas

Ambil minyak adas sebanyak 10 tetes dan diseduh dengan memakai air panas 1 sendok makan. Minum selagi hangat 3 kali sehari hingga sembuh.



Sariawan

Siapkan adas lebih kurang ¾ sendok the ( seujung sendok the ), ketumbar ¾ sendok the, daun iler 1/5 genggam, sisik naga 1/5 genggam, daun saga ¼ genggam, daun sembung ¼ genggam, pegagan ¼ genggam, daun kentut 1/6 genggam, pulosari ¾ jari, rimpang lempuyang wangi ½ jari, rimpang kunyit ½ jari, kayu anggun ¾ jari, gula merah 3 jari, semua materi di basuh dan di potong-potong seperlunya. Bahan-bahan tadi semuanya di rebus dengan air sebanyak 4 ½ gelas, biarkan hingga tersisa separohnya. Setelah masbodoh dan sehabis di saring terlebihd ahulu sanggup diminum 3 kali sehari, masing-masing ¾ gelas.



Keracunan Tumbuhan Obat atau Jamur

Siapkan serbuk dari buah adas sebanyak 5 gram, jangan lupa menyeduhnya dnegan air panas setengah cangkir arak. Di minum selagi hangat.



Batu Empedu

Gunakans erbuk buah adas sebanyak 5 gram, seduh dnegan 1 gelas air panas, dan gres boleh diminum sehabis dingin. Lakukan setiap hari.



Beberapa Catatan :

  • Untuk pengobatan harus tetap dilakukan dengan operasi yaitu menutup lubang jalan masuk yang ada. Adas hanya berfungsi untuk menaikkans ementara usus yang turun ke lipat paha.
  • Hindari memakai ads dalam takaran besar.
  • Pemakaian buah adas terkadang mengakibatkan sering buang angina dan sendawa.
  • Buah adas juga efektif sebagai pengusir serangga  ( insect repellent ).


Ternyata banyak ya khasiat yang sanggup diperoleh dari Ekstrak Adas, mari kita manfaatkan tumbuhan obat di lingkungan kita, murah dan tanpa imbas samping.
Salam sehat

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel